skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Saja Bahaya Penyakit Vertigo?

Apa Saja Bahaya Penyakit Vertigo?

Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam sehingga penderita vertigo merasa pusing atau ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang. Penyakit vertigo menunjukkan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular.

Ketidakseimbangan tonus vestibular dapat terjadi akibat telah hilangnya masukan perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar.

Gejala Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo biasanya memiliki gejala, seperti:

  • Sakit kepala tak tertahankan
  • Putaran yang hebat saat kepala bergerak, goyang atau bangun tidur
  • Muntah disertai mual yang hebat
  • Reaksi mata yang kurang peka sebab bila ada gerakan secara mendadak maka kepala akan menjadi lebih pusing
  • Keringat dingin
  • Gangguan pendengaran ketika sakit kepala
  • Pandangan kabur, semua objek tampak ganda
  • Tubuh terasa lebih melemah dan susah untuk menjalankan aktivitas
  • Nafsu makan berkurang, sulit sekali untuk menelan makanan.

Bahaya Penyakit Vertigo

Bahaya vertigo berkepanjangan salah satunya menimbulkan ganguan lain di dalam telinga dan kepala, karena dekatnya sistem syaraf antara telinga dan kepala, biasanya selain pusing, sakit kepala sebelah pun akan menyertai penderita, untuk melihat lebih jelas nya lagi, saya rangkum 4 bahaya lain jika vertigo tidak di sembuhkan sekarang juga.

  1. Migrain Kronis

Migrain yang berkepanjangan menjadi penyebab utama timbulnya vertigo, tapi jika vertigo di biarkan akan menyebabkan migrain Kronis, untuk masalan ini butuh penanganan yang serius dan butuh pengobatan yang tepat supaya tidak memperburuk kondisi penderita.

  1. Kehilangan Pendengaran

Karena akar masalah dari penyakit vertigo berada di telinga dalam, maka sangat berpotensi merusak jaringan telinga, dan menimbulkan infeksi pada gendang telinga, jika dibiarkan terlalu lama,ditakutkan terjadi infeksi serius di dalam telinga,sehingga hilangnya pendengaran seseorang.

  1. Infeksi Telinga Dalam

Jika Vertigo berkepanjangan maka telinga akan mengalami infeksi yang cukup serius merambat ke organ dalam dalam kepala. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian dalam telinga

  1. Menyebabkan Kematian

Ketika Vertigo kambuh, maka tidak mengenal waktu dan tempat, bahkan ketika sedang bekerja maupun beraktivitas.

Namun akan sangat berbahaya ketika penderita sedang berkendara, tiba-tiba vertigo kambuh, menyebabkan penderita mengalami gangguan konsentrasi. Jika kondisi ini diteruskan maka bisa mengancam nyawa penderita maupun orang lain yang memakai jalan tersebut.

Pengobatan Penyakit Vertigo

Serangan vertigo yang dapat ditangani dengan obat adalah:

  • Vertigo yang disebabkan vestibular neuritis atau penyakit Meniere
  • Vertigo sentral
  • Vertigo tanpa penyebab jelas.

Durasi minum obat yang diberikan dokter tergantung pada tingkat keparahan vertigo, tapi umumnya untuk tiga hari hingga dua minggu. Obat-obat yang mungkin diberikan adalah:

  • Obat ini akan memblokir pengaruh dopamin sehingga membantu meredakan mual dan muntah yang parah akibat vertigo. Efek sampingnya meliputi tremor (gemetar), gerakan tubuh atau wajah yang tidak terkendali, serta rasa kantuk
  • Antihistamin yang berfungsi menghalangi pengaruh senyawa histamin. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan mual, muntah, serta gejala vertigo yang lebih ringan. Jenis antihistamin yang biasanya akan diberikan dokter adalah cinnarizine, cyclizine, dan promethazine theoclate. Selain kantuk, obat ini juga mungkin akan menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan sakit perut
  • Obat ini digunakan untuk mengobati penyakit Meniere dan gangguan keseimbangan lain. Kinerjanya mirip dengan antihistamin dan biasanya diberikan untuk jangka panjang.