skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
7 Gejala Penyakit Bronkitis Yang Harus Diketahui

7 Gejala Penyakit Bronkitis Yang Harus Diketahui

Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Pengidap Penyakit bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal, yang bisa berubah warna. Ada dua jenis bronkitis:

  1. Bronkitis akut adalah infeksi jangka pendek yang menyebabkan saluran udara di dalam paru-paru membengkak dan terisi dengan lendir. Jenis akut sering berlangsung selama beberapa minggu.
  2. Bronkitis kronis adalah iritasi terus-menerus di saluran bronkial, sering karena merokok. Bronkitis kronis bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Bronkitis kronis jauh lebih parah daripada bronkitis akut.

Gejala Penyakit Bronkitis

Orang yang mengalami sakit bronkitis dapat mengalami gejala umum seperti:

  1. Batuk

Bronkitis biasanya ditandai dengan gejala batuk kering. Namun tidak menutup kemungkinan bronkitis juga akan ditandai dengan gejala batuk berdahak di mana ketika penderita batuk akan disertai dengan keluarnya lendir berwarna kuning keabu-abuan, meskipun hal tersebut tidak selalu terjadi pada penderita bronkitis.

Batuk yang menandakan adanya penyakit bronkitis ini biasanya akan bertahan selama beberapa minggu hingga menyebabkan penderitanya merasakan nyeri pada dada dan juga perut. Adanya lendir ketika seorang penderita bronkitis batuk ialah karena paru-paru penderita telah mengalami infeksi dan radang sehingga menyebabkan produksi lendir di dalam paru menjadi berlebih.

  1. Nyeri Dada

Nyeri dada juga menjadi gejala bronkitis. Nyeri dada biasanya merupakan menjadi komplikasi yang muncul setelah seseorang mengalami gejala batuk secara terus-menerus. Selain itu, banyaknya cairan yang ada di paru-paru menjadi penyebab mengapa dada akan terasa nyeri.

Peradangan atau inflamasi yang ada di paru-paru juga menyebabkan dada terasa sakit atau nyeri. Dalam kasus yang tergolong sudah parah, nyeri bisa menyebar ke area lainnya di sekitar dada.

Gejala lain dapat berupa:

– Napas yang berat saat sedang menarik napas.

– Mudah mengalami kelelahan.

– Menderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas salah satunya adalah flu atau pilek.

– Wajah, telapak tangan dan juga selaput lendir yang warnanya menjadi agak kemerahan.

– Pipi yang terlihat juga menjadi agak kemerahan.

Obat Untuk Penderita Penyakit Bronkitis

Peraturan pemberian obat:

  • Sirup obat batuk yang diberikan kepada anak-anak yang usianya 6 tahun ke bawah harus dengan resep dan pengawasan dari dokter anak.
  • Kebiasaan mencampurkan obat, utamanya alkohol dengan pereda nyeri dapat menyebabkan kerusakan liver (hati) yang berbahaya.
  • NSAID atau obat anti inflamasi non steroid hanya dapat dikonsumsi oleh mereka yang tidak punya riwayat penyakit dalam. Bagi seseorang yang mempunyai masalah pada ginjal, liver, dan jantungnya, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini. Jadi konsultasi pada dokter akan lebih baik.

Penyakit bronkitis sebaiknya di obati dengan cepat agar tidak menyebabkan penyakit bronkitis yang kronis. Karena penyakit bronkitis yang pada tahap awal akan sulit untuk diketahui maka dari itu lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit setiap tiga hingga enam bulan sekali agar mengetahui kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

Karena jika mengobati bronkitis dengan cepat tidak akan membuat infeksi semakin parah atau menyebabkan bronkitis kronis. Selain itu sebaik nya menjaga kesehatan saluran pernafasan dengan baik agar tidak akan menyebabkan saluran bronkus terinfeksi oleh virus, debu dan juga asap.

Dengan melindungi saluran pernafasan dengan baik akan membantu mencegah penyakit bronkitis. Penyakit bronkitis juga bisa di cegah dengan banyak makan buah atau pun sayur agar kondisi kesehatan terjaga dengan baik dan mencegah infeksi terjadi. Tidak merokok bisa menjadi pencegahan penyakit bronkitis yang baik untuk di lakukan.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.