skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
9 Ciri-Ciri Dan Penyebab Penyakit Cacingan

9 Ciri-Ciri Dan Penyebab Penyakit Cacingan

Penyakit Cacingan merupakan gangguan kesehatan, sebab ada cacing di dalam tubuh yang bisa mengganggu proses pencernaan makanan. Cacingan tidak sedikit orang yang mengalaminya, sebab ada banyak orang pernah mengalami cacingan khususnya dari kalangan anak anak. Sama seperti gangguan kesehatan lainnya, cacingan pun memiliki istilah medis yang dikenal dengan Ascariasis.

Penyakit cacingan ini dikarenakan oleh cacing yang masuk ke dalam tubuh, cacing yang ukurannya sangat kecil sehingga bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah, selain itu telur cacing pun juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam media sehingga cacing bisa menetas di dalam tubuh.

Penyakit cacingan bisa terjadi karena faktor kebersihan yang kurang dijaga dengan baik sehingga kondisi ini lebih berpotensi pada anak anak yang memang pada dasarnya belum mengerti betul akan kebersihan dirinya dan lingkungan.

Ada begitu banyak jenis cacing yang dapat hidup didalam tubuh manusia. Ada tiga jenis cacing yang paling sering ditemukan dalam usus manusia, yaitu cacing gelang, cacing kremi serta cacing tambang. Agar dapat terus bertahan hidup, cacing perlu makan. Maka dari itu, cacing akan memakan segala makanan yang masuk ke dalam usus manusia.

Cacing akan hidup dan berkembang biak dalam usus manusia. Semakin banyak cacing yang ada dalam usus, maka semakin banyak juga makanan yang dikonsumsi oleh cacing tersebut sehingga akan mengganggu system pencernaan.

Cacing yang berkembang biak didalam usus mampu memasuki organ tubuh yang lain dalam tubuh manusia melalui aliran darah. Ada beberapa kasus cacingan yang mampu masuk ke dalam paru-paru, ada juga yang masuk ke kerongkongan sehingga kembali lagi memasuki usus.

Cacing yang terus berkembang biak di dalam usus mampu menyerap sari pati makanan serta berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga pengidap penyakit cacingan akan mengalami kekurangan gizi serta tubuhnya lebih rentan untuk terserang berbagai macam penyakit.

Ciri Penyakit Cacingan

Secara umum berikut gejala atau ciri-ciri cacingan:

– Badan kurus

– Tidak nafsu makan

– Lemas

– Batuk kering

– Terlihat pucat

– Mual Muntah

– Nyeri perut

– Diare atau tinja berdarah

– Mudah mengantuk.

Pengobatan Penyakit Cacingan

Obat yag dipakai untuk membasmi penyakit cacing pita adalah biji-biji labu merah, tetrachloorkoolstof (CCL), minyak chenopodium kombinasi dari obat-obat tersebut. Pemberian obat-obat ini sebaiknya ditentukan oleh seorang ahli untuk mengurangi bahaya keracunan obat-obat itu sendiri.

Sebaiknya anak-anak diberi obat cacing untuk 6 bulan atau paling lama satu tahun sekali.Banyak obat cacing yang cukup manjur. Cacing gelang atau cacing kremi dapat diberikan piperazin. Untuk penderita anak-anak sebaiknya diberikan sekaligus 4 ml, sedangkan bagi penderita orang dewasa dapat diberikan piperazin 30 ml. Namun obat piperazin ada juga yang berbentuk tablet atau kapsul.

Untuk pembasmian cacing kremi yang harus diberi obat tiga kali sehari selama 7 hari dengan dosis 6 ml pagi, dan 5 ml malam (1 sendok obat yang ada di botol umumnya 5 ml). Pada sat ini untuk mnumpas cacing jenis lain termasuk cacing tambang diberi obat pyrantel (11 ml per kg) berat badan anak sehari.

Mencegah Penyakit Cacingan

Cara yang bisa lakukan pada saat mengalami penyakit cacingan ialah menggunakan obat cacingan, sehingga akan membantu untuk mengeluarkan cacing di dalam tubuh. selain itu mencegah cacingan agar tidak ada lagi. di bawah ini cara untuk mencegah cacingan:

Menjaga kebersihan, mencegah cacingan sangatlah mudah, cara yang pertama ialah dengan menjaga kebersihan. Jaga kebersihan tangan sangat penting, karena tangan yang selalu digunakan untuk makan, maka dari itu cacing tangan selalu, dan juga mandi yang bersih setiap hari.

Masak makanan, mencegah cacingan pun dengan masak makanan yang baik, karena makanan mentah lebih rentan terdapat cacing maupun telurnya yang nantinya menyebabkan cacingan. Makanan mentah sebaiknya tidak terlalu sering di konsumsi, dan makanan harus di masak dengan baik untuk mencegah cacingan.

Konsumsi obat cacing, untuk mencegah cacingan pun bisa dengan mengkonsumsi obat cacing secara teratur. Obat cacing di konsumsi sebaiknya 6 bulan sekali agar jika ada cacing bisa langsung dikeluarkan dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Tidak memiliki kuku panjang, kuku bisa terdapat telur atau larva cacing, maka dari itu mencegah cacingan dengan tidak memelihara kuku panjang. Kuku yang panjang juga sarang bakteri yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. maka dari itu jangkan biarkan kuku menjadi panjang terlebih kotor.

Baca juga artikel menarik lainnya disini