skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bahayakah Penyakit Insomnia?

Bahayakah Penyakit Insomnia?

Insomnia adalah istilah yang menggambarkan kesulitan tidur, kesulitan untuk tetap tertidur seanjang malam, atau tidak merasa beristirahat setelah tidur. Ini adalah gangguan tidur yang paling umum, mempengaruhi sekitar sepertiga orang dewasa di beberapa titik dalam hidup mereka.

Insomnia dapat berlangsung sementara (berlangsung kurang dari satu minggu), jangka pendek (satu sampai tiga minggu), dan kronis (lebih dari tiga minggu).

Insomnia yang hanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu mungkin merupakan hasil dari lingkungan tidur yang buruk, seperti kebisingan yang berlebihan atau cahaya dan suhu ruangan yang tidak menyenangkan, atau perubahan gaya hidup yang terjadi baru-baru saja, seperti jet lag, perubahan shift kerja, sakit, dan kehidupan yang penuh stres.

Selain itu, obat dengan sifat stimulan, seperti obat asma, antidepresan, kafein-yang mengandung penghilang rasa sakit, atau methylphenidate (Ritalin) dapat menyebabkan gangguan tidur.

Gejala Penyakit Insomnia

Insomnia itu sendiri bukan merupakan gejala dari kondisi medis yang mendasar. Namun, ada beberapa tanda-tanda dan gejala yang berhubungan dengan insomnia seperti:

  • Lekas marah, depresi atau kecemasan
  • Konsentrasi yang buruk dan fokus
  • Menjadi tidak terkoordinasi
  • Ketegangan pada sakit kepala
  • Kesulitan tidur di malam hari
  • Sering merasa lelah setelah tidur malam
  • Sering merasa lelah pada siang hari
  • Kesulitan bersosialisasi
  • Gejala gastrointestinal
  • Sering bangun pada malam hari
  • Bangun lebih awal dari biasanya.

Penyebab Penyakit Insomnia

Berikut ini penyebab terjadinya penyakit insomnia, yaitu:

  1. Pola hidup kurang sehat

Penyebab insomnia pun juga bisa di sebabkan oleh pola hidup yang di lakukan kurang baik atau kurang sehat. pola hidup yang kurang sehat seperti hal nya minum alkohol, merokok dan pola hidup tidak sehat lain nya bisa menjadi penyebab insomnia.

  1. Obat obatan

Obat obatan pun bisa menjadi penyebab insomnia, di dalam obat tidak hanya ada obat yang bisa menyebabkan ngantuk namun obat juga akan menyebabkan mata menjadi terjaga hingga tidak akan mengantuk.

  1. Penyakit

Tidak hanya di sebabkan oleh tidur siang, namun penyakit pun bisa menjadi penyebab insomnia. Penyakit yang menjadi penyebab insomnia yaitu penyakit yang sering kambuh di saat malam hari gejala nya.

Penyakit yang seperti itu biasa nya penyakit yang di sebabkan oleh ada nya masalah pada saluran pernafasan yang bisa menyebabkan batuk dan juga sesak nafas biasa nya akan membuat penderita nya susah tidur sehingga akan mengganggu tidur.

Bahaya Penyakit Insomnia

Beberapa fakta dari riset yang dilakukan untuk melihat bahaya dan akibat dari penyakit insomnia telah menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa seorang penderita insomnia bisa mendapati hal hal berikut yang cukup mengerikan:

  • Gangguan penglihatan yang buruk dan kurang konsentrasi. Sel sel saraf tidur yang terganggu tentu akan berakibat kerusakan dan gangguan pada sel sel mata anda.

Ini akan mengirimkan sinyal gangguan juga pada otak hingga akibat penyakit insomnia ini bisa mengganggu focus anda,baik itu saat bekerja atau yang lebih parah lagi saat berkendara karena akan mengakibatkan kecelakaan

  • Memperburuk kondisi kesehatan. Seorang penderita akan mendapatkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia dengan serangan terhadap beberapa bagian tubuhnya. Seperti yang telah kita ketahui setiap organ tubuh memiliki fungsi penting dalam metabolism tubuh dan memerlukan jam istirahat yang cukup juga.

Jika organ tubuh tidak mengalami istirahat yang cukup maka bisa dipastikan semua fungsi tubuh akan terganggu. Tekanan darah anda akan meningkat,dan bukan tidak mungkin kinerja jantung menjadi tidak stabil

  • Dampak kejiwaan berupa stress pada seorang penderita. Ini mungkin tidak bisa dihindari. Faktor kelelahan yang amat sangat akibat kesulitan tidur akan membuat emosi kejiwaan semakin tidak stabil hingga seorang penderita bisa menjadi stress
  • Penurunan gairah seksual. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang mengalami gangguan kesulitan tidur akan membuat energynya lebih lemah dan ini yang menyebabkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia bisa mempengaruhi aktifitas sex seseorang yang menjadi lemah.