skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Obat Tradisional Untuk Penyakit Vertigo?

Apa Obat Tradisional Untuk Penyakit Vertigo?

Vertigo adalah suatu kondisi di mana muncul perasaan pusing disertai mual, muntah, kehilangan keseimbangan, kelelahan dan kadang-kadang tidak sadarkan diri. Setelah terkena serangan vertigo, seseorang akan merasa lemah, tidak mampu berdiri, dan pusing selama beberapa jam setelah serangan.

Gejala Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo biasanya memiliki gejala, seperti:

  • Pusing dan merasa sakit
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Rasa berputar atau bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat seseorang masih dalam keadaan diam
  • Adanya gerakan mata abnormal, yang disebut nistagmus
  • Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran.

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab penyakit vertigo dibagi menjadi dua, yakni penyebab perifer dan sentral. Penyebab vertigo sentral timbul di otak atau saraf tulang belakang, sementara vertigo perifer disebabkan oleh masalah di dalam telinga bagian dalam.

Telinga bagian dalam bisa saja menjadi meradang karena suatu penyakit, atau karena batu dan endapan kristal kecil yang normalnya berada di telinga bagian dalam bergeser masuk ke dalam kanal semisirkular dan menyebabkan iritasi pada sel-sel rambut di bagian tersebut.

Apa Obat Tradisional Penyakit Vertigo?

Berikut ini obat tradisional penyakit vertigo, antara lain:

  1. Jahe

Jahe sudah terbukti sejak dahulu kala sebagai obat untuk mual dan muntah. Di samping itu, jahe juga sangat efektif dalam mengobati gejala vertigo. Pasalnya, jahe meningkatkan aliran darah di otak sehingga perasaan pusing dan kepala berputar akan hilang.

  1. Minyak Wijen

Ini adalah salah satu cara alami yang mudah dan efektif untuk mengobati vertigo. Campur minyak wijen dengan bubuk kapulaga, lalu tempelkan di kepala Anda. Cara ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah otak.

  1. Amla

Tanaman ini bermanfaat untuk meredakan gejala vertigo seperti mual dan muntah. Minumlah jus amla beberapa kali dalam sehari. Kandungan vitamin C di dalamnya juga akan membantu Anda untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

  1. Lada dan Lemon

Gejala dini serangan vertigo biasanya sakit kepala, mual dan pusing. Jika Anda mengalami hal ini dan tahu jika Anda punya riwayat penyakit vertigo, campurkan garam atau merica dalam jus lemon hangat lalu segera diminum. Resep ini sangat manjur untuk mencegah serangan vertigo.

  1. Seledri

Seledri kerap digunakan untuk meringankan pusing dan letih karena vertigo. Selain bergizi dan baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, seledri juga ampuh untuk untuk mengatasi gejala-gejala vertigo.

  1. Almond

Almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan mineral. Nutrisi di dalamnya juga membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Tidak hanya itu, almond juga berkhasiat untuk menyembuhkan kelelahan dan sakit kepala yang terjadi karena vertigo. Anda dapat mencampur bubuk almond dalam susu panas dan diminum di pagi hari.

  1. Air Putih

Air putih dapat membantu untuk mengontrol serangan vertigo. Ketika Anda mulai merasakan serangan vertigo, segera minum empat gelas air es dingin. Cara ini juga berfungsi untuk meredakan mual, muntah, letih dan pusing.

  1. Madu dan Ketumbar

Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar.

Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.

  1. Stroberi dan Yogurt

Stroberi dan yogurt bisa menjadi tambahan kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo.

Anda bisa mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi campuran yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.