skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Menyembuhkan Penyakit Vertigo Gimana?

Cara Menyembuhkan Penyakit Vertigo Gimana?

Pernahkan anda mengalami pusing tujuh keliling seperti keadaan lingkungan disekitar anda berputar putar? Rasa berputar itupun disertai dengan rasa sakit kepala yang teramat sakit dan sering kambuh terjadi berulang kali, meskipun anda sudah mencoba untuk mengkonsumsi obat sakit kepala namun rasa berputar tak kunjung reda. Itu lah yang dinamakan penyakit vertigo.

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami penyakit ini, dan dapat dibilang penyakit vertigo ini sulit di obati. Penyakit vertigo membuat sipenderitanya merasakan sakit kepala yang teramat sakit sehingga tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Perasaan tidak nyaman seperti ini tentunya sangat ingin dihilangkan oleh penderita vertigo.

Gejala vertigo yang akan di rasakan yaitu akan menyebabkan kepala terasa berputar putar dan terasa tidak nyaman. Karena rasa berputar seperti yang parah akan membuat seseorang yang menderitanya akan kehilangan keseimbangan sehingga apabila sedang berjalan bisa terjatuh.

Mual dan muntah juga akan dialami juga oleh penderita penyakit vertigo karena di sebabkan oleh rasa berputar putar yang bisa sangat parah terasa.

Apabila penyakit vertigo yang dialami cukup lama, gejalanya bisa saja akan membuat suhu tubuh meningkat atau menyebabkan demam. Sakit pada telinga atau telinga yang berdengung juga akan dialami ketika penyakit vertigo sedang kambuh atau sedang dialami.

Cara Menyembuhkan Penyakit Vertigo

Ada penderita vertigo yang dapat pulih sendiri tanpa harus minum obat, seperti pada kasus vertigo yang disebabkan oleh infeksi telinga (misalnya vestibular neuronitis). Namun, ada juga yang mengalami gejala vertigo berulang selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, misalnya pada kasus penyakit Meniere.

Terdapat jenis-jenis pengobatan spesifik untuk mengatasi masing-masing penyebab vertigo. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna menentukan perawatan terbaik bagi gejala yang dialami. Berikut dijabarkan saran-saran yang mungkin diberikan oleh dokter anda berdasarkan penyebabnya:

  1. Vestibular Neuronitis

Karena disebabkan oleh infeksi virus, maka gejala vertigo biasanya akan membaik dalam beberapa minggu tanpa perlu pengobatan. Dokter biasanya menyarankan untuk terus berbaring di kasur apabila gejalanya cukup parah. Ia juga mungkin akan meminta anda menghindari berbagai pemicu vertigo, misalnya minum alkohol dan kelelahan.

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Sampai gejalanya menghilang, anda disarankan untuk bangun tidur secara perlahan serta tidak mendongakkan kepala ke atas.

  1. Penyakit Meniere

Di samping meminum obat yang mungkin diresepkan dokter, anda juga disarankan untuk menjalankan diet rendah garam.

  1. Migrain

Jika mengalami migrain, anda boleh jadi hanya butuh istirahat di rumah dan melakukan perawatan sendiri. Ada beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter guna mengobati migrain. Tanyakanlah pada dokter mana yang cocok bagi anda.

Tips Perawatan di Rumah

Dokter yang menangani anda biasanya menyarankan hal-hal untuk perwatan dirumah sebagai berikut:

  • Jangan berolah raga selama serangan, menganggap diri masih cukup kuat untuk melakukan aktifitas tersebut adalah sebuah kesalahan.
  • Menggerakkan kepala dengan hati-hati dan perlahan-lahan selama melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Tidur dengan kepala sedikit ditinggikan, berlasakan dua atau lebih bantal.
  • Jangan membungkuk saat mengambil benda-benda yang ada di bawah.
  • Bangunlah secara perlahan ketika bangun tidur dan duduk terlebih dahulu selama satu menit atau lebih sebelum berdiri.
  • Melakukan latihan secara bertahap terhadap geakan-gerakan tubuh yang biasanya memicu vertigo, dengan cara ini diharapkan otak anda terbiasa untuk itu dan bisa mengurangi gejala vertigo untuk selanjutnya (lakukan hal ini hanya jika setelah dipastikan bahwa anda tidak akan jatuh, dan memiliki pendamping jika diperlukan).