skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Hepatitis A

Ciri Hepatitis A

Hepatitis A, yang disebabkan oleh virus hepatitis A, adalah jenis yang paling umum dari hepatitis virus. Hal ini terjadi di Inggris, tapi lebih sering terjadi di negara-negara di mana sanitasi dan pembuangan limbah miskin.

Sekitar 350 kasus dilaporkan setiap tahun di Inggris, dengan sebagian besar kasus terjadi pada orang yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri.

Hepatitis A biasanya tertangkap dengan menempatkan sesuatu di mulut Anda yang telah terkontaminasi dengan kotoran seseorang dengan hepatitis A. Hal ini biasanya jangka pendek infeksi (akut) dan gejala akan melewati dalam waktu tiga bulan. Tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A selain untuk meringankan gejala.

Sebuah vaksinasi dapat melindungi Anda terhadap hepatitis A. Vaksinasi dianjurkan jika Anda bepergian ke negara-negara di mana virus umum, seperti benua India, Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Timur Jauh dan Eropa Timur.

Apa Yang Menyebabkan Hepatiti A ?

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini paling sering menyebar melalui “fekal-oral” rute. Ini adalah ketika Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut Anda yang telah terkontaminasi oleh kotoran seseorang dengan hepatitis A.

Makan makanan seperti kerang yang terkontaminasi oleh limbah mentah juga bisa menyebabkan Anda menjadi terinfeksi, seperti dapat minum air yang terkontaminasi.

hepatitis A dapat menyebar melalui :

  • berbagi jarum dengan orang yang terinfeksi untuk menyuntikkan obat
  • saat berhubungan seks (khususnya seks anal)

Kondisi ini juga dapat menyebar melalui kontak pribadi yang dekat dalam lingkungan tertutup, seperti ruang mahasiswa, pesantren dan barak tentara.

Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Hepatitis:

  1. Mudah merasa lelah

Orang yang terserang penyakit hepatitis akan cepat lelah. Hal ini disebabkan penderita hepatitis akan lebih sering merasakan nyeri pada hati sehingga pikiran dan tenaga habis untuk menahan rasa sakit tersebut. Dengan demikian,  pada saat penderita bekerja atau melakukan aktivitas sedikit saja akan mudah merasa kelelahan. Bagi penderita penyakit hepatitis, lebih baik menggunakan waktunya untuk beristirahat, jika tetap harus beraktivitas maka lakukan sesuatu yang memang penting saja agar tubuh segera sembuh dan penyakit hepatitis yang diderita tidak menjadi kronis.

  1. Nyeri otot

Orang yang menderita penyakit hepatitis akan mudah terkena sakit atau nyeri pada otot nya. Penyebab hal ini adalah otot-otot tubuh yang tertarik, terutama otot pada bagian perut. Otot-otot yang tertarik akan menimbulkan rasa nyeri dan biasanya akan lebih terasa rasa nyeri nya ketika organ hati tidak mampu bekerja maksimal. Selain otot-otot yang terasa nyeri, semua persendian pun akan terasa nyeri, hal ini dikarenakan otot-otot tubuh yang melekat pada persendian.

  1. Sering sakit kepala

Selain terhubung dengan sistem pencernaan, ternyata organ hati juga terhubung dengan saraf lainnya, bahkan saraf kepala. Maka sangat wajar juga, ketika organ hati terkena hepatitis, penderitanya akan mudah sakit kepala.

  1. Rasa Gelisah

Penderita hepatitis akan merasakan rasa sakit pada otot nya, mudah lelah, merasa mual, dan sering sakit kepala. Akibat dari rasa sakit tersebut, maka muncul lah perasaan gelisah. Perasaan gelisah yang muncul membuat kondisi psikologis dan keseimbangan tubuhnya terganggu.

  1. Mudah marah

Ketika rasa gelisah muncul, kemudian kondisi psikologis dan keseimbangan tubuhnya terganggu, maka penderita hepatitis yang sedikit saja tersinggung, akan mudah marah. Kondisi penderita hepatitis yang mudah marah ini adalah kondisi yang tidak dapat mengendalikan emosi nya, walaupun masalahnya kecil, maka orang yang menderita hepatitis akan mudah marah. Jadi sebaiknya, perlakukan penderita hepatitis dengan baik, dan jangan membuatnya tersinggung.

  1. Merasa mual

Organ hati terhubung dengan sistem pencernaan pada perut, sehingga ketika ada masalah pada organ hati seperti terkena penyakit hepatitis, maka dengan sendirinya penderitanya akan merasa mual. Maka sangat wajar apabila penderita hepatitis sering mual, dan ketika rasa mual datang, maka akhirnya muntah. Jadi orang yang menderita hepatitis akan mudah merasa mual yang kemudian rasa mual nya tidak tertahan kan, sehingga muntah.

  1. Mudah mengantuk

Penderita hepatitis yang gelisah, mudah marah, mudah lelah, dan sering sakit lainnya, akan membuatnya mudah mengantuk, sehingga orang menderita hepatitis akan sering tidur. Memang sebaiknya penderita hepatitis banyak istirahat, tapi tidak baik juga jika sering tidur, apalagi waktu tidurnya dalam jangka waktu yang lumayan lama.

  1. Kulit dan kuku berwarna kuning

Penyakit hepatitis membuat fungsi hati tidak bisa berjalan dengan normal, akibatnya banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh. Pada fungsi hati yang tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kulit dan kuku penderita hepatitis ini akan terlihat menjadi kuning.

  1. Tinja menjadi keras

Tinja yang sehat adalah tinja yang berwarna kuning dan lembek, apabila penyakit hepatitis sudah semakin parah, maka tinja akan berwarna putih dengan tekstur yang kasar. Tentu saja jika hal ini terjadi, maka tinja pun menjadi kaku dan keras.

  1. Demam

Penderita hepatitis dengan organ hati yang rusak, maka ciri cirinya adalah demam. Demam terjadi karena organ hati rusak beserta fungsinya, sehingga sistem metabolisme akan terganggu dan menyebabkan demam.

Itulah ciri ciri penyakit hepatitis, dan terkadang beberapa ciri diatas ada yang tidak disadari oleh penderita hepatitis. Ketika anda mengalami salah satu ciri penyakit hepatitis diatas, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat sebelum penyakit hepatitis menjadi parah.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.