skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
5 Macam Penyebab Penyakit Asma

5 Macam Penyebab Penyakit Asma

Penyakit Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan.

Penyebab Penyakit Asma

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asma, namun hal paling dominan adalah lingkungan. Mengapa lingkungan menjadi penyabab utama? Hal ini dikarenakan lingkungan merupakan tempat tinggal kita, sehingga jika lingkungannya kotor, maka dapat dipastikan orang yang tinggal di lingkungan tersebut pun akan kotor pula.

Selain lingkungan, terdapat beberapa pemicu gejala asma, namun pemicu-pemicu tersebut berbeda-beda bagi tiap penderita. Berikut ini beberapa pemicu asma:

– Infeksi paru-paru dan saluran napas yang umumnya disebabkan oleh virus flu dan demam.

– Alergen, seperti bulu hewan, tungau debu, dan serbuk sari.

– Alergi makanan tertentu yang disebut juga sebagai reaksi anafilaksis. Contohnya adalah penderita asma yang alergi terhadap kacang-kacangan. Reaksi anafilaksis dapat memicu serangan asma yang lebih buruk pada penderitanya.

– Faktor cuaca, seperti cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembab, dan perubahan suhu yang drastis.

– Iritasi udara, seperti uap kimia, asap rokok, dan polusi udara.

– Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet makanan) seperti selai, udang, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan, dan beberapa wine tertentu yang hanya memicu orang-orang yang rentan.

– Olahraga (kadang-kadang gejala asma menjadi lebih buruk saat penderitanya melakukan olah raga).

– Kondisi dalam ruangan, seperti ruangan yang lembab atau berjamur, bahan lantai, bahan kimia karpet, dan tungau debu.

Gejala Sakit Asma

Beberapa gejala yang muncul apabila penyakit asma menyerang diantaranya:

  1. Nyeri pada bagian dada

Perasaan sakit pada daerah dada bisa saja merupakan salahsatu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada, jika hal ini terjadi segera periksakan diri Anda ke dokter.

  1. Mudah Lelah

Kondisi mudah lelah sebenarnya merupakan kondisi umum apabila seseorang mengidap penyakit tertentu termasuk juga penyakit asma, jika kadar oksigen dalam tubuh berkurang ini bisa saja kemungkinan karena terganggunya saluran pernapasan.

  1. Mengi

Apabila ada suara ketika sedang bernapas maka ini dinamakan dengan mengi. Ciri awal yang biasanya muncul pada penderita penyakit asma adalah mengi. Jika gejala ini muncul segera hubungi dokter.

  1. Sulit Bernafas

Jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sulit bernafas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengindap penyakit asma, segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.

  1. Menghilangnya Suara

Gejala Penyakit Asma dalam tahap parah lainnya adalah kehilangan suara, ini diakibatkan karena batuk secara terus-menerus sehingga dalam jangka waktu tertentu penderita asma bisa saja kehilangan suaranya. Dan jika melakukan pembicaraan dalam waktu yang normal suara orang tersebut akan terdengar serak.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit Tuberkulosis,Asma, Bronkitis, legionnaire, Paru-Paru Basah, Pneomonia Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.