skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Ciri Ciri Penyakit Sirosis Hati Dan Obatnya?

Apa Ciri Ciri Penyakit Sirosis Hati Dan Obatnya?

Sirosis hati adalah penyakit hati menahun yang mengenai seluruh organ hati. Keadaan tersebut terjadi karena infeksi akut dengan virus hepatitis dimana terjadi peradangan sel hati yang luas dan menyebabkan banyak banyak kematian sel.

Akibatnya bentuk hati yang normal akan berubah disertai terjadinya penekanan pada pembuluh darah dan terganggunya aliran darah.

Pada sirosis dini biasanya hati membesar, teraba kenyal, tepi tumpul, dan terasa nyeri bila ditekan.

Ciri Ciri Penyakit Sirosis Hati

  1. Menstruasi Ekstrem

Pada wanita yang mengalami sirosis akan mengalami menstruasi yang ektrem. Hal itu dikarenakan pembekuan darah menjadi terganggu dan menstruasi yang dialami penderita sirosis itu mengalami pendarahan di dalam rahimnya.

  1. Ascites

Sirosis hati kronis juga akan menimbulkan gejala ascites, distensi perut dan dinding perut menjadi tegang.

  1. Esofagus Varises

Gejala yang paling mengerikan dari penyakit sirosis ini adalah adanya esofagus varises. Esofagus itu adalah gejala pecahnya dinding pembuluh darah pada penderita sirosis kronis sehingga penderita tersebut mengalami pendarahan gastrointestinal.

  1. Gatal

Penderita sirosis hati akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Akibatnya adalah dia akan mengalami gatal-gatal di seluruh tubuhnya. Banyak penderita sirosis yang meminta bantuan orang lain untuk menggarukkan bagian tubuhnya yang terasa gatal tersebut.

  1. Pendarahan

Sirosis hati akan menyebabkan pendarahan, terutama pada bagian perut. Penyebabnya adalah virus hepatitis telah menyebabkan kerusakan dan gangguan di bagian saluran pencernaan esophagus. Kerusakan sistem pencernaan yang parah bisa menyebabkan pendarahan di bagian perut.

  1. Muntah Darah

Penderita sirosis hati akan mengalami muntah darah berupa darah merah segar bersamaan dengan gumpalan-gumpalan darah merah.

Hal itu disebabkan oleh pendarahan dan gangguan pencernaan yang dialami oleh penderita sirosis hati. Muntah darah tersebut juga merupakan akibat dari kandungan asam pada darah.

  1. Feses Hitam

Perubahan feses pun akan dialami oleh penderita sirosis. Penyebabnya adalah feses dari penderita sirosis bercampur dengan bakteri. Bakteri itulah yang mengubah warna berubah menjadi hitam.

  1. Hilang Kesadaran

Salah satu hal yang menjadi tanda atau gejala sirosis hati adalah sering mengalami pingsan. Penyebabnya adalah penderita sirosis akan mengalami tekanan darah yang akan menurun drastis.

Penderita sirosis hati juga memiliki tekanan darah rendah. Darah rendah tersebutlah yang menyebabkan penderita sirosis hati akan mudah pingsan.

  1. Gastrointestinal

Gangguan ini merupakan gangguan yang menyebabkan penyerapan lemak di dalam tubuh. Penyerapan lemak yang berkurang dan menurun bisa menyebabkan penderita sirosis hati mengalami diare, pembengkakan dan berbagai macam gangguan lainnya.

Obat Penyakit Sirosis Hati

1.Akupuntur

Untuk mengobati masalah hati yang tidak berfungsi dengan baik tidak memulu menggunakan pengobatan dari dalam. Kamu juga bisa menggunakan pengobatan dari luar misalnya akupuntur.

Akupuntur merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat sirosis hati yang sudah parah. Meski prosesnya cenderung menakutkan karena melibatkan beberapa jarum suntik, namun efeknya sangat besar untuk penyembuhan.

2.Teh hijau

Obat alami lainnya yang dapat kamu gunakan yakni teh hijau. Teh hijau merupakan minuman yang kaya antioksidan.

Sifat antioksidan alami ini akan mencegah proses oksidasi yang merupakan penyebab utama terjadinya sirosis hati. Selain itu kandungan antiviral pada teh hijau dapat menjadikannya obat hepatitis alami yang sangat murah.

3.Biji rami

Apabila kamu mencari obat sirosis hati alami, sudah sebaiknya kamu merasakan khasiat dari biji rami. Biji rami kaya akan kandungan fitonutrien yang dapat dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit sirosis hati.

Cara menggunakannya yakni dengan menambahkan biji rami kedalam salad atau makanan sehari – hari yang akan dikonsumsi.

4.Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Namun pepaya juga merupakan obat herbal yang sangat mujarab bagi sirosis hati.

Kamu bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya jus. Cukup minum secara rutin setiap hari kamu akan langsung merasakan manfaatnya bagi kesehatan hati.