skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bahayanya Penyakit Insomnia

Bahayanya Penyakit Insomnia

Insomnia merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya kelainan tidur, dimana penderitanya akan mengalami efek susah tidur. Efek sari susah tidur tersebut biasanya akan terbawa ketika penderita bangun dari tidurnya.

Biasanya penyebab dari insomnia ini kalau ga penyakit, ya karena adanya suatu permasalahan di dalam diri orang tersebut, bisa jadi karena galau akibat putus cinta dan yang lainnya.

Sering kali orang yang terkena insomnia bergantung kepada obat tidur atau obat yang memiliki reaksi penenang. Hal ini dilakukan semata – mata hanya untuk memberikan efek tenang. Mereka tidak menyadari bahwa efek dari obat – obatan tersebut bisa jadi berbahaya untuk kesehatannya, diantaranya bisa menjadi ketergantungan kepada obat tersebut.

Gejala Penyakit Insomni

Berikut ini gejala yang sering dirasakan penderita insomnia, yaitu:

  1. Sering tak bisa tidur

Ini adalah tanda yang paling utama. Tapi, banyak orang mengabaikannya, bahkan tidak mau berkonsultasi ke dokter. Mereka menganggap, insomnia umum terjadi. Padahal, jika berlangsung terus menerus, akan muncul penyakit kronis yang bisa menyerang otak.

  1. Depresi

Wajar jika anda tidak bisa tidur karena sedang banyak pikiran. Biasanya, tubuh anda akan jadi gelisah dan menyebabkan anda tidak bisa tidur. Jika anda mengalami gangguan depresi, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar tidak menjadi masalah yang serius.

  1. Ingin tidur siang

Jika tidur malam anda terganggu, otomatis anda akan mengantuk di siang hari. Sering kali di jam kerja, anda merasa sangat ingin beranjak ke tempat tidur. Ini juga bisa sebagai tanda bahwa semalam, anda terkena insomnia.

  1. Masih merasa lelah

Anda sudah tidur 8 jam, tapi ketika bangun badan tetap lelah? Ini salah satu tanda anda terkena insomnia.

Padahal, normalnya saat tidur, ‘cahaya tubuh’ akan meredup. Jika ‘cahaya tubuh’ ini masih aktif, otak akan mencegah tubuh untuk beristirahat. Inilah yang membuat anda terus terjaga sehinga tubuh tidak bisa berisirahat dan tetap merasa lelah.

  1. Mendengkur

Mendengkur memang bukan salah satu tanda yang berbahaya. Tapi, bisa menjadi peringatan bahwa kondoisi pernafasan anda mulai terganggu.

Jika nafas terhambat, tidur anda jadi tidak tenang dan sering terbangun. Malahan, dengkuran anda bisa membuat orang lain ikut insomnia karena terganggu dengan suaranya.

Bahayanya Penyakit Insomnia

Beberapa fakta dari riset yang dilakukan untuk melihat bahaya dan akibat dari penyakit insomnia telah menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa seorang penderita insomnia bisa mendapati hal hal berikut yang cukup mengerikan:

  • Penurunan gairah seksual. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang mengalami gangguan kesulitan tidur akan membuat energynya lebih lemah dan ini yang menyebabkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia bisa mempengaruhi aktifitas sex seseorang yang menjadi lemah
  • Gangguan penglihatan yang buruk dan kurang konsentrasi. Sel sel saraf tidur yang terganggu tentu akan berakibat kerusakan dan gangguan pada sel sel mata anda. Ini akan mengirimkan sinyal gangguan juga pada otak hingga akibat penyakit insomnia ini bisa mengganggu focus anda,baik itu saat bekerja atau yang lebih parah lagi saat berkendara karena akan mengakibatkan kecelakaan
  • Dampak kejiwaan berupa stress pada seorang penderita. Ini mungkin tidak bisa dihindari. Faktor kelelahan yang amat sangat akibat kesulitan tidur akan membuat emosi kejiwaan semakin tidak stabil hingga seorang penderita bisa menjadi stress
  • Memperburuk kondisi kesehatan. Seorang penderita akan mendapatkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia dengan serangan terhadap beberapa bagian tubuhnya. Seperti yang telah kita ketahui setiap organ tubuh memiliki fungsi penting dalam metabolism tubuh dan memerlukan jam istirahat yang cukup juga.

Jika organ tubuh tidak mengalami istirahat yang cukup maka bisa dipastikan semua fungsi tubuh akan terganggu. Tekanan darah anda akan meningkat,dan bukan tidak mungkin kinerja jantung menjadi tidak stabil.