skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Beberapa Macam Gejala Penyakit Asma

Beberapa Macam Gejala Penyakit Asma

Penyakit Asma adalah penyakit kronik saluran napas yang ditandai oleh hiperaktivitas bronkus, yaitu kepekaan saluran napas terhadap berbagai rangsangan. Asma ditandai oleh adanya penyempitan saluran napas dengan berbagai gejala mulai dari batuk-batuk, rasa berat di dada, bunyi mengi, dan sesak napas.

Penyakit asma mengenai semua umur, tetapi terbanyak ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda. Pada anak, asma dapat merupakan masalah yang serius karena gejala-gejala penyakitnya, sedangkan pada dewasa, asma dapat mengganggu segala aktivitas.

Penyakit asma juga dapat diartikan sebagai alergi yang menimbulkan gangguan di saluran pernapasan. Saluran pernapasan anak yang terserang asma akan mengerut dan tersumbat oleh lendir, sehingga anak sulit bernapas. Asma yang ditimbulkan oleh alergi dapat berawal dari udara yang tidak bersih, seperti debu rumah, sari bunga atau bulu binatang.

Asma juga dapat ditimbulkan oleh faktor keturunan yang merupakan faktor yang sangat dominan. Untungnya sebagian kecil anak yang menderita penyakit asma ini dapat sembuh ketika mereka semakin dewasa. Namun, sebagian besarnya lainnya membutuhkan pengobatan dan perawatan yang intensif.

Gejala Penyakit Asma

Serangan asma adalah episode di mana otot yang mengelilingi saluran udara dipicu untuk mengencang. Pengencangan otot napas ini disebut bronkospasme. Selama serangan itu, lapisan saluran udara menjadi bengkak atau meradang dan sel-sel yang melapisi saluran udara menghasilkan lebih banyak lendir lebih dari biasanya.

Bronkospasme, peradangan dan produksi lendir merupakan penyebab gejala asma seperti kesulitan bernapas, mengi, batuk, sesak napas, dan kesulitan melakukan aktivitas normal sehari-hari. Gejala lain dari serangan asma meliputi:

– Kesulitan berbicara,

– Perasaan cemas atau panik,

– Pernapasan Sangat cepat,

– Nyeri dada atau tekanan,

– Pucat, wajah berkeringat dingin,

– Mengi parah ketika bernapas baik ketika tarik napas maupun mengeluarkan napas,

– Batuk yang tidak akan berhenti,

– Tarikan otot bantu pernapasan seperti otot leher, otot dada, dan tulang rusuk yang tampak naik turun akibat upaya napas yang berlebih,

– Bibir biru atau kuku menjadi biru, yang dikenal dalam medis sebagai sianosis.

Komplikasi Penyakit Asma

Kambuhnya asma bervariasi pada setiap penderita, mulai dari serangan asma akut yang ringan hingga berat. Penderita asma dapat menyadari ketika sedang terjadi perburukan gejala-gejala, atau gejala tidak membaik atau hanya membaik sedikit dengan pengobatan asma yang biasa digunakan.

Pada kasus berat, seperti komplikasi asma, pasien dapat terlihat kesulitan bernapas sampai tidak dapat menyelesaikan kalimat percakapan dan dapat terlihat kebiruan. Bentuk komplikasi asma yang lain adalah ketika dilakukan pemeriksaan darah, maka dapat ditemukan penurunan kadar oksigen di dalam darah disertai peningkatan kadar karbon dioksida. Hal ini merupakan tanda awal gagal napas akut pada pasien.

Perlu dilakukan pengamanan jalan napas, dengan dilakukan intubasi, yakni memasukkan tube ke dalam saluran pernapasan dan mengambil alih kerja saluran pernapasan. Pengobatan asma dalam kasus komplikasi asma tersebut umumnya dapat dilakukan dengan agresif agar gejala segera terkendali.

Komplikasi asma yang dapat dijumpai adalah refractory asthma, yakni kondisi di mana asma tidak dapat terkontrol walaupun dengan penggunaan terapi yang maksimal. Kasus ini terjadi kurang lebih pada 5-10% pasien penderita asma.

Saat menangani pasien-pasien ini, umumnya dokter akan mencari dan mengoreksi kondisi-kondisi yang memperberat asma. Kasus asma in biasanya ada melalui dua mekanisme, yakni gejala asma yang persisten disertai fungsi paru yang buruk walaupun dengan terapi yang sesuai atau fungsi paru yang baik namun terdapat serangan atau eksaserbasi asma berat (yang mengancam nyawa).

Penyebabnya yang paling sering dijumpai adalah pengobatan yang tidak maksimal dan tidak mengikuti tata laksana pengobatan yang dianjurkan dokter. Perhatikan juga bahwa asma dapat menimbulkan komplikasi asma pada sistem pernapasan, walaupun jarang.

Komplikasi yang dapat dijumpai seperti radang paru (pneumonia), kolaps sebagian atau seluruh bagian paru, kegagalan napas akibat terlalu tingginya kadar karbon dioksida di dalam darah dan status asmatikus (sebuah kondisi di mana serangan asma berat yang tidak merespons terhadap pengobatan).

Semua kondisi ini dapat mengakibatkan kematian, terlebih bila asma terlambat ditangani. Kenali penyebab asma yang dirasakan sehingga bentuk penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

Pengobatan Penyakit Asma

Penyakit asma (Bronchial Asthma) sebenarnya tidak dapat diatasi atau disembuhkan, sebab penyakit asma bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Ada yang mengalami penyakit asma (Bronchial Asthma) sejak kecil, namun seiring bertambahnya usia maka atau semakin dewasa, asma bisa membaik dan jarang kambuh namun ada juga yang mengalami asma jangka panjang.

Tetapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asma sehingga gejala asma segera menggilang. obat asma bisa gunakan untuk menghentikan penyakit asma (Bronchial Asthma) yang sedang kambuh. selain itu ada juga alat bantu napas seperti inhaler sehingga asma akan segera berakhir.

Penting sekali untuk penderita penyakit asma (Bronchial Asthma) agar tidak sering kambuh lagi, sehingga kesehatan saluran pernapasan akan segera berakhir. Menjaga saluran pernapasan di tempat umum dengan menutupnya menggunakan masker penutup agar asap tidak terhirup secara langsung.

Pening juga menjaga kebersihan lingkungan terutama rumah agar udara selalu bersih dan asma tidak akan sering kambuh. banyak tanaman akan membuat udara segar, sehingga menanam di rumah juga bagus mencegah asma.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit Tuberkulosis,Asma, Bronkitis, legionnaire, Paru-Paru Basah, Pneomonia Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.