skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Abses Dan Pilihan Pengobatan Penyakit Abses

Penyebab Abses Dan Pilihan Pengobatan Penyakit Abses

Penyebab Dan Pilihan Pengobatan Penyakit Abses – Reaksi alami tubuh akibat adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu infeksi yang menyerang jaringan tertentu. Perlawanan sistem kekebalan tubuh sendiri diwakili oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui dinding pembuluh darah dan berkumpul di dalam jaringan yang mengalami kerusakan.

Penyebab penyakit ini sebenarnya sangat tergantung pada daerah asalnya. Misalnya, abses kulit mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri atau reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap benda asing seperti jarum.

Sementara itu, abses gigi dapat muncul karena adanya lubang dan kebersihan gigi. Ketika seseorang makan, makanan tersebut dipecah menjadi gula, yang bercampur dengan kalsium dari air liur, sehingga membuat mulut menjadi lebih asam. Keasaman tersebut dapat menyebabkan melemahnya gigi dan membentuk lubang.

Abses juga dapat muncul setelah tindakan operasi. Semakin besar sayatan atau luka di kulit, semakin tinggi kemungkinan abses muncul terutama karena infeksi bakteri. Namun, pada pandangan yang lebih mendalam, kemunculan abses berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Misalnya, setelah bakteri masuk ke dalam tubuh, sistem keebalan tubuh menghasilkan sel darah putih atau leukosit dari dalam sumsum tulang. Sel ini kemudian bergerak ke tempat infeksi. Sel darah putih terdiri dari banyak jenis sel seperti neutrofil, yang bertujuan untuk menyerang bakteri. Mereka bekerja sama dengan makrofag yang mengirim peringatan ke neutrofil jika bakteri masih ada.

Ketika leukosit melawan, leukosit dapat menyebabkan kematian jaringan, yang kemudian dapat meninggalkan lubang di mana mereka menumpuk bersama dengan bakteri dan leukosit yang telah mati. Karena sel ini dapat bergerak ke daerah infeksi dalam waktu singkat, sel ini juga dapat menumpuk dengan cepat, sehingga membentuk nanah.

Sangat mudah untuk mendiagnosis penyakit ini ketika dapat dilihat secara fisik, seperti ketika muncul pada kulit, amandel, atau gigi. Untuk abses internal pemeriksaan termasuk penghitungan darah lengkap atau penghitungan jumlah sel darah putih dan pemeriksaan pencitraan dapat memberikan dokter gambaran jika terdapat akumulasi nanah.

Pilihan pengobatan untuk abses adalah sebagai berikut:

1. Antibiotik

Tujuan utama dari antibiotik adalah untuk membantu mengontrol dan akhirnya menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi d abses. Namun, perlu diingat bahwa antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik, yang dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu perlu untuk mengikuti petunjuk dokter mengenai dosisnya.

2. Penghilang rasa sakit

Obat ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, nyeri, dan rasa sakit yang terkait dengan abses. Karena obat ini juga memiliki efek samping, sebaiknya menggunakannya hanya bila diperlukan.

3. Drainase

Drainase mengacu pada proses pembuatan sayatan kecil pada abses untuk memungkinkan nanah atau cairan mengalir, yang secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit. Daerah ini dibersihkan dengan larutan steril sebelum dan sesudah tindakan untuk mengurangi risiko infeksi.

4. Operasi

Tindakan ini lebih cocok ketika drainase biasa tidak mungkin dilakukan atau ketika abses memiliki risiko. Tindakan operasi melibatkan pembentukan sayatan yang lebih besar pada daerah tindakan untuk membuat nanah mengalir.

Tetapi bila penyakitnya tidak terlalu parah kita dapat melakukan perawatan dirumah yaitu:

  • Jika abses kecil (kurang dari 1 cm atau kurang dari setengah inci), kompres hangat ke daerah yang terkena abses selama sekitar 30 menit, 4 kali sehari dapat membantu.
  • Jangan mencoba untuk mengeringkan abses dengan meremas atau menekan di atasnya. Hal ini dapat mendorong bahan yang terinfeksi ke dalam jaringan yang lebih dalam.
  • Tidak menempelkan jarum atau alat tajam lainnya ke pusat abses, karena Anda mungkin melukai pembuluh darah yang mendasari atau menyebabkan infeksi menyebar.

Apa Itu DAMAGECARE?

Obat Penyakit Kulit Dan Kelamin DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.