skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
9 Ciri Penyakit Hepatitis B Wajib Kamu Tau!

9 Ciri Penyakit Hepatitis B Wajib Kamu Tau!

Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang sering terjadi dan disebabkan oleh virus Hepatitis B. Virus ini menyerang hati, menyebabkan peradangan dan menimbulkan terjadinya gejala penyakit.

Infeksi Hepatititis B dapat terjadi secara berkepanjangan/kronis maupun tiba-tiba/akut. Infeksi yang berkepanjangan/kronis dapat menyebabkan pengerasan/sirosis hati dan kerusakan hati yang berat.

Berdasarkan World Health Organization, lebih dari 200 juta orang terkena penyakit ini di seluruh dunia. Di beberapa area di dunia, misalnya Afrika dan Asia, angka infeksi telah tercatat sebesar 10% dari populasi. Kondisi ini khususnya terjadi pada pasien yang terinfeksi pada usia muda.

Mendekati angka 90% pasien yang mendapatkan infeksi selama bayi dan 30-50% pasien yang mendapatkan infeksi sebelum usia 5 tahun akan menjadi Hepatitis B kronis pada usia yang lebih tua. Lebih dari 70% pasien mati karena gejala dan komplikasi infeksi Hepatitis B setiap tahunnya.

Cara Penularan Penyakit Hepatitis B

Penyakit Hepatitis B Lebih Berbahaya jika dibandingkan dengan jenis penyakit hepatitis lainnya. ada dua macam cara penularan Hepatitis B, diantaranya:

  • Vertikal, terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan
  • Horizontal, terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut seperti sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan badan dengan penderita hepatitis B.

Namun Tidak semua yang dinyatakan positif terkena Hepatitis B perlu ditakuti. Dari hasil pemeriksaan darah dapat terungkap, apakah ada riwayat pernah mempunyai hepatitis B dan sekarang sudah kebal, atau bahkan virusnya sudah tidak ada lagi.

Inilah Ciri Penyakit Hepatitis B Yang Harus Diwaspadai, Sebagai Berikut:

  1. Nyeri pada persendian

Sama seperti nyeri pada otot, jika hati tidak berfungsi dengan normal maka persendian juga tidak dapat bekerja dengan normal.

Hal ini dikarenakan selain persendian akan mudah merasa lelah, persendian juga akan memiliki daya tahan lebih rendah dibandingkan orang yang normal.

Jika anda mengetahui seseorang terkena penyakit hepatitis jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan barang bersama-sama dengan mereka. Karena itu dapat menjadi salah satu cara menularkan virus hepatitis pada tubuh penderita hepatitis ke orang yang lain yang tidak menderita hepatitis.

  1. Nyeri pada otot

Otot-otot akan lebih merasakan nyeri ketika seseorang terserang penyakit hepatitis. Hal ini dikarenakan otot terutama otot pada bagian perut akan lebih tertarik sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Selain pada otot perut, rasa nyeri juga muncul pada pada otot-otot yang lain karena hati tidak dapat berfungsi dengan maksimal sehingga tidak dapat menyaring kotoran terutama kotoran pada darah.

  1. Merasa mual

Mual tentu akan dirasakan oleh penderita hepatitis, karena hepatitis sendiri terjadi di area sekitar perut, apalagi hati berhubungan dengan organ-organ pencernaan lainnya.

Jika hati seseorang sakit, maka secara tidak langsung tubuh akan meresponkan kepada lambung dan lambung akan memberikan respon berupa rasa mual. Itulah sebabnya orang yang terkena hepatitis lebih sering merasa mual. Selain itu, hal ini disebabkan karena setiap saraf dalam tubuh saling berhubungan satu sama lain.

  1. Menjadi sering tidur

Membuat orang yang menderita penyakit hepatitis ini menjadi sering tidur. Selain itu, penderita hepatitis menjadi mudah tidur sebagai salah salah satu efek yang terjadi untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat kondisi tubuh pada orang yang menderita hepatitis mengalami penurunan sehiggga sangat mudah merasa lelah dan selalu ingin tidur dan tidur lagi.

  1. Kulit lebih terlihat kuning

Pada penyakit hepatitis atau penyakit hati salah satu gejala yang mudah tampak yang ditimbulkan adalah warna yang kekuning-kuningan yang terlihat pada kulit.

Hal ini terjadi karena fungsi hati tidak dapat berjalan dengan normal. Sebagaimana diketahui bahwa hati berfungsi untuk menyaring racun dan dan sebagai sistem ekskresi, dapat dibayangkan jika fungsi pengeluaran atau ekskresi saja tidak dapat berjalan dengan baik, maka pengeluaran pada tubuh pasti juga akan buruk hasilnya.

  1. Sakit kepala

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa saraf antara satu sama lain saling berhubungan sehingga mereka selalu berhubungan. Itu sebabnya ketika seseorang menderita hepatitis dapat merasa sakit kepala.

  1. Mudah gelisah

Penderita hepatitis juga menjadi mudah gelisah karena sering merasakan sakit dan gejala lainnya sehingga menimbulkan rasa gelisah. Rasa gelisah ini dapat mengganggu kondisi psikologis dan keseimbangan tubuh.

  1. Mudah marah

Selain mudah merasa gelisah, seseorang yang terserang penyakit hepatitis akan menjadi mudah marah. Hal ini disebabkan gangguan yang terjadi pada organ hati mengganggu kondisi psikologis sehingga penderita tidak dapat mengontrol emosinya. Itulah yang membuat penderita menjadi mudah marah dan tidak bisa berpikir dengan tenang.

  1. Mudah menjadi depresi

Selain mudah marah dan mudah gelisah, psikologis yang terganggu merupakan salah satu penyebab depresi yang dapat membuat penderita hepatitis mudah depresi.

Jika gejala depresi atau ciri-ciri depresi telah terjadi, penanganan yang diperlukan bukan hanya pengobatan medis, melainkan juga pengobatan psikologis untuk membantu menenangkan, meyakinkan, dan memberikan motivasi kepada penderita yang membuat mereka menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupannya.

Karena pada dasarnya orang yang lebih rileks ketika menghadapi masalah, maka masalah itu akan cepat selesai, termasuk masalah terhadap penyakit yang diderita. Selain itu, mengonsumsimakanan yang ampuh usir depresi dapat menjadi salah satu solusi cara mencegah depresi.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.