skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Gejala Dari Penyakit Gastritis?

Apa Gejala Dari Penyakit Gastritis?

Penyakit gastristis merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan kita yakni lambung berupa infeksi yang meradang yang biasa menyerang mukosa dan submukosa lambung,yang berkembang bila mekanismepenyakit gastritis protektif mukosa dipenuhi dengan bakteri atau bahan iritan lain yang dapat melukai lambung.

Apa Gejala Dari Penyakit Gastritis?

Beberapa gejala berikut harus anda waspadai, karena mungkin anda terinfeksi gastritis:

  1. Gangguan saluran cerna

Kondisi seperti gangguan pencernaan akan terjadi ketika kondisi penyakit gastritis sudah parah, agar anda tidak memiliki resiko yang tinggi terkena dampak buruk penyakit gastritis, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan sedini mungkin.

  1. Mual dan muntah

Perlu untuk anda ketahui bahwa mual dan muntah menandakan kondisi gastritis yang sudah parah, bagi anda yang mengalami mual dan muntah segera lakukan pengobatan secepatnya agar terhindar dari dampak buruk yang kemungkinan besar bisa merugikan kesehatan tubuh.

  1. Cegukan

Penting untuk anda ketahui bahwa cegukan merupakan salah satu gejala dari penyakit gastritis, untuk mencegah agar anda tidak terkena dampak buruk, sebaik segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui langkah apa yang harus anda lakukan selanjutnya.

  1. Cepat kenyang

Perlu untuk anda ketahui bahwa cepat kenyang ini kemungkinan besar adalah pertanda dari penyakit gastritis.

Untuk mengetahui secara pasti, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan secepatnya agar anda terhindar dampak buruk yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda.

Diagnosa Penyakit Gastritis

Diagnosa gastritis berdasarkan anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium. Berdasarkan anamnesis berupa keterangan dan keluhan penderita gastritis seperti nyeri ulu hati yang sifatnya seperti teriris – iris atau terbakar, mual, kembung, nafsu makan turun.

Pemeriksaan fisik gastritis adanya nyeri tekan pada daerah ulu hati dan pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan endoscopy untuk melihat kondisi lambung dan jika perlu mengambil sampel lambung (biopsi) untuk deteksi H. Pylori.

Pengobatan Dan Penyembuhan Penyakit Gastritis

Kurangi merokok dan minum alkohol. Konsumsi alkohol berlebihan adalah salah satu penyebab gastritis, dan merokok juga sudah dipastikan sebagai penyebab lainnya. Mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu meringankan iritasi di lambung, mengurangi gejala gastritis, dan membantu membatasi frekuensi gastritis datang kembali.

Makanlah dalam porsi yang lebih kecil. Jika kadang-kadang Anda merasa sakit perut dan mengalami gejala gastritis ringan, ringankan kerja pencernaan dengan makan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering daripada tiga kali makan porsi besar. Cobalah makan setiap dua hingga jam sepanjang hari.

Kurangi stres. Stres terbukti mengakibatkan peningkatan radang dan asam lambung, yang keduanya memperparah gejala gastritis. Apa pun pengaruh stres pada gastritis, menyebabkan atau hanya memperparah, belajar mengatasi dan mengurangi stres adalah langkah penting untuk meringankan sakit pada perut.

Tidur yang cukup. Kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan, dari melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga peningkatan risiko obesitas. Tidur cukup dapat mengurangi stres dan membantu Anda menghadapi insiden tidak diharapkan yang menimbulkan stres.

Orang dewasa harus berusaha tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam, remaja selama sembilan hingga sepuluh jam, dan anak-anak sedikitnya 10 jam.

Obat Sakit Gastritis

Obat yang mungkin diberikan untuk penderita yaitu:

  1. Antibiotik

Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang Anda alami.

  1. Paracetamol

Paracetamol adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam). Obat ini dipakai untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah, serta menurunkan demam. Untuk orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi paracetamol 1-2 tablet sebanyak 500 miligram hingga 1 gram tiap 4-6 jam sekali dalam 24 jam.

  1. Omeprazole

Omeprazole adalah obat yang mampu menurunkan kadar asam yang diproduksi di dalam lambung. Obat golongan pompa proton ini digunakan untuk mengobati beberapa kondisi, yaitu nyeri ulu hati, gastroesophageal reflux disease (GERD), dan tukak lambung akibat infeksi bakteri H. pylori. Selain itu, omeprazole juga dapat digunakan untuk mengobati sindrom Zollinger-Ellison.

Obat Lainnya seperti:

– Obat antasida. Obat ini mampu meredakan gejala gastritis (terutama rasa nyeri) secara cepat dengan cara menetralisir asam lambung.

– Obat penghambat histamin 2 (H2 blocker). Obat ini mampu meredakan gejala gastritis dengan cara menurunkan produksi asam di dalam lambung. Salah satu contoh obat penghambat histamin 2 adalah ranitidine.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.