skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
3 Proses Pemeriksaan Gejala Penyakit Vertigo Dan Penyebabnya!

3 Proses Pemeriksaan Gejala Penyakit Vertigo Dan Penyebabnya!

Penyakit vertigo merupakan gejala pusing kepala akibat adanya permasalahan pada bagian telinga dan juga pada bagian kepala. Penyakit vertigo memang menyebabkan pusing namun pusing ini yang dialami berbeda dengan pusing kepala pada umumnya, karena pusing kepala vertigo akan lebih parah dan rasanya ada sensasi berputar putar sehingga penyakit vertigo cukup mengganggu.

Penyakit vertigo termasuk dalam kategori penyakit menegah atau tidak terlalu ringan juga, karena apabila penyakit ini menyerang maka penderitanya tidak dapat melakukan apa pun karena gejala vertigo mengganggu sehingga sulit untuk melakukan beragam aktivitas yang sedang dilakukan.

Penyakit vertigo akan dialami secara tiba tiba, dengan rasa kepala yang berat atau tubuh terasa terhuyung huyung akibat penyakit vertigo.

Penyakit vertigo bisa dialami oleh siapa saja, namun pada umumnya penyakit vertigo dialami oleh wanita, karena wanita cenderung lebih mudah mengalami serangan vertigo di bandingkan laki laki. Penyakit vertigo bisa bertahan lama atau juga bisa sulit dihilangkan.

Penyebab Penyakit Vertigo

Hal yang dapat menjadi penyebab penyakit vertigo yaitu:

  1. Efek samping stroke

Stroke pun ternyata adalah salah satu alasan mengapa penyakit vertigo menjadi membahayakan. Hal ini disebabkan penyakit stroke akan mempengaruhi banyak sekali sistem kerja saraf seseorang. Oleh sebab itu, lindungilah sistem saraf anda dengan menjaga tubuh dari penyakit stroke. Tubuh yang terhindar dari penyakit stroke dapat sekaligus menghindari bahaya dari penyakit vertigo itu sendiri.

  1. Trauma pada bagian kepala

Penyebab bahaya dari penyakit vertigo yang pertama adalah trauma yang dialami oleh kepala. Trauma pada bagian kepala sering disebabkan oleh kecelakaan atau benturan yang menyebabkan kepala menjadi mengalami vertigo yang lebih parah.

Anda harus mewaspadai resiko trauma kepala ini dengan meminimalisir peluang kecelakaan dan benturan yang mungkin mengancam anda. Jadi jagalah kesehatan kepala anda dengan tidak membahayakan diri anda akibat dari trauma pada bagian kepala.

  1. Konsumsi obat terlalu lama

Obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin ternyata dapat menyebabkan vertigo menyerang anda. Bahaya vertigo ini ditunjukkan dengan konsumsi obat-obatan yang merusak sistem pendengaran dan mempengaruhi keseimbangan tubuh manusia.

Keseimbangan tubuh yang terganggu ini kemudian menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah terkena vertigo dan gejalanya pun menjadi lebih parah menyerang. Jadi minimalisir efek samping vertigo ini dengan tidak mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan dan dalam jangka waktu panjang.

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala yang muncul serasa berputar saat berbariing, berdiri, atau memutar kepala dengan cepat. Ada gangguan keseimbangan tubuh, mual dan muntah, telinga berdengung, dan ada gerakan pada bola mata.

Maka dari itu penderita vertigo disarankan untuk menghindari gerakan, posisi, atau beberapa substansi yang dapat menyebabkan vertigo. Saat ada tanda-tanda serangan akan terjadi, pusatkan perhatian pada sesuatu hal yang dapat mengurangi rasa pusing dan mual. Obati dengan obat antimuntah atau antivertigo.

Bagi penderita migrain maupun vertigo, sebaiknya rajinlah berolahraga dan melakukan olah pernapasan. Tariklah napas yang dalam sebanyak-banyaknya setiap pagi saat udara masih bersih.

Cara ini bisa menimbulkan perasaan tenang dan menghadirkan oksigen lebih banyak ke paru-paru. Dengan demikian tubuh menjadi lebih nyaman. Dalam waktu tertentu upaya ini akan menambah kebugaran sehingga kepala tak mudah lagi mengalami gangguan.

Selain itu bersikap lebih santai dalam menghadapi hidup serta terampil dalam mengelola stres akan sangat membantu mengusir migrain dan vertigo. Akan lebih baik lagi jika segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi gejala yang dirasakan bukan migrain, tetapi mengarah ke stroke. Sebab gejala migrain memang mirip dengan stroke.

Pemeriksaan Penyakit Vertigo

Beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan terkait gejala penyakit vertigo yaitu:

  1. Proses Pemindaian di Kepala

Dokter juga terkadang menganjurkan MRI scan atau CT scan pada bagian kepala untuk memeriksa penyebab vertigo, misalnya neuroma akustik (tumor jinak).

  1. Pengujian Kalorik untuk Organ Keseimbangan

Tes ini menggunakan air hangat atau dingin yang akan dituang ke telinga. Hal ini untuk memeriksa kinerja organ keseimbangan dalam telinga yang sudah dirangsang oleh perubahan suhu dari air

  1. Posturography untuk Memeriksa Keseimbangan

Posturography akan membantu perencanaan rehabilitasi sekaligus memantau proses pengobatan, dan menggunakan mesin penguji keseimbangan.