skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Ginjal Polikistik Dan Cara Mengobatinya

Gejala Penyakit Ginjal Polikistik Dan Cara Mengobatinya

Penyakit ginjal polikistik atau kista ginjal adalah kantong berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini sebagian besar dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun. Kista pada ginjal dapat muncul sebagai kelainan bawaan dari lahir, misalnya pada penyakit ginjal polikistik.

Separuh penderita penyakit progresif ini mengalami gagal ginjal, sehingga memerlukan cuci darah atau tranplantasi ginjal pada usia 60 tahun. Kista ginjal yang umum terjadi adalah kista ginjal sederhana. Kista ini merupakan kista jinak dan tidak berkembang menjadi kanker, serta jarang menyebabkan komplikasi.

Keberadaan kista ginjal dapat terdeteksi melalui tes pemindaian dan umumnya tidak membutuhkan pengobatan. Meski demikian, ukuran kista ginjal sederhana dapat bertambah besar hingga dua kali lipat dalam waktu sepuluh tahun. Penanganan kista ginjal sederhana harus dilakukan apabila menimbulkan gejala yang dapat mengganggu fungsi ginjal.

Penyebab Kista Ginjal

Berbeda dengan penyakit ginjal polikistik yang disebabkan oleh faktor keturunan, penyebab kista ginjal sederhana masih belum dipahami sepenuhnya. Namun, diduga kantong ginjal ini terbentuk ketika lapisan permukaan ginjal mulai melemah, dan membentuk kantong (divertikulum).

Kantong tersebut kemudian terisi cairan, terlepas dan menjadi kista. Kondisi ini umumnya terjadi seiring pertambahan usia. Pria yang berusia lebih dari 50 tahun lebih berisiko untuk terkena kista ginjal sederhana.

Gejala Penyakit Ginjal Polikistik

Beberapa gejala yang biasanya muncul pada penyakit ginjal polikistik adalah:

– Gagal ginjal.

– Kelelahan.

– Kulit menjadi mudah memar.

– Membesarnya ukuran perut.

– Nyeri pada persendian.

– Nyeri pada tubuh bagian samping dan belakang.

– Sakit kepala.

– Sering buang air kecil.

– Terbentuknya batu ginjal.

– Urine mengandung darah.

– Warna kulit menjadi pucat.

– Ketidaknormalan pada kuku.

– Infeksi saluran kemih atau ginjal.

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Polikistik

Sampai saat ini belum ada obat maupun perlakuan yang dapat menyembuhkan penyakit ini . Namun para ahli berusaha untuk meringankan dan menghambat pertumbuhan kista ini. Pada umumnya ada 2 langkah yang biasa dilakukan untuk meringankanb penyakit ginjal polikistik yaitu:

  1. Pengangkatan kista: Cairan yang ada didalam kista terlebih dahulu dikeringkan setelah itu dinding ginjal yang ada dalam kistaakan diangkat melalui pemotongan atau dibakar.
  2. Pengeringan dan pengisian kista: Cairan didalam kista akan dikeringkan dengan cara memasukan jarum yang panjang berdiameter kecil ke dalam kista melalui kulit tubuh hingga menembus ginjal dan kista. Setelah kista kering maka akan diisi lagi oleh larutan seperti larutan alcohol agar kista tidak berkembang.

Bagi para orangtua yang memiliki riwayat PKD maka alangkah baiknya untuk segera memeriksakan apakah anak anda menuruni penyakit ini. Dengan risiko sebesar 25 % bagi penderita ARPKD dan 50 % bagi penderita ADPKD maka penyakit in sangat mungkin untuk menyerang keturunan.

Meskipun sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, namun ada beberapa cara agar kista tidak berkembang dan menyerang organ organ lain yang dapat menyebaban penyakit kompilasi.

Pencegahan Penyakit Ginjal Polikistik

Jika Anda memiliki penyakit ginjal polikistik dan Anda mempertimbangkan memiliki anak, seorang konselor genetik dapat membantu Anda menilai risiko melewatkan penyakit kepada keturunanmu.

Menjaga ginjal sehat mungkin dapat membantu mencegah beberapa komplikasi dari penyakit ini. Salah satu cara yang paling penting Anda dapat melindungi ginjal Anda adalah dengan mengelola tekanan darah Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tekanan darah Anda:

– Berhenti Merokok, jika Anda seorang perokok.

– Berolahraga secara teratur. Bertujuan untuk minimal 30 menit aktivitas fisik yang moderat beberapa hari dalam seminggu.

– Makan diet garam rendah yang mengandung banyak buah-buahan, sayuran dan gandum utuh.

– Mempertahankan berat badan yang sehat. Tanyakan kepada dokter berat badan yang tepa untuk Anda.

– Mengambil obat tekanan darah sesuai yang diresepkan oleh dokter Anda seperti yang diarahkan.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.