skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
6 Obat Penyakit Usus Buntu Alami!

6 Obat Penyakit Usus Buntu Alami!

Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Peradangan terjadi akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras didalam usus sehingga membuat usus terluka.

Karena isi dari usus itu sisa-sisa makanan atau kotoran sehingga usus yang terluka sangat rawan terkena bakteri sisa-sisa makanan sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan didalam usus. Maka dengan itu jika sudah mulai terasa geajala-gejala penyakit usus buntu, harus sesegera mungkin melakukan pengobatan usus buntu.

Berikut adalah pengobatan penyakit usus buntu dengan menggunakan obat secara alami:

  1. Jahe

Meski ada efek samping jahe yang memang wajib diketahui, tapi Anda juga perlu tahu bahwa jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi. Jahe ini dapat membuat radang usus buntu terobati secara alami. Rasa sakit dan peradangannya akan berkurang serta jahe ini mampu membuat gejala mual serta muntah lebih ringan.

Caranya: siapkan teh jahe yang bisa Anda konsumsi 2-3 kali dalam sehari. Untuk membuatnya, sediakan parutan jahe sesendok teh untuk Anda seduh bersama secangkir air panas sekitar 5-10 menit. Menggunakan irisan jahe pun juga tak masalah, dan air seduhannya dapat Anda minum hingga perut terasa membaik dan gejala berkurang.

Alternatif: bila Anda dapat dengan mudah memperoleh minyak jahe, silakan Anda menggunakannya sebagai obat oles dan pijat. Perut kanan bawah Anda dapat dipijat setelah diberi olesan minyak jahe sehari beberapa kali. Atau, kapsul jahe juga bisa tapi harus Anda konsultasikan lebih dulu bersama dokter supaya lebih aman.

  1. Bawang Putih

Sama seperti jahe, ada efek samping bawang putih yang kiranya sedikit mengkhawatirkan, namun selama pemakaiannya benar maka tak akan menjadi masalah. Dengan sifat anti inflamasinya, bawang putih akan mengobati radang usus buntu secara efektif. Rasa sakit dan peradangan pun bakal dibuat berkurang.

Caranya: sediakan 2-3 siung bawang putih yang bisa Anda kupas dan cuci dengan air matang lebih dulu, barulah Anda makan mentah-mentah setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Jika tak ingin memakannya langsung, campurkan saja bawang putih dengan mengiris-irisnya ke makanan yang Anda nikmati. Atau, kapsul bawang putih juga boleh, namun silakan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

  1. Ginseng

Seperti yang kita tahu, ginseng merupakan sebuah bahan alami ampuh yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Dengan sifat anti inflamasinya, ginseng bakal secara efektif menyembuhkan usus buntu. Rasa sakit dan peradangannya akan menjadi berkurang apabila mengonsumsi secara rutin.

Caranya: Anda bisa menyiapkan ginseng sebanyak 6-8 irisan tipis yang dapat Anda rebus bersama 3 cangkir air mendidih. Tunggu selama 15 menit untuk mendidihkannya dengan api kecil.

Setelah diangkat barulah Anda bisa menyaringnya serta menambahkan madu murni secukupnya. Biarkan dulu sampai dingin baru setelah itu Anda dapat menikmati sedapnya teh ginseng berkhasiat ini; mengonsumsi sehari 2 kali selama beberapa bulan lebih dianjurkan.

  1. Mint

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan mint yang biasanya digunakan sebagai perasa pada permen atau makanan tertentu. Mint ini ternyata berkhasiat dalam mengobati usus buntu dan mengurangi gejala mual dan muntah yang dirasakan. Rasa sakit akibat usus buntu juga bakal hilang dengan mint ini.

Caranya: buatlah teh mint sebagai obat usus buntu Anda dengan menambahkan sesendok makan daun mint yang masih segar ke dalam secangkir air panas. Seduhlah maksimal 10 menit, lalu saring dan tambahkan madu murni sedikit. Teh ini bisa dikonsumsi sehari 2-3 kali secara aman dalam beberapa bulan. Untuk mengurangi mual dan muntah, kunyahlah sejumlah daun mint secara langsung.

  1. Temulawak

Kalau biasanya temulawak dijadikan obat asam lambung atau obat maag kronis, kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat bagi usus buntu. Baik itu dalam bentuk kapsul ekstrak temulawak atau secara langsung mengonsumsi air rebusannya, dua cara ini sangat berguna.

Caranya: apabila tertarik untuk membuat rebusannya, Anda dapat menyiapkan beberapa irisan temulawak yang direbus dengan segelas air. Setelah matang, angkat lalu saring lebih dulu barulah Anda diamkan hingga menjadi lebih hangat atau dingin. Minumlah secara teratur untuk menyembuhkan gejala-gejala tak nyaman akibat usus buntu; sehari 2-3 kali lebih dianjurkan.

  1. Minyak Jarak

Obat rumah lainnya yang kiranya dapat membantu meringankan gejala usus buntu Anda adalah minyak jarak. Obat herbal ini sangat efektif untuk masalah usus buntu karena mampu membuat peradangan berkurang dan penyumbatan menjadi lebih ringan. Minyak ini pun sangat berguna dijadikan sebagai obat sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

Caranya: sediakan minyak jarak beserta kain halus dan bersih yang sudah dilipat menjadi beberapa bagian. Kemudian Anda bisa menuangkan 2 sendok makan minyak jarak ke atasnya. Setelah itu, Anda bisa membaringkan tubuh lalu kain yang sudah dituang minyak jarak dapat Anda letakkan pada bagian perut kanan bawah. Teruskan metode pengobatan ini seminggu 3 kali 2-3 bulan lamanya.