skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
9 Gejala Penyakit Vertigo Yang Menyerang Tubuh!

9 Gejala Penyakit Vertigo Yang Menyerang Tubuh!

Vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh.

Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.

Meskipun penyakit vertigo bukan termasuk dalam jenis penyakit menular, namun semua orang harus waspada terhadap penyakit vertigo ini, karena orang yang menderita penyakit vertigo akan sangat tersiksa karena rasa pusing yang benar-benar hebat.

Gejala-gejala penyakit vertigo harus diketahui dengan baik, agar penanganan dapat segera dilakukan. Berikut adalah gejala-gejala dari penyakit vertigo:

  1. Terjadi gangguan pendengaran jika sakit kepala kambuh

Gangguan pendengaran merupakan gejala vertigo yang pasti dialami setiap vertigo sedang kambuh. Bagaimana vertigo dapat mengakibatkan gangguan pendengaran? Tentunya karena salah satu penyebab dari vertigo adalah kerusakan pada organ pendengaran dan sistem pendengaran bekerja.

Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat mewaspadai gangguan pendengaran ini ketika vertigo anda kambuh. Jika tidak diatasi dengan tepat, maka bisa saja anda akan mengalami tuli permanen. Jadi pastikanlah anda melakukan cara mengatasi yang tepat saat vertigo anda kambuh.

  1. Nafsu makan menurun

Satu lagi gejala vertigo yang anda harus waspadai adalah turunnya nafsu makan penderitanya. Gejala yang satu ini sangat berbahaya karena dalam keadaan sakit, daya tahan tubuh harus tetap dijaga dengan asupan nutrisi yang mencukupi.

Jika nafsu makan menurun dan penderita kemudian tidak mengonsumsi makanan secara tepat, maka seseorang yang menderita vertigo tersebut dapat ikut terjangkiti penyakit-penyakit lain yang membahayakan. Oleh sebab itu, tetaplah konsumsi makanan yang baik untuk tubuh walaupun nafsu makan anda terus menurun.

  1. Rasa berputar yang menyebabkan sekeliling terlihat bergoyang

Satu lagi gejala vertigo yang anda harus waspadai adalah rasa berputar yang menyebabkan sekeliling terlihat bergoyang. Gejala yang satu ini sangat berbahaya karena dalam keadaan sakit, rasa berputar dapat menyebabkan lingkungan jadi bergoyang dan mobilitas tubuh pun menjadi semakin berbahaya.

Jika rasa berputar menyebabkan lingkungan bergoyang, maka seseorang yang menderita vertigo tersebut dapat jatuh pingsan bahkan membahayakan dirinya dengan jatuh di tempat-tempat berbahaya. Oleh sebab itu, tetaplah konsumsi makanan yang baik untuk tubuh agar vertigo yang kambuh dapat dicegah keadaannya.

  1. Kepala sakit di satu arah dengan sangat parah

Gejala pertama dari penyakit vertigo yang harus anda waspadai adalah sakit kepala di satu arah dengan sangat parah. Karena sakit kepala tersebut dirasakan hanya di satu arah, maka seringkali gejala vertigo ini disepelekan sebagai gejala sakit kepala sebelah (migrain) biasa. Untuk itu anda diharapkan dapat mewaspadai gejala yang berbahaya ini.

Jika dibiarkan, maka mungkin saja sakit kepala di satu arah ini menimbulkan gangguan dalam aktivitas anda. Contohnya, ketika anda sedang bekerja dan vertigo kambuh lalu anda merasakan sakit kepala dan membuat pekerjaan anda menjadi terbengkalai.

  1. Rasa mual dan muntah yang berlebihan

Mual dan muntah yang berlebihan pun merupakan adalah gejala dari vertigo yang sering membahayakan penderitanya. Gejala yang satu ini dapat membahayakan karena efeknya untuk kesehatan lambung sangatlah banyak. Lambung yang sering merasakan mual dan muntah dapat terganggu kesehatannya dalam melakukan pengolahan makanan.

Itulah sebabnya, penderita vertigo pun akan banyak kehilangan nafsu makan. Mengenai gejala kehilangan nafsu makan ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Oleh sebab itu, waspadailah gejala mual dan muntah yang sering menyerang anda.

  1. Sulit untuk beraktivitas dengan normal

Gejala lain yang ditimbulkan oleh vertigo adalah sulitnya beraktivitas karena mobilitas yang mayoritas terganggu. Mobilitas ini terganggu akibat dari gangguan gerak, dengar, dan lihat yang pasti dialami oleh penderita vertigo saat penyakitnya kambuh.

Itulah sebabnya, penderita vertigo sangat disarankan untuk mengurangi aktivitasnya mengingat gangguan aktivitas ini akan sangat membahayakan anda jika sewaktu-waktu vertigo tersebut kambuh. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ada banyak keadaan yang menyebabkan aktivitas yang terlalu padat pada penderita vertigo berujung pada bahaya.

  1. Gangguan penglihatan karena pandangan kabur

Penderita vertigo saat vertigo kambuh pun seringkali mengalami gangguan penglihatan. Keberadaan gangguan penglihatan ini contohnya adalah dalam hal kaburnya gambaran dari suatu hal yang dilihat oleh mata. Fokus mata yang kabur ini dapat menyebabkan seseorang dengan penyakit vertigo berbahaya keadaannya.

Keadaan bahaya yang dimaksud ini adalah bahaya ketika seseorang beraktivitas dengan kondisi mata yang kabur dan tidak fokus. Bahkan mungkin saja, gangguan penglihatan ini dapat berujung kematian karena ketidak hati-hatian penderita itu sendiri.

  1. Keringat dingin menyerang

Selanjutnya gejala vertigo yang sering membahayakan adalah keringat dingin yang menyerang. Seorang penderita vertigo yang pusing dan keringat dingin akan menyebabkan seseorang menjadi lebih lemah dari biasanya. Penderita akan mengalami kesulitan dalam menopang tubuhnya dan kemudian jatuh pingsan.

Itulah sebabnya mengapa seseorang yang menderita vertigo dapat menyebabkan keringat dingin dan kemudian membahayakan diri seseorang. Jadi anda lebih baik mencegah berbagai bahaya dari vertigo dengan melakukan perawatan tubuh dengan mencegah terjadinya keringat dingin menyerang.

  1. Mata tidak lagi peka dan reflek

Gejala lain yang dapat menyebabkan bahaya akibat vertigo adalah mata yang tidak lagi peka dan reflek. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat menghindari bahaya mata yang tidak lagi peka dan reflek. Anda dapat menjaga mata yang tidak peka dan reflek dengan mengurangi aktivitas yang membahayakan anda karena penggunaan mata yang tidak peka dan reflek.

Oleh sebab itu, lakukanlah aktivitas yang lebih mudah dan tidak beresiko ketika anda sedang mengalami vertigo yang kambuh. Cara ini dipercaya ampuh untuk dapat menjaga anda dari bahaya bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit vertigo.

Langkah Awal Penanganan Penyakit Vertigo

Ketika vertigo menyerang secara tiba-tiba, usahakan untuk menghindari melakukan gerakan secara tiba-tiba supaya anda tidak jatuh, lalu segeralah duduk jika merasa gejala vertigo muncul. Kemudian gerakkan kepala anda dengan perlahan dan hindari mendongakkan kepala atau duduk dalam posisi jongkok.

Terakhir anda juga bisa menambahkan bantal agar posisi kepala anda menjadi lebih tinggi saat akan tidur. Untuk pengobatan penyakit vertigo sendiri bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti antihistamin dan prochlorperazine. Disamping itu penderita vertigo juga dapat melakukan terapi rehabilitasi vestibular yang sangat direkomendasikan dalam pengobatan penyakit vertigo.