skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
3 Macam Tumbuhan Obat Penyakit Usus Buntu!

3 Macam Tumbuhan Obat Penyakit Usus Buntu!

Penyakit usus buntu mungkin merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, bisa saja anda, saudara, orang tua, teman atau tetangga pernah mengalami penyakit usus buntu dan harus menjalani operasi pengangkatan.

Ya memang benar, penyakit usus buntu dapat terjadi pada semua orang dalam semua umur, terutama paling sering antara umur 10 tahun hingga 30 tahun namun jarang terjadi pada anak usia kurang dari 1 tahun, dan pengobatan standarnya adalah dengan cara operasi.

Usus buntu dalam bahasa medis disebut dengan Appendix vermicularis adalah suatu organ di dalam saluran pencernaan yang berbentuk tabung, organ ini terletak pada pangkal usus besar yang berada pada perut bagian kanan bawah.

Jadi usus buntu merupakan suatu organ, dan penyakit usus buntu bukanlah suatu keadaan dimana usus mengalami kebuntuan sehingga makanan dan minuman yang dimakan tidak dapat keluar melalui dubur, tetapi adalah suatu peradangan yang terjadi pada organ usus buntu atau Appendix vermicularis yang dalam bahasa medis disebut sebagai Appendisitis.

Penyebab radang usus buntu adalah karena adanya makanan keras yang masuk ke dalam usus buntu dan tidak bisa keluar lagi. Makanan yang masuk tersebut bisa menyebabkan usus berkerut dengan cepat sehingga hal ini mengakibatkan usus buntu lebih mudah meradang.

Tumbuhan Obat Penyakit Usus Buntu

Tumbuhan alami berikut ini, dapat anda jadikan obat penyakit usus buntu, yaitu:

  1. Lemon

Lemon sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi menawarkan khasiat luar biasa dalam mengobati radang usus buntu. Vitamin C-nyalah yang akan membuat sistem daya tahan tubuh meningkat sehingga infeksi dapat dicegah. Gangguan pencernaan, sembelit, dan rasa sakit pun bakal berkurang berkat sari jeruk alami di dalam lemon ini.

Caranya: Ambil ekstrak jus segar dari sebuah lemon. Ekstrak jus inilah yang anda dapat campurkan kemudian dengan madu murni dengan takaran yang seimbang. Campuran ini bisa anda ambil sehari beberapa kali dan setiap harinya anda dapat mengulangi metode pengobatan ini beberapa minggu.

  1. Biji Fenugreek

Dalam mengobati bahaya usus buntu, biji fenugreek pun dapat anda andalkan. Ini karena bahan herbal ini dapat mencegah proses akumulasi atau penumpukan limbah usus serta berlebihnya lendir. Potensi komplikasi dari usus buntu pun dapat dicegah oleh obat ini sehingga rasa sakit pun bisa berkurang.

Caranya: Sediakan secangkir air yang bisa ditambah dengan 2 sendok teh biji fenugreek. Anda bisa merebusnya lalu didihkan hanya dengan api kecil sekitar 10-15 menit saja. Saringlah setelah anda angkat dan air rebusan dapat ditunggu dulu menjaid lebih hangat sebelum diminum. Atau, masukkan saja biji fenugreek ke setiap makanan yang anda konsumsi demi mengurangi inflamasi.

  1. Jahe

Meski ada efek samping jahe yang memang wajib diketahui, tapi anda juga perlu tahu bahwa jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi. Jahe ini dapat membuat radang usus buntu terobati secara alami. Rasa sakit dan peradangannya akan berkurang serta jahe ini mampu membuat gejala mual serta muntah lebih ringan.

Caranya: Siapkan teh jahe yang bisa anda konsumsi 2-3 kali dalam sehari. Untuk membuatnya, sediakan parutan jahe sesendok teh untuk anda seduh bersama secangkir air panas sekitar 5-10 menit. Menggunakan irisan jahe pun juga tak masalah, dan air seduhannya dapat anda minum hingga perut terasa membaik dan gejala berkurang.