skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Pengobatan Hepatitis A

Cara Pengobatan Hepatitis A

Hepatitis A adalah suatu jenis peradangan atau inflamasi pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis tipe A. Secara umum, virus hepatitis yang sudah diketahui ada 5 macam, yaitu tipe A, B, C, D, dan E.

Infeksi virus Hepatitis banyak terjadi pada negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Angka kejadian Hepatitis A meningkat pada lingkungan yang tidak memiliki sumber air bersih, sanitasi yang buruk, dan perilaku hidup yang tidak higienis (jarang cuci tangan, mencuci peralatan dapur dengan air tercemar, dan sebagainya). Penularan Hepatitis A juga dapat terjadi melalui hubungan seksual dengan penderita atau berpergian ke daerah endemis tanpa divaksinasi sebelumnya, serta dapat juga ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitanya.

Virus hepatitis A dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh virus atau melalui kontak langsung dengan penderita. Gejala dari hepatitis A mulai muncul antara 15-50 hari setelah virus pertama kali masuk ke dalam tubuh, di mana rata-rata gejala mulai muncul antara 25-30 hari.

Berat atau ringannya gejala yang diderita bergantung pada umur dari penderita. Sekitar 70% dari anak-anak berusia di bawah 6 tahun yang terinfenksi oleh virus hepatitis A tidak mengalami gejala apapun, dan 30% lainnya hanya menderita gejala ringan. Sedangkan pada orang dewasa, sekitar 70% dari penderita mengeluhkan adanya gejala dan terkadang dapat menjadi berat.

Di dalam tubuh, virus lalu akan berkembang dan bertambah banyak di dalam sel hati dan dalam saluran pencernaan. Setelah itu, virus akan masuk ke dalam saluran empedu dan akan dikeluarkan bersama dengan tinja. Hal tersebut menyebabkan virus dapat ditemukan di dalam tinja, terutama sekitar 2 minggu sebelum munculnya gejala.

Pengobatan untuk Hepatitis A

Orang yang terkena penyakit hepatitis A sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Jika sistem kekebalan tubuh baik maka tubuh memiliki kemampuan untuk membuh virus hepatitis A. Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan hepatitis A adalah selama enam bulan dan lebih dari itu jika ada kerusakan hati yang lebih parah. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk hepatitis A hanya untuk menghilangkan gejala yang muncul dan meningkatkan sistem kekebalan.

Berikut ini metode pengobatan yang bisa dilakukan.

  1. Menjaga Asupan Gizi

Orang yang terkena hepatitis A harus menjaga keseimbangan gizi sehari-hari. Berbagai jenis makanan yang sangat disarankan adalah seperti:

– Makanan yang mengandung kalori tinggi

– Makanan yang mengandung protein super tinggi

– Makanan yang mengandung zat besi super tinggi

– Makanan yang mengandung asam folat super tinggi

– Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

– Makanan yang mengandung omega 3 tinggi

– Buah yang mengandung kalsium tinggi

– Minum Obat Atas Petunjuk Dokter

Orang yang terkena hepatitis A harus menjaga fungsi hati salah satunya adalah menjauhi semua jenis obat-obatan bebas. Obat yang diminum untuk mengatasi berbagai gejala sebaiknya hanya berdasarkan anjuran dari dokter. Ketika tubuh menerima banyak obat maka bisa menyebabkan gangguan fungsi hati. Jadi hindari minum obat yang bebas seperi obat warung.

  1. Tetap Makan Secara Teratur

Orang yang terkena hepatitis maka biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi terlihat kurus dan sulit untuk melakukan aktifitas. Selain itu kurang nafsu makan juga bisa menyebabkan mual berlebihan.

Untuk mengatasi rasa mual dan tidak nafsu makan maka usahakan untuk tetap termasuk makan camilan. Camilan yang ringan akan membantu organ pencernaan mendapatkan makanan. Sebaiknya camilan yang lebih berat atau mengandung kalori yang tinggi seperti kue.

  1. Istirahat

Orang yang sudah positif terkena hepatitis A maka lebih baik untuk banyak istirahat. Salah satu gejala hepatitis A yaitu perasaan yang sangat lelah dan tubuh yang lemah. Untuk menjaga kondisi agar tidak semakin memburuk maka sebaiknya istirahat.

Menghabiskan banyak waktu di tempat tidur lebih baik daripada berjalan-jalan. Meskipun Anda tidak tidur maka bisa membaca atau sekedar mendengarkan musik dari atas tempat tidur. Tubuh sebaiknya tidak terlalu banyak bergerak untuk menghemat tenaga dan menjaga fungsi hati.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.