skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Yang Harus DIlakukan Saat Diagnosis Penyakit Gastritis?

Apa Yang Harus DIlakukan Saat Diagnosis Penyakit Gastritis?

Gastritis adalah suatu proses inflamasi pada lapisan mukosa dan submukosa lambung dan secara hispatologi dapat dibuktikan dengan adanya infiltrasi sel-sel radang pada daerah tersebut.

Gastritis bukan merupakan penyakit tunggal, tetapi terbentuk dari beberapa kondisi yang kesemuanya itu mengakibatkan peradangan pada lambung. Biasanya, peradangan tersebut merupakan akibat dari infeksi oleh bakteri yang sama dengan bakteri yang dapat mengakibatkan borok di lambung yaitu Helicobacter pylori.

Tetapi faktor lain seperti trauma fisik dan pemakaian secara terus menerus beberapa obat penghilang sakit dapat juga menyebabkan gastritis.

Faktor penyebab dari penyakit gastritis adalah:

– Terlambat makan

– Mengonsumsi makanan pedas atau asam, minum alkohol, kopi, merokok, obat rematik, obat asma, sayuran kol/sawi, minuman bersoda.

Resiko meningkat pada stress psikis

Secara turun temurun, madu dipakai untuk cara mengobati maag. Sebuah penelitian mencobat melihat efektivitas madu terhadap 45 penderita sakit maag yang diminta mengonsumsi 30 cc madu sebanyak tiga kali sehari sebelum makan.

Hasilnya 37 pasien yang mengeluh buang air besar berdarah akibat sakit maagnya berkurang menjadi 4 pasien, jumlah keluhan juga berkurang dari 41 menjadi 8 kasus, dan hasil peneropongan lambung menunjukkan gambaran radang menurun dari 24 kasus menjadi 15 kasus.

Lambung memiliki sel-sel penghasil asam dan enzim yang berguna untuk mencerna makanan. Untuk melindungi lapisan lambung dari kondisi radang atau pengikisan asam, sel-sel tersebut juga sekaligus menghasilkan lapisan “lendir” yang disebut mucin.

Ketika gastritis terjadi, ada penderita yang merasakan gejalanya dan ada juga yang tidak.

Tanda Penyakit Gastritis

Jika perut bagian atas anda terasa sakit dan terbakar bisa jadi itu adalah tanda dan gejala gastritis yang anda derita. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada lapisan lambung. Penyebab paling umum dari gastritis atau radang lambung adalah infeksi dengan bakteri helicobacter pylori (bakteri yang sama yang menyebabkan sebagian besar sakit maag).

Helicobacter pylori (h. Pylori) hidup di perut dan dapat menyebabkan infeksi baik akut maupun kronis. Penyebab lain gastritis termasuk cedera, penggunaan rutin penghilang rasa sakit tertentu atau minum kelebihan alkohol. Semua ini dapat mengiritasi mukosa lambung dan berkontribusi untuk penyakit gastritis atau radang lambung.

Ketika gejala terjadi tiba-tiba, itu dikenal sebagai gastritis akut. Dalam gastritis kronis, gejala terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala gastritis dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain, dan pada banyak orang mungkin tidak ada gejala.

Diagnosis Penyakit Gastritis

Beberapa tes yang dapat anda jalani untuk mendeteksi penyakit gastritis yaitu:

  1. Uji napas urea

Suatu metode diagnostik berdasarkan prinsip bahwa urea diubah oleh urease H. Pyloridalam lambung menjadi amoniak dan karbondioksida (CO2). CO2 cepat diabsorbsi melalui dinding lambung dan dapat terdeteksi dalam udara ekspirasi.

  1. Analisis Lambung

Tes ini untuk mengetahui sekresi asam dan merupakan tekhnik penting untuk menegakkan diagnosis penyakit lambung. Suatu tabung nasogastrik dimasukkan ke dalam lambung dan dilakukan aspirasi isi lambung puasa untuk dianalisis.

Analisis basal mengukur BAO( basal acid output) tanpa perangsangan. Uji ini bermanfaat untuk menegakkan diagnosis sindrom Zolinger- Elison(suatu tumor pankreas yang menyekresi gastrin dalam jumlah besar yang selanjutnya akan menyebabkan asiditas nyata).

  1. Pemeriksaan feses

Tes ini memeriksa apakah terdapat bakteri H. Pylori dalam feses atau tidak. Hasil yang positif dapat mengindikasikan terjadinya infeksi. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap adanya darah dalam feses. Hal ini menunjukkan adanya pendarahan dalam lambung.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.