skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Hemoroid Berbahaya?

Apakah Penyakit Hemoroid Berbahaya?

Hemoroid (Wasir) adalah pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik (vena) dan terletak di dinding rektum dan anus. Penyakit yang satu ini sepertinya telah mendunia atau banyak yang mengalaminya, terlihat dari banyaknya istilah yang menisbatkannya, di Indonesia sendiri lebih familiar dengan istilah penyakit wasir.

Dalam istilah medis penyakit wasir dikenal dengan istilah hemorrhoid. Hemoroid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Secara normal vena-vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah.

Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya. Ambeien ini dapat terjadi diantaranya akibat mengejan yang terlalu kuat saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena selama kehamilan, penyebab wasir lainnya akan dibahas lebih lanjut nanti.

Wasir dapat terletak di dalam rektum yang disebut hemorrhoid internal (wasir dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus yang disebut hemorrhoid external (wasir luar). Dari kedua bentuk wasir tersebut, hemorrhoid eksterna adalah yang paling sering terjadi dan paling merepotkan. Ambeien dapat menyebabkan nyeri dan gatal pada anus serta rasa sakit ketika duduk.

Penyebab Penyakit Hemoroid

Seperti diketahui, hemoroidterjadi karena adanya varises di sekitar rektum dan anus. Varises tersebut dapat terjadi karena terjadinya tekanan yang tinggi pada vena yang bersangkutan, beberapa hal yang menyebabkan tekanan tinggi pada vena, antara lain:

  • Mengejan kuat saat buang air besar
  • Kehamilan
  • Jongkok dalam jangka waktu yang lama di toilet saat BAB
  • Diare kronis
  • Obesitas atau kegemukan
  • Sembelit atau konstipasi
  • Diet rendah serat
  • Hubungan seksual melalui anus.

Hemoroid akan lebih mungkin terjadi saat usia lebih tua karena jaringan pendukung pembuluh darah di rektum dan anus mulai melemah dan mudah meregang akibat proses penuaan.

Gejala Penyakit Hemoroid

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umunya ringan. Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali. Gejala yang sering kali muncul adalah:

  • Pendarahan setelah buang air besar, warna darah akan merah terang.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus, benjolan ini biasanya bisa di dorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.
  • Rasa sakit, memerah dan pembengkakan di sekitar anus.

Hemoroid biasanya tidak sakit, kecuali jika aliran darah melambat atau terganggu. Jika Anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

Pencegahan Penyakit Hemoroid

Cara pencegahan hemoroid dengan perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menambah asupan serat di dalam makanan. Buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menurunkan berat badan.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur. Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Perubahan gaya hidup di atas juga bisa mengurangi risiko hemoroid untuk kambuh. Atau juga bisa mencegah munculnya hemoroid atau wasir. Selain itu, terdapat obat-obatan yang bisa dibeli atau diresepkan oleh dokter. Obat ini berfungsi untuk mempermudah dalam buang air besar. Obat oles bisa langsung digunakan pada bokong anda atau tablet yang bisa dibeli dari apotek secara bebas.

 

Apa Itu DAMAGECARE?

DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.