skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Bronkitis Wajib Kamu Ketahui

Ciri Penyakit Bronkitis Wajib Kamu Ketahui

Penyakit bronkitis merupakan suatu kondisi radang di bagian lapisan danjuga dinding saluran bronkus yang menuju ke paru-paru. Selain itu saluran bronkus yang mengasilkan banyak lendir atau dahak dan juga bisa mengalami peradangan, maka akan menyebabkan sumbatan disebagian aliran keluar masuknya udara didalam paru-paru.

Ciri-ciri penyakit bronkitis antara lain:

  1. Nyeri Dada

Nyeri dada juga menjadi gejala bronkitis. Nyeri dada biasanya merupakan menjadi komplikasi yang muncul setelah seseorang mengalami gejala batuk secara terus-menerus. Selain itu, banyaknya cairan yang ada di paru-paru menjadi penyebab mengapa dada akan terasa nyeri.

Peradangan atau inflamasi yang ada di paru-paru juga menyebabkan dada terasa sakit atau nyeri. Dalam kasus yang tergolong sudah parah, nyeri bisa menyebar ke area lainnya di sekitar dada.

  1. Sesak Nafas

Selain batuk, sesak nafas juga menjadi gejala paling umum pada penderita bronkitis. Baik batuk maupun sesak nafas biasanya akan muncul secara bersamaan seiring dengan berkembangnya penyakit bronkitis tersebut. Munculnya gejala sesak nafas ini disebabkan oleh terlalu banyaknya lendir atau cairan di dalam paru-paru.

Akibatnya proses pernafasan akan terganggu dan kapasitas paru-paru untuk menampung oksigen yang masuk akan terhambat. Gejala sesak nafas ini biasanya juga akan diiringi dengan gejala lain, yakni munculnya mengi atau munculnya suara “ngik ngik” ketika penderita bronkitis bernafas.

  1. Batuk

Bronkitis biasanya ditandai dengan gejala batuk kering. Namun tidak menutup kemungkinan bronkitis juga akan ditandai dengan gejala batuk berdahak di mana ketika penderita batuk akan disertai dengan keluarnya lendir berwarna kuning keabu-abuan, meskipun hal tersebut tidak selalu terjadi pada penderita bronkitis.

Batuk yang menandakan adanya penyakit bronkitis ini biasanya akan bertahan selama beberapa minggu hingga menyebabkan penderitanya merasakan nyeri pada dada dan juga perut. Adanya lendir ketika seorang penderita bronkitis batuk ialah karena paru-paru penderita telah mengalami infeksi dan radang sehingga menyebabkan produksi lendir di dalam paru menjadi berlebih.

  1. Cepat Lelah

Akibat beberapa kondisi seperti yang telah dijelaskan di atas, penderita bronkitis biasaya juga akan merasakan gejala cepat lelah. Selain kerena beberapa kondisi di atas, penyebab seorang penderita bronkitis cepat lelah juga disebabkan karena kapasitas paru-paru untuk menampung oksigen juga akan berkurang.

Akibatnya tubuh akan kekurangan suplai oksigen sehingga tubuh akan merasa cepat lelah. Karena kurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh, penderita bronkitis tidak hanya cepat lelah tetapi juga nampak lebih pucat.

Jika suplai oksigen ke tubuh penderita bronkitis benar-benar kurang bisa jadi penderita akan mengalami sebuah kondisi yang disebut dengan sianosis, di mana bibir dan ujung jari penderita akan berwarna kebiruan.

  1. Sakit Tenggorokan

Gejala sakit tenggorokan juga bisa menandakan adanya penyakit bronkitis pada seseorang. Sakit teggorokan ini sebenarnya muncul sebagai akibat dari seringnya penderita bronkitis batuk. Lama-kelamaan batuk akan menyebabkan tenggorokan mengalami peradangan hingga menyebabkan rasa nyeri ketika batuk dan juga ketika menelan.

Namun rasa sakit pada tenggorokan tersebut juga tidak selalu disebabkan oleh penyakit bronkitis. Bisa saja sakit tenggorokan tersebut terjadi karena seseorang menderita radang tenggorokan. Untuk itu, seseorang juga harus memperhatikan gejala lain ketika menderita sakit tenggorokan untuk memastikan apakah sakit tenggorokan tersebut disebabkan oleh bronkitis atau oleh penyakit lain.

  1. Batuk Darah

Pada kondisi yang tergolong cukup serius, penderita bronkitis mungkin akan mengalami batuk berdarah. Kondisi tersebut biasanya akan terjadi pada penderita bronkitis yang sudah terindikasi selama 3 bulan, dan dapat berulang setidaknya 2 kali selama satu tahun.

Jika kondisi ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin bronkitis akan menyebabkan komplikasi yang serius pada diri penderita.

  1. Demam

Pada tahapan yang sudah tergolong cukup serius, penderita bronkitis akan mengalami gejala demam. Pada kondisi ini sistem kekebalan tubuh sedang diserang oleh peradangan atau inflamasi yang ada di dalam paru-paru.

Adapun tingkatan demam yang dimaksudkan di sini sangat bergantung pada tingkat keparahan bronkitis yang diderita oleh penderita. Apabila anda merasakan beberapa gejala seperti yang telah dijelaskan di atas disertai dengan demam yang tidak kunjung reda selama 3 hari maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.