skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Berbahayakah Penyakit Vertigo Itu?

Berbahayakah Penyakit Vertigo Itu?

Bahaya penyakit vertigo memang harus diwaspadai walau mungkin kurang disadari. Seperti yang mungkin sudah anda sering dengar, penyakit vertigo merupakan salah satu penyakit sakit kepala yang sangat membahayakan.

Vertigo merupakan sakit kepala yang banyak menyerang manusia di usia dewasa hingga lanjut usia. Penyakit vertigo memiliki gejala yang berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, bahkan rasa nyeri yang ditimbulkan pun lebih parah dirasakan oleh penderitanya.

Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai penyakit vertigo dan bahaya vertigo bagi penderitanya, maka menjadi penting untuk diketahui apa sajakah penyebab dari vertigo dapat menyerang manusia. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa penyebab dari bahaya vertigo tersebut.

Bahaya Penyakit Vertigo

Berikut ini bahaya penyakit vertigo yang harus diketahui, sebagai berikut:

  1. Menyebabkan Sulit Beraktivitas

Bahaya vertigo yang pertama adalah akibat gejala-gejala yang ditimbulkannya, penderita vertigo akan kesulitan beraktivitas. Seperti yang diketahui penderita vertigo akan mengalami gangguan mobilitas, gangguan pendengaran, dan bahkan gangguan penglihatan.

Hal-hal ini dapat membatasi aktivitas penderita vertigo. Jika seseorang yang menderita vertigo tetap melanjutkan aktivitasnya seperti dalam keadaan normal dan sehat, maka pingsan atau hilang kesadaran tiba-tiba dapat mengancam penderita itu sendiri. Jadi, salah satu bahaya dari vertigo ini harus benar-benar dihindari.

  1. Menyebabkan Kebutaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, vertigo merupakan sakit kepala yang dapat mempengaruhi hingga ke saraf-saraf penglihatan. Itulah mengapa jika vertigo kambuh, maka akan terjadi banyak gangguan penglihatan seperti bayangan kabur atau bayangan bergerak.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan pada saraf penglihatan ini dapat mendatangkan bahaya yang lebih besar. Bahaya tersebut berkaitan dengan terancamnya penderita vertigo mengalami kebutaan. Itulah sebabnya, mengapa bahaya vertigo yang harus diwaspadai oleh penderita vertigo selanjutnya adalah terjadinya kebutaan.

  1. Menyebabkan Kehilangan Pendengaran

Vertigo juga diketahui sangat erat kaitannya dengan kesehatan dari saraf-saraf pendengaran dan telinga. Telinga yang mengalami gangguan di bagian dalamnya baik berupa infeksi atau lainnya, dapat menyebabkan kehilangan pendengaran secara permanen.

Oleh sebab itu, penderita vertigo sangat disarankan untuk dapat mewaspadai bahaya yang satu ini. Jika vertigo tidak diatasi dengan tepat, saraf pendengaran dapat rusak total dan menimbulkan tuli pada penderitanya.

Jadi, lindungilah kesehatan pendengaran anda dengan melakukan penanggulangan yang tepat dan cepat ketika vertigo anda kambuh.

  1. Menyebabkan Munculnya Penyakit Lain

Bahaya dari penyakit vertigo selanjutnya berkaitan dengan menjadi cikal bakalnya penyakit lain yang lebih berbahaya bagi penderita vertigo. Seperti diketahui, penyakit vertigo erat kaitannya dengan saraf-saraf pada kepala, telinga, dan mata.

Oleh sebab itu, penyakit vertigo dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya yang berkaitan dengan organ-organ tersebut. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat dipicu oleh vertigo adalah tumor otak. Sakit kepala akibat vertigo yang sering anda alami ternyata dapat merupakan tanda perkembangan tumor otak yang sedang menyerang anda.

  1. Menghilangkan Nyawa Penderitanya

Satu lagi bahaya vertigo yang paling anda harus waspadai adalah kemampuannya menghilangkan nyawa penderitanya. Walau hanya sakit kepala, ternyata vertigo yang kambuh secara tiba-tiba dapat membawa penderitanya pada ambang kematian.

Misalnya saja, ketika penderita vertigo sedang ada di jalan raya dan vertigo menyerangnya lalu menyebabkan ia kehilangan kesadaran. Tanpa disadari penderita vertigo dapat kehilangan nyawanya akibat dari kecelakaan dan faktor eksternal lainnya. Jadi, lindungilah tubuh anda dari bahaya bahaya penyakit vertigo yang telah disebutkan sebelumnya.