skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Vertigo Itu Bahaya?

Apakah Penyakit Vertigo Itu Bahaya?

Vertigo merupakan penyakit yang timbul akibat gangguan sistem keseimbangan pada telinga hingga seseorang merasa pusing dan keadaan sekelilingnya berputar, selain terkena vertigo jika di biarkan dapat merusak telinga dan juga menimbulkan gejala penyakit lainya.

Vertigo akan sangat berbahaya ketika kambuh, karena sering datang tanpa di duga-duga bahkan ketika melakukan aktivitas.

Penyebab Penyakit Vertigo

Berikut ini penyebab penyakit vertigo yang harus diwaspadai, antara lain:

  1. Sering Mengkonsumsi Obat Tertentu

Jika Anda sedang dalam tahap pengobatan, pastikan untuk menanyakan apakah obat yang dikonsumsi berefek samping untuk menimbulkan vertigo. Obat-obatan dengan kandungan kimia tertentu diyakini menjadi salah satu faktor penyebab vertigo.

  1. Kurang Tidur

Tubuh manusia bukanlah robot yang bisa melakukan apa saja tanpa beristirahat. Kekurangan waktu untuk tidur dan beristirahat bisa mengaburkan konsentrasi dan pandangan serta membuat kepala pusing bahkan berputar.

  1. Sering Marah

Nah, untuk yang satu ini memang sudah sangat jelas. Ketika Anda marah, tekanan darah akan naik secara spontan dan itu jelas tidak bagus dampaknya bagi kesehatan Anda.

  1. Cedera Pada Kepala

Kepala yang terbentur, terjatuh, atau terkena pukulan dapat membuat cedera pada kepala. Namun tidak semua jenis cedera pada kepala akan menimbulkan vertigo. Hal ini hanya berlaku jika cedera terjadi pada bagian-bagian tertentu pada kepala Anda.

  1. Merokok

Merokok akan mengikat oksigen dan menghambat peredaran darah. Hampir dapat dipastikan jika peredaran darah tidak lancar, maka Anda akan merasa lemas, pusing, bahkan pingsan.

  1. Stres

Beban hidup memang selalu datang, namun Anda tidak harus terlalu memikirkannya. Yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan masalah agar tidak berlarut-larut dan menjadi beban pada kepala Anda.

Bahaya Penyakit Vertigo

Bahaya vertigo berkepanjangan salah satunya menimbulkan ganguan lain di dalam telinga dan kepala, karena dekatnya sistem syaraf antara telinga dan kepala, biasanya selain pusing, sakit kepala sebelah pun akan menyertai penderita, untuk melihat lebih jelas nya lagi, saya rangkum 4 bahaya lain jika vertigo tidak di sembuhkan sekarang juga.

  1. Infeksi Telinga Dalam

Jika Vertigo berkepanjangan maka telinga akan mengalami infeksi yang cukup serius merambat ke organ dalam dalam kepala. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian dalam telinga

  1. Migrain Kronis

Migrain yang berkepanjangan menjadi penyebab utama timbulnya vertigo, tapi jika vertigo di biarkan akan menyebabkan migrain Kronis, untuk masalan ini butuh penanganan yang serius dan butuh pengobatan yang tepat supaya tidak memperburuk kondisi penderita.

  1. Kehilangan Pendengaran

Karena akar masalah dari penyakit vertigo berada di telinga dalam, maka sangat berpotensi merusak jaringan telinga, dan menimbulkan infeksi pada gendang telinga, jika dibiarkan terlalu lama,ditakutkan terjadi infeksi serius di dalam telinga,sehingga hilangnya pendengaran seseorang.

  1. Menyebabkan Kematian

Ketika Vertigo kambuh, maka tidak mengenal waktu dan tempat, bahkan ketika sedang bekerja maupun beraktivitas.

Namun akan sangat berbahaya ketika penderita sedang berkendara, tiba-tiba vertigo kambuh, menyebabkan penderita mengalami gangguan konsentrasi. Jika kondisi ini diteruskan maka bisa mengancam nyawa penderita maupun orang lain yang memakai jalan tersebut.

Pencegahan Penyakit Vertigo

Berikut pencegahan yang baik bagi penderita penyakit vertigo, antara lain:

  1. Istirahat

Terapi vertigo pertama adalah istirahat selama dan setelah serangan. Pastikan anda beristirahat sebanyak mungkin, karena istirahat dan relaksasi dapat meminimalkan efek vertigo. Bila anda merasa pusing, duduk atau berbaring dengan segera.

Gerakan mendadak, dan terkadang gerakan apapun bisa memperparah sensasi vertigo yang dirasakan. Juga hindari cahaya terang atau berlebihan, seperti lampu, televisi atau lampu dari layar ponsel sebaiknya dimatikan agar tidak memperburuk kondisi orang tersebut.

  1. Latihan fisik

Untuk terapi vertigo yang selanjutnya melakukan latihan fisik. Lakukan latihan fisik seperti yoga biasa yang diimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah garam, kalori dan semua jenis gorengan.