skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
6 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal!

6 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal!

Ginjal adalah dua buah organ yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan maka ginjal tidak akan berfungsi dengan. Akibatnya sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, tubuh merasa mual bahkan muntah-muntah, merasa lemas, hingga sesak napas.

Ginjal umumnya berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa, dengan fungsi sebagai berikut:

  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral di dalam tubuh.
  • Menyaring sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih dari darah.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin, yang berfungsi untuk menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia yang fungsinya untuk menjaga fungsi jantung dan otot-otot tubuh.

Penyakit ginjal akut merupakan sebuah kondisi ogran ginjal secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal ini beresiko membuat organ lain terpengaruh dan juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Gejala yang umum dari penyakit ginjal akut, seperti mual, muntah, dehidrasi, sakit perut, nyeri pinggang belakang, hiperpensi, sering kebingungan, dll.

Mendeteksi secara dini penyakit ginjal sangat penting. Hal ini supaya penyakit lebih mudah diatasi. Saat sudah kronis, penyakit ginjal sulit cukup sulit untuk diatasi.

Ciri-ciri Penyakit Ginjal

  1. Sulit Bernafas

Penyebab penderita ginjal sulit bernafas karena terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsi ginjal terganggu, cairan hasil sisa metabolisme menjadi tidak keluar seluruhnya.

Hal ini membuat cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh. Salah satunya, paru-paru terisi cairan sisa metabolisme. Penumpukan cairan di paru-paru mengakibatkan penderita penyakit ginjal sulit bernafas.

  1. Sering Kram

Penderita ginjal dapat mengalami gejala berupa kram otot. Hal ini karena terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh, yang kemudian mengakibatkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh bereaksi. Salah satu reaksi itu berupa rasa kram pada bagian tubuh, bahkan bisa terasa cukup parah.

  1. Mengalami rasa gatal

Ginjal yang sudah tidak mampu berfungsi dengan baik, mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh. Hal itu kemudian mengakibatkan rasa sangat gatal.

Rasa gatal karena hal tersebut, bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena terkena ulat maka bisa hilang dengan mudah, sedangkan gatal akibat penyakit ginjal bisa terus terjadi setiap hari.

Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal yaitu, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk, walaupun dengan garukan yang ringan. Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, adapun pada wanita seringnya rasa gatal muncul di bagian tangan, pergelangan tangan, dan kaki.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya terkena darah tinggi. Apabila sebelumnya seseorang belum pernah memiliki riwayat darah tinggi, tetapi kemudian tiba-tiba terkena tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi potensi gejala sakit ginjal.

Gejala berupa tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal, yang juga memiliki komplikasi penyakit diabetes.

  1. Nafas Pendek-pendek

Normalnya manusia menghirup dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya dalam jangka waktu 3-4 detik.

Adapun bagi penderita ginjal, berpotensi mengalami lebih singkat menghirup dan mengelurakan udara (kurang dari 3 detik).

  1. Sakit Di Sekitar Pinggang

Penderita penyakit ginjal bisa mengalami sakit pinggang walaupun tidak beraktivitas berat, atau yang menggunakan otot. Gejala penyakit ginjal yang satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan.

Sayangnya, banyak masyarakat yang belum tahu cara membedakan sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan yang merupakan sakit pinggang biasa.

Penyebab gejala sakit di pinggang karena penyakit ginjal, dimana munculnya rasa nyeri karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih (ureter). Batu ginjal itulah yang menimbulkan rasa sakit/nyeri di pinggang.

Apabila ukuran batu ginjal semakin membesar, maka rasa nyeri di pinggang akan semakin sering terasa.