skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Vertigo Bisa Menyebabkan Kematian Dan Apa Penyebabnya?

Apakah Penyakit Vertigo Bisa Menyebabkan Kematian Dan Apa Penyebabnya?

Penyakit vertigo adalah suatu kondisi medis dimana seseorang merasakan bahwa ruangan di sekitarnya atau dirinya seolah sedang berputar. Kata vertigo itu sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu kata vetere yang artinya berputar.

Vertigo adalah sensasi berputar yang dirasakan oleh seseorang baik pada dirinya sendiri maupun pada lingkungan di sekitarnya. Vertigo sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri, melainkan ini merupakan gejala dari penyakit yang menjadi penyebabnya.

Vertigo bisa berlangsung sebentar hanya beberapa menit, berlangsung hingga beberapa jam, dan bisa sampai beberapa hari. Vertigo bisa saja terjadi saat sedang dalam perjalanan jauh, sedang menaiki kendaraan di jalan yang berliku dan sebagainya.

Penyebab Penyakit Vertigo

Beberapa penyakit atau keadaan yang paling sering menjadi penyebab vertigo antara lain:

  • Vertibular neuritis: merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi pada telinga dalam yang mengenai oragan pengatur keseimbangan dan saraf keseimbangan
  • Penyakit miniere: merupakan penyakit langka, yang sangat jarang terjadi. Penyakit ini juga terjadi pada organ pengatur keseimbangan di telinga dalam.
  • Cedera kepala: sensasi berputar juga dapat terjadi setelah kepala seseorang mengalami benturan terhadap suatu benda tumpul atau cedera kepala.
  • Vertigo Migrain: merupakan sensasi berputar – putar dengan disertai rasa sakit yang luar biasa yang dirasakan hanya di sebagian kepala saja
  • Vertigo Posisional Paroksismal Jinak: merupakan sensasi berputar – putar yang dipicu dan terjadi pada saat kepala mengalami perubahan posisi tertentu yang menyebabkan terjadinya penurunan pada aliran darah yag mengalir ke daerah otak dan sekitarnya.

Bahaya Akibat Penyakit Vertigo Dapat Menyebabkan Kematian dan gangguan pendengaran parmanen?

Vertigo atau gangguan keseimbangan pada telinga hingga seseorang merasa pusing dan keadaan sekelilingnya berputar pada dasarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu.

Saat seseorang mengalami vertigo, pasti ada sesuatu di belakangnya yang tak lain penyakit yang dialami orang tersebut. Misalnya saja ketika vertigo sering kambuh biasanya ada masalah akibat hilangnya keseimbangan di kondisi tertentu.

“vertigo itu kan bisa saja gejala dari penyakit, misalnya tumor otak. Nah, misalnya saat lagi menyetir dan diving lalu (vertigo) kambuh, penyakitnya itulah yang menyebabkan kematian, jadi bukan dari vertigonya itu sendiri, melainkan dari penyakit atau akibat yang ada di belakangnya.

Vertigo bisa saja menyebabkan gangguan permanen, misalnya hilangnya pendengaran. Sebab organ keseimbangan ada di telinga yang juga berfungsi sebagai alat pendengaran.

“jika ada gangguan dan infeksi yang terjadi di dalam labirin telinga lalu menyebar ke rumah siput, maka hal inilah yang akan menyebabkan tuli saraf secara permanen

Jadi, vertigo dan sakit kepala sudah jelas berbeda. Vertigo merupakan kondisi dimana sakit kepala bisa muncul sebab adanya masalah pada bagian kepala dan telinga.

ciri ciri vertigo juga seringkali membuat pusing kepala muncul, tetapi dengan sensasi yang berbeda. Sebab, sakit kepaa karena vertigo akan lebih parah dengan rasa berputar dan hal ini cukup mengganggu. Lihat juga apa penyebab vertigo dan cara penyembuhannya, pengobatannya.

Agar ciri-ciri vertigo yakni gejala vertigo tidak mudah datang, anda harus mencegah dengan melakukan beberapa hal. Misalnya, anda sebaiknya menjaga agar tidak kurang darah atau anemia. Sebab, ketika anemia dan kepala terasa pusing, maka vertigo bisa menyerang. Hal ini juga sama jika anda kurang minum yang menyebabkan anemia dan vertigo pun bisa datang.

Selain itu, anda juga harus pintar-pintar mengendalikan emosi. Sebab, jika sedikit saja mengalami stress vertigo pun bisa muncul. Untuk itu, anda tidak boleh mudah merasa tertekan dengan suatu masalah tertentu atau memiliki tekanan batin. Dalam kondisi tersebut, syaraf di tubuh menjadi terganggu dan vertigo bisa menyerang.

Bahkan, stress juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya seperti kurang tidur, malas makan dan pola makan menjadi terganggu serta cemas yang kemudian bisa memicu vertigo untuk muncul dan menganggu aktifitas anda.