skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Akibat Penyakit Hemoroid Pada Tubuh?

Apa Akibat Penyakit Hemoroid Pada Tubuh?

Hemoroid atau sering juga disebut wasir/ambien adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar anus dan bagian rektum bawah. Hemoroid mirip varises yang anda mungkin pernah melihatnya pada kaki seseorang.

Wasir bisa terjadi karena peregangan berulang selama buang air besar, dan sembelit (kesulitan buang air besar, konstipasi) bisa membuat peregangannya bertambah buruk. Penyakit hati menyebabkan kenaikan tekanan darah pada vena portal dan kadang-kadang menyebabkan terbentuknya wasir.

Hemoroid sudah menjadi masalah kesehatan yang sangat umum. Hemoroid menyebabkan masalah serius dari sekitar 4% (lebih dari 10 juta) dari penduduk di Amerika Serikat. Prevalensi penyakit hemoroid meningkat sampai dengan usia dekade ketujuh dan kemudian sedikit berkurang.

Hemoroid juga mengalami peningkatan pada saat kehamilan akibat tekanan langsung pada vena rektum. Hemoroid normalnya terdapat pada individu sehat dan terdiri dari bantalan fibromuskular yang sangat bervaskularisasi yang melapisi saluran anus.

Hemoroid diklasifikasikan menjadi dua yaitu hemoroid eksterna hemoroid interna. Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

Gejala Penyakit Hemoroid

Akibat pelebaran pembuluh darah vena yang telah dijelaskan sebelumnya, wasir akan menimbulkan berbagai keluhan atau gejala yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Gejala wasir biasanya tergantung pada lokasinya (jenis wasirnya). Pada Hemorrhoid interna yang terletak di dalam rektum sehingga tidak dapat terlihat dari luar atau merasakan ketidaknyamanan, tanda yang sering muncul hanya BAB berdarah yang tidak berasa sakit, perdarahan terjadi akibat gesekan permukaan wasir yang rapuh dengan feses (yang keras).

Akan tetapi ketika Hemorrhoid interna menjadi parah maka benjolan pelebaran darah vena dapat menonjol keluar melalui lubang anus sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal ini biasanya terjadi ketika buang air besar karena tekanan mengedan dan terdorong oleh feses. Sedangkan pada hemorrhoid eksterna berada di bawah kulit di sekitar anus.

Ketika teriritasi, wasir eksterna dapat menjadi gatal atau berdarah. Terkadang darah dapat terkumpul dan membentuk gumpalan atau bekuan (trombus) yang mengakibatkan rasa sakit yang parah, pembengkakan dan peradangan.

Akibat Penyakit Hemoroid

Walaupun seringkali ringan, namun hemoroid dapat menimbulkan akibat, diantaranya:

  1. Anemia

Terjadi karena perdarahan yang terus menerus sehingga tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan.

  1. Trombosis.

Trombosis adalah pembekuan darah yang terjadi dalam hemoroid.

  1. Strangulasi Hemorrhoid

Jika suplai darah ke wasir interna terputus, karena terjepit, akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan ( gangren ).

Pengobatan Hemoroid

Wasir atau hemoroid sering kali menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tapi ada banyak pengobatan untuk mengurangi gatal-gatal dan rasa tidak nyaman yang muncul. Membuat perubahan pola makan sederhana dan tidak mengejan saat buang air besar, biasanya disarankan oleh dokter sebagai perawatan awal.

Kadang-kadang diperlukan perawatan yang lebih invasif. Perawatan ini tergantung kepada letak hemoroid. Apakah hemoroid berada di atas, di bawah, atau pada dentate line (garis dentate). Garis dentate adalah garis batas pada dinding kanal anus yang memisahkan area yang mampu merasakan rasa sakit dari area yang tidak mampu merasakan.

Penanganan tanpa operasi pada hemoroid akan sangat menyakitkan jika hemoroid tumbuh pada atau di bawah garis dentate. Karena saraf pada area itu bisa mendeteksi rasa sakit. Jika hal ini terjadi, operasi hemoroid akan disarankan untuk dilakukan.

 

Apa Itu DAMAGECARE?

DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.