skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Hepatitis B Menular

Apakah Hepatitis B Menular

Hepatitis B merupakan infeksi virus hepatitis yang sangat menular. Penularan melalui aktivitas seksual dengan pasangan yang terinfeksi atau melalui kontak dengan darah dan cairan tubuh dari seseorang dengan Hepatitis B, seperti menggunakan jarum suntik bergantian.

Kebanyakan orang memiliki gejala hepatitis B akut dalam waktu yang singkat, kemudian sembuh dengan sendirinya. Tapi beberapa orang tidak mampu membasmi virus dari tubuh sehingga infeksi dapat berlanjut menjadi kronis (jangka panjang). Hampir 90% bayi yang terinfeksi akan terus memiliki virus seumur hidupnya. Seiring waktu, Hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius termasuk sirosis hingga kanker hati.

Penyebab Penyakit Hepatitis B

Infeksi hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B yang menular secara langsung melalui darah, air mani atau cairan tubuh lain. Ketika virus hepatitis B masuk kedalam hati, virus ini akan menyerang sel hati dan melipat gandakan dirinya. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan pada hati dan memicu tanda dan gejala infeksi hepatitis B.

Hepatitis B Menular Atau Tidak ?

Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh, misalnya sperma dan cairan vagina. Virus penyakit ini jauh lebih mudah ditularkan dibandingkan HIV. Beberapa cara penularannya adalah:

– Kontak seksual, misalnya berganti-ganti pasangan dan berhubungan seks tanpa alat pengaman. Hepatitis B Menular

– Berbagi jarum suntik. Misalnya menggunakan alat suntik yang sudah terkontaminasi darah penderita hepatitis B. Hepatitis B Menular

– Kontak dengan jarum suntik secara tidak disengaja. Misalnya petugas kesehatan (paramedis) yang sering berurusan dengan darah manusia. Hepatitis B Menular

– Ibu dan bayi. Ibu yang sedang hamil dapat menularkan penyakit ini pada bayinya saat persalinan. Faktor risiko

Risiko hepatitis B akan meningkat jika anda:

– Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda tanpa menggunakan alat pengaman

– Melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi hepatitis B tanpa menggunakan alat pengaman

– Memiliki penyakit seksual menular seperti gonorrhea atau Chlamydia

– Berbagi jarum suntik

– Satu rumah dengan seseorang yang terinfeksi virus hepatitis B

– Memiliki pekerjaan yang mendekatkan anda dengan kemungkinan menyentuh darah manusia

– Menjalani hemodialysis (cuci darah)

Pencegahan pada ibu hamil:

Tentu dengan memahami tipe penularan virus ini, lalu atasi sesuai penyebab.

  1. Penularan bisa melalui suntikan, maka pastikan suntikan yang digunakan steril dari penyebab penyakit
  2. Menular melalui hubungan seksual, maka jika pasangan sudah terinfeksi VHB gunakan pengaman seperti kondom
  3. Melalui transfusi darah, pastikan darah yang ditransfusi sehat; sikat gigi atau barang pribadi lain yang digunakan secara bersamaan, maka jangan menggunakan barang pribadi bergantian
  4. Melalui kontak selaput lendir yang terpercik lewat mulut, hidung, mata atau kulit yang terbuka, maka hindari kontak yang demikian.

Pencegahan pada janin/bayi:

Setelah lahir, bayi dari ibu pengidap VHB harus mendapatkan vaksin hepatitis B dan HBIG (hepatitis B Immunoglobulin), kemudian dilakukan booster (pengulangan vaksin) di usia 1 bulan dan 3—6 bulan. Berikutnya, di usia 9—18 bulan si kecil juga sebaiknya dilakukan pemeriksaan HbsAg dan anti-HBs. Dengan begitu, hepatitis B kronik bisa dihindari.

Ibu yang positif hepatitis B boleh menyusui bayinya, asalkan si bayi sudah mendapatkan HBIG dan vaksin hepatitis B selama 12 jam pertama kelahiran. Sebagai pencegahan, jaga puting susu ibu jangan sampai terluka atau lecet yang membuat darah ibu terisap bayi. Seusai menyusui, bersihkan puting dengan air hangat tanpa sabun karena sabun dapat membuat kulit kering dan menyebabkan mudah luka.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.