skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri-Ciri Penyakit Liver

Ciri-Ciri Penyakit Liver

Sangat giat beraktifitas terkadang tanpa sadar sudah membuat liver (hati) bekerja terlalu keras, yang melebihi kapasitas kinerja dari yang seharusnya.

Liver (hati) adalah organ yang memiliki fungsi paling penting, yaitu untuk membuang racun dari dalam tubuh, membentuk antibodi tubuh untuk pertahanan dari serangan penyakit, tubuh, dan membantu proses metabolisme tubuh.

Untuk itu, sangatlah penting menjaga kesehatan hati. Termasuk menjaga kesehatan hati yaitu mengetahui penyebab, gejala-gejala dan cara mencegah penyakit liver.

Organ hati juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Sehingga, saat organ hati mengalami masalah, mengakibatkan sistem pencernaan serta fungsi membersihkan racun tidak bekerja optimal.

Ada cukup banyak hal yang dapat menjadi penyebab penyakit liver, hal-hal yang berkembang di masyarakat memunculkan mitos, beberapa mitos tidak sepenuhnya salah, hanya perlu diluruskan agar lebih jelas.

Beberapa anggapan yang berkembang di masyarakat yaitu:

  1. Kurangnya istirahat, penyebab ini tidak sepenuhnya tepat. Keadaan tubuh yang kurang istirahat memang tidak baik, tetapi hal ini tidak langsung menyebabkan penyakit liver. Hanya saja, kurang istirahat menyebabkan tubuh tidak fit, yang meningkatkan risiko terkena penyakit.
  2. Konsumsi obat yang terlalu banyak dan lama, hal ini benar, dengan syarat jika mengkonsumsi obat di luar anjuran dokter, yang menyebabkan resiko mengkonsumsi obat yang salah, obat terlalu keras, ataupun jumlah dan jangka waktunya konsumsi obat yang melebihi batas yang diperbolehkan.
  3. Mengkonsumsi parasetamol, hal ini juga ada benarnya, keseringan konsumsi parasetamol pada dasarnya tidak menjadi penyebab penyakit liver, tetapi jika konsumsi jumlah yang besar (berlebihan) dalam sehari, bisa menyebabkan penyakit liver.

Gejala awal (ciri-ciri) penyakit liver:

  • Perut cenderung berubah menjadi lebih buncit, hal ini karena tejadinya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  • Sering nyeri pada area perut, bahkan terkadang sampai bengkak
  • Tubuh terlalu mudah dan lelah (yang tidak wajar)
  • Timbul rasa mual dan muntah
  • Terjadi perubahan warna kulit dan mata menjadi warna agak kekuning-kuningan. Inilah yang sering disebut oleh masyarakat sebagai penyakit kuning
  • Air seni berubah warna menjadi kuning gelap
  • Terjadi perubahan pada bentuk kuku menjadi lebih melengkung dan mengalami keputihan
  • Menurunnya nafsu makan karena berat badan yang menurun
  • Sering mengalami mimisan
  • Tubuh mudah memar (karena kekurangan zat protein)
  • Terlalu sering buang air kecil.
  • Tubuh mudah merasa dahaga.
  • Bau pada mulut
  • Bau badan yang tidak sedap.
  • Mengalami anemia
  • Kulit dan mata cenderung berwarna kekuningan
  • Terjadinya nyeri pada organ perut, bahkan mengalami pembengkakan
  • Terjadinya pembengkakan pada bagian kaki, terkadang pada pergelangan kaki
  • Kulit yang terasa sering gatal
  • Warna tinja yang pucat, bahkan terkadang bisa disertai dengan darah

Penyebab penyakit liver

  1. Terjadinya infeksi

Infeksi menjadi penyebab utama dari penyakit liver. Virus yang menjangkiti menyebabkan penyakit liver. Virus hepatitis terbagi 5 jenis yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E.

Hepatitis A adalah jenis virus yang penularannya didapatkan melalui makanan. Sehingga mencegahnya dengan cara menghindari mengkonsumsi makanan di yang tidak bersih dan tidak sehat. Virus ini juga menjadi penyebab penyakit kuning.

Adapun Hepatitis B dan C menginfeksi tubuh manusia melalui darah ataupun cairan tubuh. Resiko tinggi virus menjangkiti tubuh karena aktivitas penggunaan obat terlarang menggunakan jarum suntik, perilaku buruk seksual, yang menyebabkan tingginya tingkat penularan virus jenis ini.

Infeksi virus Hepatitis B atau C yang sulit ditangani, jika kondisi penyakit liver sudah masuk stadium akhir.

  1. Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol menyebabkan hati menjadi berlemak, yang terkena resiko tinggi tubuh terkena penyakit liver tingkat akut.

  1. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Seseorang juga dapat terkena penyakit liver karena terjadinya kelainan pada sistem kekebalan tubuh, akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi seperti ini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit liver.

  1. Faktor keturunan atau genetika

Untuk masalah ini terjadinya karena penyakit hati bisa menular melalui aliran darah, Penyakit liver dapat menjangkiti seseorang karena faktor keturunan, dimana adanya gen abnormal yang berasal dari salah satu orang tua, sehingga meningkatkan resiko penyakit hati.

Beberapa penyakit hati yang terjadi dari sebab keturunan yaitu: hemochromatosis, hyperoxaluria dan oxalosis, dan penyakit wilson

  1. Batu empedu

Batu empedu yang tertimbun di dalam kantung empedu memberikan resiko penyakit kuning, kondisi itu mengakibatkan terjadinya sumbatan pada saluran pengeluaran empedu, yang akhirnya empedu sulit bahkan tidak bisa untuk dibuang melalui usus.

Kemudian, cairan empedu itu bisa naik ke liver, sehingga menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Empedu yang tidak bisa atau sulit dibuang mengakibatkan kulit menjadi berwarna kuning. Untuk menghadapi masalah ini, perlu secepatnya berkonsultasi ke ahli kesehatan atau dokter.

  1. Penyakit Liver Karena Kanker

Kanker dapat menjadi sebab rusaknya organ hati atau liver, keganasan penyakit kanker ini mengakibatkan menurunnya fungsi hati, yang secara umum beresiko membahayakan seluruh anggota tubuh.

Beberapa jenis penyakit liver yang terjadinya karena dipicu penyakit kanker yaitu: kanker hati, kanker saluran empedu dan hati adenoma.

  1. Karena pola hidup yang tidak sehat

Kebiasaan yang membuat seseorang sangat mudah terkena penyakit liver, yaitu kebiasaan yang buruk, yang WAJIB dihindari, seperti merokok, minum alkohol, minum minuman keras, mengonsumsi makanan tidak sehat (utamanya seperti junk food & fast food).

konsumsi makanan berminyak berlebihan (seperti gorengan), mengkonsumsi kandungan lemak yang berlebihan, sering begadang hanya untuk melakukan hal yang tidak penting, dan minum-minuman bersoda.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.