skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Ada Buah Untuk Penyembuhan Penyakit Diare?

Apakah Ada Buah Untuk Penyembuhan Penyakit Diare?

Penyakit Diare merupakan penyakit yang sangat umum dijumpai di sekitar kita. Penyakit ini dapat menyerang baik anak-anak maupun dewasa. Angka kejadian tertinggi ditemukan pada anak usia di bawah 2 tahun, di mana pada kelompok usia tersebut virus adalah penyebab tersering diare.

Diare didefinisikan sebagai suatu keadaan bertambahnya frekuensi dan keenceran buang air besar. Frekuensi buang air besar yang dianggap normal adalah 1-3 kali per hari dan banyaknya 200-250 gram sehari. Jika melebihi jumlah tersebut, maka seseorang sudah dapat dikatakan mengalami diare.

Pada dasarnya penyebab diare ini dapat terjadi disebabkan dari makan dan minuman yang kita konsumsi akan di proses dilambung, usus dua belas jari dan juga usus kecil bagian pangkal oleh asam lambung. Serta enzym yang dibuat oleh pankreas dan cairan empedu juga ikut membantu memproses makanan tersebut.

Kemudian bahan gizi dan cairan yang telah selesai di proses akan langsung diserap oleh usus kecil dan usus besar sehingga bentuk tinja anda makin lama akan makin padat. Penyakit diare tersebut terjadi apabila ada gangguan di saluran pencernaan.

Hal tersebut dapat terjadi akibat dari reaksi cairan yang berlebihan, gangguan penyerapan atau juga diakibatkan karena gerakan usus yang terlalu cepat sehingga waktu penyerapan cairan ini mengalami gangguan.

Gejala Penyakit Diare

Beberapa gejala dari penyakit diare yaitu:

  1. Rasa sakit dan perih pada perut atau lambung

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Karena itu sudah pasti salah satu gejala awal yang dapat dirasakan muncul ketika terserang diare adalah rasa sakit dan perih pada bagian perut.

Ini merupakan gejala yang mirip dengan asam lambung atau maag,. Maka dari itu, jangan langsung mendiagnosa diri dengan diare, namun perhatikan juga gejala-gejala lainnya yang muncul bersamaan dengan rasa sakit dan perih ini.

  1. Rasa mulas yang sering terjadi

Rasa sakit dan perih yang sudah muncul akan berlanjut menjadi rasa mulas yang sering terjadi dan berlebihan. Namun demikian, biasanya ketika mulas ada saat dimana anda tidak dapat buang air besar dan tertahan.

  1. Buang air besar terus menerus

Salah satu gejala diare paling utama adalah frekuensi buang air besar yang meningkat dan terjadi terus menerus. Apabila orang normal memiliki frekuensi buang air besar 1 – 2 kali dalam sehari, maka penderita diare akan mengalami sakit perut dan buang air besar dengan frekensi lebih dari 3 kali dalam sehari atau 24 jam.

  1. Kondisi feses yang encer dan lembek

Biasanya ketika melakukan buang air besar, pada orang normal kondisi feses yang dibuang akan berbentuk padat dan tidak lembek. Pada penderita diare, kondisi feses yang keluar ketika buang air besar adalah encer dan lembek.

Sangat jauh berbeda dengan kondisi feses pada orang normal yang tidak mengalami diare. Hal ini disebabkan oleh kondisi lambung dan usus besar yang mencerna makanan bersamaan dengan cairan, sehingga memberikan efek feses yang lebih cair dan encer dari biasanya.

Buah Untuk Penyembuhan Penyakit Diare

Beberapa buah berikut ini dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit diare:

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk organik tanpa ada pestisida dapat dipakai untuk menangani diare. Langkahnya yaitu dengan merebus kulit jeruk yang sudah dibikin bersih lalu meminum air rebusannya. Dapat ditambahkan dengan madu bila kamu ingin.

  1. Jambu

Jamu biji atau yang lebih di kenal dengan jambu klutuk berguna untuk menangani diare. Hal semacam itu karena rasa sepat pada jambu kluthuk dapat kurangi jumlah cairan dalam feses penderita diare. Makanlah jambu klutuk yang telah bersih. Mengkonsumsi jambu minimum tiga kali dalam sehari.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini