skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Cacingan

Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tidak asing lagi terdengar. Cacingan adalah kondisi dimana di dalam tubuh manusia terdapat hewan kecil cacing, yang memang mengendap di dalam tubuh.

Cacing biasanya ada di organ pencernaan sehingga makan makanan yang juga masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan penderitanya kekurangan nutrisi dan juga badan akan sangat kurus. Penyakit cacingan ini lebih sering terjadi pada anak anak dibandingkan pada orang dewasa, tetapi tidak ada menutup kemungkinan juga untuk orang dewasa mengalami kondisi yang sama.

Penyakit cacingan tidak termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi jika terlalu lama pun tidak baik, karena organ tubuh kekurangan nutrisi bisa mengalami penurunan fungsinya juga.

Hewan yang sangat kecil dan menjadi penyebab cacingan tidak terlihat dengan kasar mata, yang berarti sangat kecil ukurannya sehingga bisa masuk ke dalam tubuh. Baik telur, atau pun cacingnya langsung bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit penyakit cacingan.

Ciri Penyakit Cacingan

Kebanyakan orang tua juga tidak mengetahui anaknya menderita penyakit cacing ini. Oleh karena itu, orang tua harus tahu apa saja yang menjadi gejala dan ciri-ciri penyakit cacingan itu sendiri.

Ciri-ciri orang cacingan yang dapat anda lihat secara umum adalah wajah terlihat tampak pucat, kurang semangat atau gairah, badan terasa lesu, perut tampak buncit sedangkan tubuhnya sendiri kurus. Nafsu makan bertambah atau tetap namun berat badan tidak mengalami peningkatan.

Gangguan lambung akan sering terjadi, seperti diare, sering buang air besar (BAB) dan juga perut mules. Penderita akan sering mengalami batuk dan juga sering menggaruk-garuk bagian anus. Bayi yang terkena penyakit ini akan sering gelisah dan menangis pada malam hari bisa dengan melakukan pengobatan penyakit cacingan.

Penyakit cacingan mempunyai beberapa jenis dari cacing yang menginfeksinya. Gejalanya pun berbeda-beda. Untuk penyakit cacingan kremi, gejalanya adalah di bagian vulva atau anus akan terasa gatal, ketika malam hari rasa gatal ini akan semakin parah karena cacing kremi akan keluar pada malam hari untuk menaruh telur.

Cacing kremi biasanya menaruh telur di dekat anus. Bagi anda yang mengalami penyakit cacingan, yakni cacing gelang harus sangat di waspadai karena cacing ini tidak memiliki gejala dan cacing gelang ini mampu berpindah pindah dari organ yang satu ke yang lainnya. Dan untuk penyakit cacingan berupa cacing pita, anda akan merasakan sakit di perut.

Orang yang terkena penyakit cacingan akan sulit untuk dapat dideteksi. Oleh karena itu untuk melakukan pencegahan dari masalah ini maka anda harus rajin dan teratur mengonsumsi obat cacingan. Anda dapat meminum obat cacingan 6 bulan sekali. Jika anda mengetahui bahwa anda terkena penyakit cacingan sebaiknya segeralah ke dokter agar cepat di tangani.

Yang kedua adalah obat mebendazole, obat ini juga digunakan untuk mengobati penyakit cacingan yang jenisnya belum diketahui. Adapun untuk dosis sesuai takaran yang telah diberikan dalam label obat tersebut atau bilamana perlu sesuai dengan petunjuk dokter.

Beberapa ciri gejala berdasarkan dari penyakit yang ditimbulkan oleh cacingnya yaitu:

  1. Cacing kremi

Gejalanya adalah rasa gatal di sekitar daerah anus atau vulva(kemaluan wanita). Gejala ini akan memburuk di malam hari ketika cacing kremi biasanya akan keluar dari permukaan tubuh untuk menaruh telurnya di sekitar anus/vulva. Cacing juga biasanya dapat terlihat di feses.

  1. Cacing gelang

Biasanya tidak menimbulkan gejala, meskipun untuk jenis toxocara

canis dapat menyebabkan masalah penglihatan apabila terdapat di mata karena menimbulkan radang dan luka pada retina mata. Cacing gelang ini juga dapat berpindah ke bagian paru-paru menyebabkan timbulnya batuk dan penyakit asma, serta menimbulkan bengkak di organ tubuh lain.

  1. Cacing Tambang

Dapat menimbulkan rasa sakit di daerah perut. Cacing pita dapat menutupi daerah otot, kulit, jantung, mata dan otak.

Pencegahan Penyakit Cacingan

Pengobatan penyakit cacingan dengan selalu rutin membersihkan badan dengan sabun yang mengandung antispetik atau kuman pada saat anda mandi. Nah disini kebersihan dari tubuh sangat mendukung untuk menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Selain berguna untuk tetap harum dan bersih, ternyata mandi juga mencegah anda dari serangan penyakit yang menempel pada kulit.

Pengobatan penyakit cacingan dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Hal yang bisa anda lakukan tentunya sangatlah mudah. Mulailah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Salah satu contohnya yaitu: Baju, Sarung bantal, kasur, kamar mandi, lantai dan lain-lainnya.

Tujuan dari langkah ini ialah agar rumah anda lebih terlihat bersih serta juga terhindar dari serangan penyakit terutama cacing parasit.

Baca juga artikel menarik lainnya disini