skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Pengobatan Penyakit Thypoid!

Cara Pengobatan Penyakit Thypoid!

Demam thypoid adalah suatu penyakit infeksi sistemik bersifat akut yang disebabkan oleh Salmonella typhi. Penyakit ini ditandai oleh panas berkepanjangan,ditopang dengan bakteremia tanpa keterlibatan struktur endotelial atau endokardial dan invasi bakteri sekaligus multiplikasi ke dalam sel fagosit mononuklear dari limpa, kelenjar limfe usus dan Peyer’s patch.

Komplikasi yang sering dijumpai pada penderita penyakit demam tifoid adalah perdarahan usus karena perforasi, infeksi kantong empedu (kolesistitis), dan hepatitis. Gangguan otak (ensefalopati) kadang ditemukan juga pada penderita penyakit typhoid ini.

Pengobatan Penyakit Thypoid

Demam tifoid biasanya dapat berhasil diobati dengan pengobatan antibiotik. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini dapat diobati di rumah, tapi rumah sakit mungkin diperlukan jika kondisinya parah.

Perawatan di rumah

Jika demam tifoid didiagnosis pada tahap awal, sederet tablet antibiotik dapat diresepkan untuk anda. Kebanyakan orang perlu mengkonsumsi ini selama 7-14 hari.

Beberapa strain bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan demam tifoid telah resistensi terhadap satu atau lebih jenis antibiotik. Ini menjadi masalah khususnya peningkatan dalam infeksi tifoid yang berasal di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, setiap darah, tinja atau urin sampel yang diambil selama diagnosis, biasanya akan diuji di laboratorium sehingga anda dapat diobati dengan antibiotik yang tepat. Gejala seharusnya mulai membaik dalam 2-3 hari minum antibiotik, tapi sangat penting bahwa anda menyelesaikan seluruh pengobatan untuk membantu memastikan bakteri benar-benar dikeluarkan dari tubuh anda.

Pastikan bahwa anda beristirahat, minum banyak cairan dan makan makanan biasa. anda mungkin dapat mentolerir makan kecil, makan lebih sering daripada tiga kali makan besar dalam sehari. Anda juga harus berhati-hati dalam kebersihan personal, seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air hangat, untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi kepada orang lain.

Hubungi dokter sesegera mungkin jika gejala bertambah buruk atau jika anda terkena gejala baru saat dirawat di rumah. Dalam beberapa kasus gejala ringan atau infeksi bisa kambuh. Hal ini dikenal sebagai relaps.

Kebanyakan orang yang dirawat karena demam tifoid dapat kembali bekerja atau sekolah segera setelah mereka mulai merasa lebih baik. Pengecualian untuk ini adalah orang-orang yang bekerja dengan makanan dan orang yang rentan terhadap penyakit seperti anak-anak di bawah 5 tahun, orang tua dan orang-orang dalam kesehatan yang buruk.

Dalam kasus ini, anda hanya dapat kembali bekerja setelah tes pada tiga sampel tinja diambil pada interval mingguan telah menunjukkan bahwa bakteri tidak lagi ada.

Perawatan rumah sakit

Pengobatan penyakit demam tofid di rumah sakit biasanya dianjurkan jika anda memiliki gejala yang parah, seperti muntah terus menerus, diare berat atau perut bengkak. Sebagai tindakan pencegahan, anak-anak yang mengalami demam tifoid juga dapat dirawat di rumah sakit.

Di rumah sakit, anda akan diberikan suntikan antibiotik dan anda juga dapat diberikan cairan dan nutrisi langsung ke pembuluh darah (melalui infus).

Jika penyakit ini berkembang ke arah yang lebih serius (komplikasi) seperti perdarahan internal atau bagian dari sistem pencernaan anda, pembedahan mungkin diperlukan. Namun, hal ini sangat jarang terjadi pada orang yang diobati dengan antibiotik.

Kebanyakan orang merespon dengan baik untuk perawatan rumah sakit, dan membaik dalam waktu tiga sampai lima hari. Namun, mungkin beberapa minggu sampai anda cukup sehat untuk bisa pulang atau meninggalkan rumah sakit.