skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Vertigo Bisa Menular?

Apakah Penyakit Vertigo Bisa Menular?

Penyakit Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasusu epilepsi.

Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi. Kata vertigo berasal dari bahsa yunani Vetere yang artinya berputar.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan bilangan hari. Vertigo bisa terjadi pada saat melakukan perjalanan jauh, naik kendaraan dijalan yang berliku. Namun terkadang vertigo hanya disebabkan oleh stres. Sebagian besar kasus vertigo tidak diketahui penyebabnya, sehingga terapi lebih banyak bersifat simtomatik dan rehabilitatif.

Ciri Penyakit Vertigo

Penderita yang mengalami vertigo akan merasa dirinya atau benda disekitarnya seperti berputar-putar. Adanya gerakan mata yang abnormal, ini merupakan petunjuk terdapat kelainan fungsi di telinga bagian dalam, atau adanya kelainan pada saraf yang menghubungkan ke otak. Gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah disebut sebagai Nistagmus.

Untuk mendeteksi nistagamus sebagai penentu diagnosa vertigo, bisa dirangsang dengan cara menggerakkan kepala si penderita penyakit vertigo secara tiba-tiba, atau dengan cara meneteskan air dingin ke dalam telinga penderita.

Untuk melakukan pengujian keseimbangan pada penderita, penderita vertigo bisa diinstruksikan untuk berdiri dan berjalan dalam garis lurus, awalnya dilakukan mata terbuka kemudian dilanjutkan dengan mata tertutup.

Apakah Penyakit Vertigo Bisa Menular?

Vertigo merupakan suatu gangguan keseimbangan, untuk contohnya seseorang merasa dinding atau benda disekitarnya terasa berputar padahal sama sekali tidak. Vertigo tidaklah suatu penyakit menular, penyakit menular biasanya merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kuman penyakit dan virus.

Obat Sakit Vertigo

Beberapa obat yang dapat anda cari di apotik untuk penyakit vertigo yaitu:

  1. Betaserc

Kandungan Betahistine dalam obat ini bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah kembali lancar. Betaserc sebagai obat vertigo di apotik tidak dijual secara bebas dan membutuhkan resep dokter. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Obat vertigo yang ampuh ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit meniere.

  1. Stugeron

Obat ini bekerja dengan melebarkan pembuluh darah tanpa meurunkan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan zat dalam obat vertigo paten ini dapat memperbaiki sirkulasi darah pada pembuluh darah yang menyempit dengan mengurangi kekentalan darah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit vertigo, segera atasi dengan menggunakan obat vertigo di apotik seperti obat Stugeron yang tersedia dalam kemasan tablet 25 mg.

  1. Mertigo

Mertigo dipercaya sebagai obat vertigo yang ampuh, obat ini digunakan untuk meredakan penyakit vertigo dan gangguan pendengeran terkait dengan penyakit meniere. Anda dapat dengan mudah menemukan obat vertigo di apotik dan mini market terdekat. Mertigo tersedia dalam kemasan tablet mg, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter.

Cara Mencegah Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo akan dialami karena di sebabkan oleh masalah apapun akan menyebabkan gejala vertigo juga. Gejala vertigo akan menyebabkan seseorang penderita penyakit vertigo akan kehilangan keseimbangannya karena akibat dari kepala yang sangat terasa pusing yang akan dialami pada saat mengalami penyakit vertigo.

Penyakit vertigo bukan hanya akan menyebabkan gangguan pada keseimbangan saja yang menyebabkan tubuh mudah terjatuh pada saat berjalan tetapi penyakit vertigo akan juga akan menyebabkan gangguan pada pendengaran juga sehingga orang yang mengalami vertigo akan terganggu juga dengan gejala yang akan muncul.

Akibat sakit kepala atau pusing kepala yang dialami pada saat mengalami vertigo juga akan menyebabkan mual dan muntah, dan sangat sensitif terhadap cahaya yang terlihat oleh mata. Penyakit vertigo juga akan menyebabkan tubuh tidak bias di gerakan dengan bebas, karena apabila tubuh di gerakan ketika penyakit vertigo terjadi maka rasa pusing kepala bisa semakin terasa.

Maka dari hal itu penyakit vertigo jika dialami sebaiknya segera diatasi dengan menggunakan obat vertigo herbal salah satunya sehingga penyakit vertigo tidak akan berlangsung lama.