skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Atasi Penyakit Insomnia

Atasi Penyakit Insomnia

Insomnia adalah gangguan kesehatan dimana penderitanya kesulitan untuk tidur, ini berarti sang penderita memiliki kesulitan untuk memulai atau tetap tidur. Insomnia juga didefinisikan sebagai kondisi yang menghasilkan kualitas tidur buruk dengan gangguan fungsional pada siang hari. Diagnosa klinis insomnia biasanya diberikan jika kondisi kesehatan ini terjadi minimal tiga kali dalam seminggu.

Menurut National Institute of Health, sekitar 30% dari total populasi memiliki gejala dari gangguan tidur ini, dengan wanita yang lebih banyak dibandingkan pria, biasanya karena perubahan hormon.

Kondisi ini juga lebih umum terjadi pada mereka yang berusia lanjut, di atas 60 tahun, karena munculnya perubahan siklus tidur dan perkembangan penyakit lainnya yang yang timbul seiring pertambahan usia.

Penyakit insomnia harus segera diatasi, agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih serius. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit insomnia:

  1. Hindari merokok

Rokok mengandung zat nikotin. Dimana nikotin merupakan salah satu stimulan yang akan menjadikan anda terkena insomnia. Selain terkena insomnia kamu juga bisa terkena berbagai gangguan kesehatan lainya karena banyak zat adiktif yang terkandung di dalam rokok.

  1. Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan lebih rileks. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga secara teratur menjadikan seseorang bisa mengatasi insomnia. Namun olahraga yang baik adalah di pagi hari hingga sore hari, bukanya di malam hari.

  1. Melakukan relaksasi

Membuat tubuh menjadi rileks akan menjadi pernafasan anda lebih teratur, tekanan darah yang stabil dan otot menjadi rileks. Ada beberapa cara melakukan teknik relaksasi yang sederhana yaitu relaksasi pernafasan dengan cara melakukan pernafasan yang masuk dari hidung lalu mengeluarkan dari mulut. Irama saat melakukan teknik pernafasan harus perlahan lahan.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Jika anda mengkonsumsi makanan sebelum tidur maka organ pencernaan anda akan bekerja sehingga anda akan mengalami insomnia. Ada baiknya jika ada mengkonsumsi makanan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Agar selama waktu tersebut makanan anda akan dicerna terlebih dahulu.

  1. Hindari tidur pada sore hari

Tidur pada sore hari sekitar jam 15.00 lebih akan membuat seseorang merasa lemas dan terjaga dimalam hari karena waktu tidur terbaik adalah dimalam hari. Lakukanlah tidur pada siang hari dengan durasi yang cukup yakni tidak lebih dari 2 jam.

  1. Tetapkan jadwal tidur

Kebutuhan tidur bagi orang dewasa adalah 8 jam setiap harinya. Jadi anda bisa menetapkan jadwal tidur yang sesuai dengan waktu bangun anda yakni tidur di malam hari dan tidak terlalu banyak tidur di malam hari. Pola tidur yang baik akan membuat anda tidur lebih nyaman dan nyenyak.

  1. Jangan paksakan tidur

Jika tubuh anda belum mengantuk dan masih segar sebaiknya anda tidak tidur terlebih dahulu, karena memaksakan tidur justru akan membuat anda stress dan cemas dan hal itu justru akan membuat anda akan mengalami insomnia

  1. Melakukan meditasi

Selain melakukan rileksasi menggunakan teknik pernafasan anda juga bisa membuat pikiran lebih tenang dengan menerapkan teknik meditasi. Teknik meditasi ini ada berbagai macam cara salah satunya adalah dengan mendengarkan musik yang lembut. Selain melalui musik kamu juga bisa membayangkan suatu hal yang menenangkan.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Salah satu nutrisi yang dapat membuat anda rileks dan tidur lebih nyenyak adalah potasium dan magnesium. Beberapa jam sebelum anda tidur makanlah makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond dan pisang.

  1. Membaca doa sebelum tidur

Menurut kepercayaan agama saya dengan membaca doa sebelum tidur maka gangguan yang berasal dari alam lain bisa hilang sehingga anda bisa tidur lebih rileks dan nyaman.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Apabila anda insomnia tetap terjadi secara terus menerus meskipun sudah menerapkan beberapa cara diatas maka konsultasikan ke dokter terdekat agar anda bisa memperoleh solusi untuk mengatasi insomnia yang anda alami.

  1. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Kamar yang nyaman dapat mengakibatkan seseorang lebih nyaman untuk tidur. Untuk membuat kamar nyaman anda bisa merapikan tempat tidur anda, memberikan parfum dan menata ruangan serapi mungkin.

  1. Jauhkan gadget dari jangkauan anda.

Jika anda terus bermain gadget sebelum tidur maka rasa kantuk anda akan hilang. Apalagi anda sedang membuka social media atau chatting dengan orang yang kamu sayang.

Selain itu meletakkan gadget seperti hanphone di dekat anda dapat membuat anda terpapar sinar radiasi sehingga akan membuat anda sudah untuk tidur. Menjauhkan gadget atau menonaktifkanya adalah solusi terbaik untuk mengatasi insomnia.

  1. Jauhkan jam dari pandangan

Selain menjauhkan gadget anda juga harus menjauhkan jam dari pandangan anda. Melihat jam yang berjalan dari detik ke detik menit ke menit saat ingin tidur akan membuat anda tidak berkonsentrasi dan memikirkan waktu tersebut.

  1. Posisikan tubuh senyaman mungkin

Posisi tidur yang tidak nyaman akan mengakibatkan seseorang terbangun di malam hari atau jutsru malah kesulitan untuk tidur sama sekali. Beberapa bagian tubuh yang harus diposisikan senyaman mungkin adalah leher kepala dan juga tangan anda.

Jika leher tidak nyaman justru malah bisa membuat leher anda pegal begitu juga jika tangan anda tertindih oleh bagian tubuh yang lain akan mengakibatkan kesemutan sehingga anda bisa terbangun. Posisi tidur terbaik adalah dengan cara memiringkan tubuh kearah kanan.

  1. Matikan lampu atau redupkan cahaya

Lampu yang menyala terlalu silau akan membuat kita sulit untuk tidur. Selain itu pancaran sinar dari lampu juga bisa menjadi radiasi yang akan berdampak buruk ke tubuh kita. Namun beberapa orang justru dengan kondisi yang gelap tidak bisa tidur sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebiasaan anda.

  1. Hindari minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein akan membuat anda tetap terjaga karena akan membuat detak jantung anda lebih cepat. Selain itu minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi dan cokelat akan membuat anda ingin kencing di malam hari sehingga bisa mengganggu sikluas tidur anda. Ada baiknya jika mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein adalah 8 jam sebelum tidur.