skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Berolahraga Pasien Penyakit Gagal Ginjal Kronis!

Cara Berolahraga Pasien Penyakit Gagal Ginjal Kronis!

Olahraga sangat penting untuk orang dengan penyakit ginjal kronis karena begitu fungsi ginjal menurun, itu dapat mempengaruhi otot dan tulang Anda. Orang dengan gagal ginjal sering lebih bergantung pada keluarga dan teman. Selain itu, mereka juga berisiko terkena penyakit jantung. Namun, dengan berolahraga secara teratur, Anda akan mengendalikan banyak masalah kesehatan umum yang terjadi dengan penyakit ginjal.

Haruskah Anda berolahraga ketika terkena gagal ginjal?

Pertama-tama, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang memulai program olahraga atau melanjutkan program yang Anda lakukan pada tahap awal penyakit ginjal baru Anda. Jika Anda tidak berolahraga dan kondisi fisik Anda tidak mencegah Anda dari berolahraga, dokter Anda dapat merekomendasikan memulai dan melatih Anda dengan program latihan yang sesuai dengan kesehatan fisik Anda.

Apa manfaat olahraga bagi Anda?

Olahraga dapat membantu Anda dalam berbagai cara. Jika Anda kelebihan berat badan dan dokter Anda menyarankan untuk mengurangi berat badan, olahraga adalah cara yang bagus untuk membakar lemak. Latihan juga memperkuat otot serta otot jantung. Selain manfaat fisik, olahraga juga dapat mengurangi depresi, kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Olahraga apa yang harus Anda ambil?

Pilih aktivitas yang berkelanjutan seperti berjalan, berenang, bersepeda (dalam atau luar ruangan), ski, aerobik, atau aktivitas lain di mana Anda dapat menggunakan kelompok otot besar yang berkelanjutan. Selain itu, latihan tingkat rendah meningkatkan hasil. Anda harus merencanakan kombinasi latihan berat dan ringan, dan hindari mengangkat benda berat.

Namun, pertama-tama, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda. Mereka akan tahu rencana mana yang cocok untuk Anda berdasarkan situasi dan sejarah Anda saat ini. Jika Anda belum pernah mencoba olahraga sebelumnya, dokter akan memandu Anda untuk memulai dengan perlahan dan mudah.

Berikut beberapa ide yang mungkin berguna:

  • Jangan berolahraga dalam waktu 1 jam setelah makan besar;
  • Hindari iklim panas hari ini;
  • Pagi atau sore adalah waktu terbaik untuk berolahraga;
  • Sebelum tidur, jangan berolahraga.
  • Ketika sakit, istirahat yang cukup itu penting, tetapi olahraga dapat membantu memperbaiki kondisi ginjal Anda, terutama jika Anda berada di tahap awal. Terkadang, berolahraga dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak energi. Orang sering memulai program pelatihan dan menemukan bahwa kegiatan mereka sebelumnya menjadi kurang melelahkan. Ini berkat otot-otot mereka yang mulai terbiasa dengan aktivitas.

Jika Anda berolahraga, dapatkah Anda minum lebih banyak air?

Jika Anda berolahraga dan berkeringat banyak, Anda perlu mengganti air yang hilang. Ini tergantung pada kondisi ginjal Anda.

Beritahu ahli gizi ginjal Anda tentang program latihan Anda sehingga mereka dapat memperkirakan output urin Anda. Jika Anda akan buang air kecil dan berkeringat lebih banyak, ahli diet Anda mungkin akan meminta untuk meningkatkan asupan air Anda. Jika Anda tidak buang air kecil, volume air Anda akan didefinisikan ulang. Anda harus berbicara dengan ahli gizi ginjal Anda sebelum membuat perubahan pada asupan air Anda sehingga mereka dapat datang dengan angka pasti yang tepat untuk Anda. Mungkin perlu waktu untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, tetapi jika Anda memberikan data yang akurat kepada ahli diet, mereka akan menentukan jumlah air yang optimal untuk tubuh Anda.

Bisakah Anda makan makanan yang membatasi Anda jika Anda berolahraga?

Jawabannya tidak. Berolah raga bukan berarti Anda memiliki hak untuk mengonsumsi makanan yang tidak dalam diet. Diet dan olahraga harus dikoordinasikan bersama. Jika Anda mendambakan setelah Anda memulai program latihan, bicaralah dengan ahli gizi ginjal Anda. Mereka akan menemukan cara untuk memastikan kalori untuk Anda.

Anda harus membatasi makanan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda dan dapat menyebabkan masalah jika Anda menjalani dialisis. Selalu tanyakan kepada dokter Anda dan ahli gizi ginjal tentang makan makanan yang tidak diresepkan dalam diet ginjal penyakit awal dan akhir. Mereka dapat memberi tahu Anda tipe apa yang diizinkan. Banyak makanan terbatas terbatas karena mengandung banyak natrium, fosfor, kalium, lemak atau gula. Pertama, diskusikan dengan ahli gizi ginjal Anda tentang makanan apa pun yang ingin Anda tambahkan ke diet Anda.

Singkatnya, tidak peduli tahap apa penyakit ginjal Anda, olahraga penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda memulai latihan rutin dan berbicara dengan ahli diet Anda untuk mendapatkan diet dan olahraga yang tepat.