skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Vertigo Pada Wanita!

Ciri Penyakit Vertigo Pada Wanita!

Rasa sakit pada vertigo juga sering disebut dengan pusing tujuh keliling. Vertigo kadang disertai rasa terhuyung seakan mau jatuh dan dengan bunyi berdengung pada telinga. Namun, vertigo dapat muncul akibat gangguan mata atau leher. Ukuran lensa, misalnya, antara mata kiri dan kanan berbeda jauh, atau terjadi gangguan pada sumbu mata sehingga menyebabkan penglihatan menjadi rangkap dan kabur.

Pada dasarnya vertigo adalah gangguan keseimbangan pada susunan saraf yang penyebabnya secara pasti kurang dapat dipastikan. Berbagai penyakit di bagian tubuh lain maupun di sekitar otak juga menimbulkan vertigo. Rasa sakit vertigo kadang dibarengi dengan mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah, dan diare.

Faktor usia seseorang yang semakin tua, kebiasaan kurang tidur, tidak tahu waktu, dan adanya berbagai tekanan hidup, adalah beberapa contoh faktor yang menyebabkan seseorang mengalami vertigo.

Penyebab Penyakit Vertigo

Seorang dokter ahli syarat menyatakan penyebab vertigo terbanyak adalah ganggunan pada leher. Gangguan leher ini ditimbulkan adanya pengapuran pada tulang leher yang menyebabkan vertigo. Tulang leher sebagai penyangga kepala ketika mengalami gangguan menyebabkan rasa terhuyung atau sempoyongan.

Gangguan leher terjadi umumnya akibat pola hidup atau pola kerja tidak seimbang. Stres atau tekanan akibat pola kerja tak seimbang ini memungkinkan tidak adanya kesempatan berolahraga maupun relaksasi.

Pekerjaan mengetik dengan posisi layar monitor komputer terlalu tinggi pun bisa menyebabkan vertigo sebagai akibat ketegangan pada leher. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

Ciri Penyakit Vertigo

Ciri-ciri penyakit vertigo adalah:

– Sakit kepala.

– Berkeringat.

– Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran.

– Adanya gerakan mata abnormal, yang disebut nistagmus.

– Pusing dan merasa sakit.

– Mual dan muntah.

– Rasa berputar atau bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat seseorang masih dalam keadaan diam.

Bahaya Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo ini dapat menyebabkan kelainan atau gangguan lain yang lebih berbahaya, seperti:

  1. Kehilangan pendengaran

Seseorang yang mengalami vertigo bisa saja kehilangan pendengarannya. Karena beberapa penyebab vertigo seperti penyakit Meniere dan Labirinitis berpotensi menyebabkan kehilangan pendengaran.

  1. Vertigo dapat menyebabkan Anda jatuh karena kehilangan keseimbangan

Jatuh dari posisi berdiri dapat menyebabkan cedera, termasuk patah tulang pinggul.

  1. Meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara

Apabila Anda menderita vertigo dan masih menggunakan kendaraan pribadi, berhati-hatilah, karena risiko kecelakaan bisa mengancam jiwa Anda.

  1. Berisiko terkena stroke atau masalah otak lainnya

Penyakit vertigo kerap membuat Anda menjadi kehilangan keseimbangan. Jika ketidakseimbangan berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika vertigo disertai kelemahan dan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh Anda, dapat dicurigai menderita stroke atau masalah otak lainnya.

  1. Membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari

Penyakit vertigo dapat membuat kehidupan normal Anda menjadi sangat sulit. Hal ini juga kerap akan mengganggu aktivitas Anda, karena Anda menjadi kesulitan untuk berdiri atau pun berjalan. Terlebih jika Anda memiliki rutinitas bepergian sebagai aktivitas harian.

Penyembuhan Penyakit Vertigo

Vertigo dapat disembuhkan dengan menyesuaikan penyakit yang mendasarinya. Tuiuan pengobat ditemukan penyebabnya), adalah untuk memperbaiki ketidakseimbangan vestibular melalui modulasi transmisi saraf dengan obat-obat khusus vertigo. Langkah-langkah berikut ini dapat meringankan atau mencegah gejala vertigo:

– Tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi.

– Bangun secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum berdiri dari tempat tidur.

– Hindari posisi membungkuk apabila mengangkat barang.

– Gerakkan secara hati-hati jika kepala dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.

– Hindari posisi mendongakkan kepala, misahrya untuk mengambil suatu benda dari ketinggian.

Pencegahan Penyakit Vertigo

Pengobatan penyakit vertigo bisa dengan menggunakan obat vertigo sehingga akan mengurangi gejala vertigo yang menyebabkan kepala pusing dan berputar putar. Ada pun langkah pencegahan penyakit vertigo agar penyakit vertigo tidak kambuh lagi. Pencegahan penyakit vertigo bisa dengan cara seperti dibawah ini:

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Menjaga kesehatan tubuh dengan asupan makanan sehat juga bisa dilakukan agar tidak mudah sakit terlebih terinfeksi. karena pemicu penyakit vertigo pun bisa dikarenakan oleh infeksi pada bagian dalam telinga. Untuk itu asupan makanan sehat, kelola stress dengan baik juga pencegahan penyakit vertigo yang bisa dilakukan.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan pencegahan penyakit vertigo yang bisa dilakukan juga. latihan keseimbangan dengan olahraga pun sangat membantu. Jenis olahraga apa pun bisa dilakukan, tetapi sebaiknya melakukan olahraga ringan agar tidak terbebani untuk dilakukan.