skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Pencegahan Penyakit Hati

Cara Pencegahan Penyakit Hati

Hati merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Hati ini salah satu organ vital bagi manusia, sama pentingnya dengan jantung, paru- paru, lambung, dan lain sebagainya. Hati mempunyai berbagai fungsi bagi tubuh manusia.

Fungsi- fungsi hati antara lain: memproduksi empedu, menyimpan glukosa ekstra atau gula yang ada di dalam tubuh menjadi glikogen yang tersimpan di dalam sel- sel hati dan kemudian mengubahnya kembali menjadi glukosa pada saat dibutuhkan untuk energi, berproses dalam pembekuan darah, memproduksi asam amino, mengolah dan menyimpan zat besi, memproduksi hormon kolesterol, mengonversi produk limbah metabolisme tubuh menjadi urea yang diekskresikan di dalam urin.

Hati merupakan organ vital yang dimiliki oleh tubuh manusia, yang keberadaannya tidak selalu dalam kondisi baik. Tidak menutup kemungkinan bahwa organ ini mengalami kerusakan. Kerusakan pada organ hati ini terjadi karena beberapa faktor.

Penyebab penyakit liver

Berikut Hal yang mungkin menjadi penyebab Penyakit Liver:

  1. Terjadinya infeksi

Infeksi menjadi penyebab utama dari penyakit liver. Virus yang menjangkiti menyebabkan penyakit liver. Virus hepatitis terbagi 5 jenis yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E.

Hepatitis A adalah jenis virus yang penularannya didapatkan melalui makanan. Sehingga mencegahnya dengan cara menghindari mengkonsumsi makanan di yang tidak bersih dan tidak sehat. Virus ini juga menjadi penyebab penyakit kuning.

Adapun Hepatitis B dan C menginfeksi tubuh manusia melalui darah ataupun cairan tubuh. Resiko tinggi virus menjangkiti tubuh karena aktivitas penggunaan obat terlarang menggunakan jarum suntik, perilaku buruk seksual, yang menyebabkan tingginya tingkat penularan virus jenis ini.

Infeksi virus Hepatitis B atau C yang sulit ditangani, jika kondisi penyakit liver sudah masuk stadium akhir.

  1. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Seseorang juga dapat terkena penyakit liver karena terjadinya kelainan pada sistem kekebalan tubuh, akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi seperti ini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit liver.

  1. Penyakit Liver Karena Kanker

Kanker dapat menjadi sebab rusaknya organ hati atau liver, keganasan penyakit kanker ini mengakibatkan menurunnya fungsi hati, yang secara umum beresiko membahayakan seluruh anggota tubuh.

Beberapa jenis penyakit liver yang terjadinya karena dipicu penyakit kanker yaitu: kanker hati, kanker saluran empedu dan hati adenoma.

Penyakit-penyakit ini dapat menyerang kapan saja dalam keadaan yang tidak terduga. Oleh sebab itu, sebelum semuanya terjadi, ada baiknya Anda menerapkan beberapa cara mencegah penyakit liver berikut ini.

  1. Membatasi cairan sodium

Perlu diketahui, cairan sodium mampu meningkatkan resistensi cairan serta menimbulkan pembengkakan jika dikonsumsi secara berlebih. Ketika Anda sudah berada di titik dimana liver mulai terserang penyakit, biasanya kemampuan darah untuk mempertahankan cairan akan berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh sistesis protein yang menurun di dalam hati.

Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan sodium, garam atau natrium yang tinggi, diantaranya adalah sup atau sayuran dalam kaleng, daging olahan, bumbu tertentu, keju dan makanan ringan.

  1. Hindari lemak jenuh

Biasanya penyakit hati hadir bersamaan dengan turunnya berat badan. Selain itu, penyakit liver juga bisa saja menyebabkan fungsi empedu menjadi menurun. Ketika empedu memiliki kinerja yang melemah, maka tubuh akan sulit untuk menyerap lemak. Secara bersamaan, tubuh membutuhkan sedikit lemak sebagai cadangan energi.

Oleh sebab itu, pasien penyakit liver biasanya akan diberi asupan lemak. Namun perlu diingat bahwa lemak disini adalah lemak sehat, seperti minyak canola, minyak zaitun dan alpukat. Anda harus tetap berusaha untuk menghindari lemak jenuh serta trans lemak.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia dan salah satunya adalah kemampuan untuk mengaktifkan enzim di dalam hati yang nantinya berguna utuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa selenium dan allicin yang mampu membantu pembersihan hati.

  1. Jeruk bali

Memiliki kadar antioksidan dan vitamin C yang tinggi, jeruk bali sangat cocok digunakan sebagai cara mencegah penyakit liver. Dua kandungan senyawa tersebut diteliti mampu membersihkan hati secara alami. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air jeruk bali dan tubuh akan meningkatkan jumlah produksinya akan enzim detoksifikasi, sehingga proses flush atau pengeluaran racun serta karsinogen akan semakin meningkat.

  1. Wortel

Wortel mengandung senyawa beta-karoten serta flavonoid yang mampu membantu tubuh merangsang serta meningkatkan fungsi liver secara keseluruhan.

  1. Sayuran hijau

Teman terbaik untuk Anda yang mampu menjaga kesehatan liver dari berbagai penyakit adalah sayuran berdaun hijau. Anda bisa mengolahnya menjadi jus, mengonsumsinya dalam keadaan masih mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Kandungan klorofil yang tinggi pada sayuran mampu menghisap racun di dalam aliran darah. Secara bersamaan, sayuran hijau mampu menetralisir logam berat, pestisida serta bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga fungsi hati akan semakin kuat.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.