skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Vitamin C Dapat Menyebabkan Batu Ginjal?

Apakah Vitamin C Dapat Menyebabkan Batu Ginjal?

Apakah Vitamin C Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Apakah Vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal, Vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat) adalah vitamin. Beberapa hewan dapat menghasilkan vitamin C mereka sendiri, tetapi orang-orang harus mengambil vitamin C dari makanan dan sumber lain. Vitamin C yang bermanfaat adalah buah dan sayuran segar, terutama buah jeruk. Vitamin C juga bisa diproduksi dengan percobaan.

Vitamin C paling sering digunakan untuk mencegah dan mengobati masuk angin. Dapat digunakan untuk mengobati infeksi, jerawat dan infeksi kulit lainnya, bronkitis, human immunodeficiency virus (HIV), ulkus lambung yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, tuberculosis, disentri (penyakit usus yang menular) dan infeksi kulit yang menyebabkan bisul. Vitamin C juga digunakan untuk infeksi kandung kemih dan prostat. Vitamin C juga dapat digunakan pada gangguan mental atau perawatan tertentu.

Apa yang dimaksud batu ginjal?

Batu ginjal adalah massa padat yang terbentuk di dalam ginjal ketika zat dalam urin menjadi terkonsentrasi. Kerikil bisa berada di dalam ginjal atau di saluran kemih. Batu ginjal dengan berbagai ukuran. Sebuah batu kecil bisa dimuntahkan, hanya menyebabkan rasa sakit atau bahkan rasa sakit. Batu-batu yang lebih besar dapat bersarang di sepanjang saluran kemih dan dapat menghalangi aliran urin menyebabkan sakit parah atau pendarahan.

Dapatkah vitamin C dikaitkan dengan batu ginjal?

Dalam beberapa penelitian, peneliti menduga bahwa vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal. Studi telah dilakukan pada pria, pria lebih cenderung mengembangkan batu ginjal daripada wanita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C lebih mungkin mengembangkan batu ginjal daripada mereka yang tidak. Peningkatan risiko hanya pada orang yang mengonsumsi vitamin C dan bukan pada orang yang hanya mengonsumsi multivitamin. Studi lain menemukan bahwa suplemen vitamin C tinggi tidak meningkatkan risiko mengembangkan batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk karena berbagai alasan. Efek genetik dan gender (laki-laki lebih mungkin daripada perempuan untuk memiliki penyakit), berat badan (obesitas meningkatkan risiko penyakit) dan diet (tinggi protein hewani, tidak cukup minum air). Jenis batu ginjal yang paling umum adalah kalsium dan oksalat, zat yang ditemukan dalam banyak makanan. Ketika vitamin C diekskresikan dalam tubuh, biasanya dalam bentuk oksalat dan ini dapat dengan mudah mengarah ke batu ginjal.

Tidak ada penyebab yang diketahui untuk orang yang mengonsumsi banyak vitamin C. Hasil studi ini tidak berlaku untuk vitamin C yang ditemukan dalam makanan. Orang-orang harus mengetahui risiko yang terkait dengan mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C yang tinggi.

Sekian itulah jawaban dari pertanyaan tentang Apakah Vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal?, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan jawaban yang memuaskan.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.