skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Insomnia

Ciri Penyakit Insomnia

Insomnia adalah kondisi di mana Anda merasa sangat sulit untuk tidur, atau sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat Anda sama sekali tak bisa tidur bahkan ketika Anda ingin tidur. Jika memiliki insomnia, Anda biasanya akan bangun tidur dalam keadaan lelah, yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda beraktivitas pada siang hari.

Ciri Penyakit Insomnia

Sulit untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur berbeda-beda bagi tiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan. Ciri insomnia yang paling umum di antaranya:

  • Susah tidur.
  • Terbangun di malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur kembali.
  • Merasa lelah, uring-uringan, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang harinya.
  • Tidak bisa tidur siang meskipun tubuh lelah.

Pengobatan Penyakit Insomnia

Dalam mengobati insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu, maka dokter akan menyarankan pasien untuk memperbaikinya.

Jika insomnia disebabkan oleh suatu masalah kesehatan, maka dokter akan terlebih dahulu mengatasi kondisi yang mendasari tersebut, dan tentunya dengan obat-obatan yang telah disesuaikan agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan insomnia.

Jika pasien tetap mengalami insomnia meski telah diberikan nasihat seputar pola hidup sehat, dan tetap mengalami insomnia terlepas dari masalah kesehatan yang mendasarinya telah diobati, maka dokter biasanya akan menyarankan pasien mengikuti terapi perilaku kognitif untuk insomnia(CBT-I).

Bahkan jika dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Obat tidur merupakan solusi yang bersifat sementara saja. Menangani gejala insomnia tanpa mencari solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.

Pencegahan Penyakit Insomnia

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit insomnia yaitu:

  1. Memilih warna dekorasi yang tepat

Warna dekorasi memegang peranan penting dalam psikologi seseorang. Orang akan lebih merasa nyaman dan tenang jika berada alam ruangan yang berwarna sesuai dengan warna yang mereka sukai.

Sebagai sebuah saran, Anda bisa memilih warna biru muda dan hijau muda. Karena warna satu ini lebih bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, damai, dan penuh dengan harapan. Selain itu untuk pencahayaan kita bisa memilih lampu-lampu yang redup dan kalem seperti warna krem untuk yang tidak dapat tidur tanpa lampu. Namun jika kamu mau lebih efektif, matikan lampu kamar agar lebih cepat tidur dan bangun dalam keadaan segar.

  1. Jangan makan sebelum tidur

Ketika makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut.

Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

  1. Jaga kerapian

Cara mengatasi insomnia susah tidur selanjutnya adalah dengan menjaga kerapian tempat tidur. Memang kerapian merupakan hal yang sepele, namun bagi seorang pria itu adalah hal yang paling luar biasa. Karena sangat jarang sekali seorang pria mampu menjaga kerapian kamarnya.

Beberapa ahli dari University of Havard berpendapat bahwa, kamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25 % dari pada masyarakat umumnya. Oleh sebab itu, menghilangkan susah tidur juga bisa Anda lakukan dengan merapikan tempat tidur. Seperti merapikan pakaian-pakaian, merapikan sepray tempat tidur, dan lain sebagainya.