skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Contoh Penyakit Vertigo!

Contoh Penyakit Vertigo!

Vertigo merupakan penyakit dengan kompleksitas sangat tinggi. Hampir semua organ tubuh berperan dalam penyakit vertigo. Jika keluhan vertigo bersumber pada bagian organ indra biasanya dokter THT-KL biasanya melakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi) untuk mengetahuinya secara pasti.

Umumnya, penyakit vertigo dikelompokkan menjadi dua, berdasarkan saluran vestibular yang mengalami kerusakan. Kedua Jenis penyakit vertigo itu adalah vertigo periferal dan vertigo sentral. Saluran vestibular merpakan salah satu organ bagian dalam telinga yang senantiasa mengirimkan informasi tentang posisi tubuh ke otak untuk menjaga keseimbangan.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo merupakan penyakit yang di sebabkan oleh adanya gangguan syaraf dibagian telinga dalam atau juga bisa gangguan pada bagian otak kecil. Karena gangguan tersebut maka koordinasi syaraf menjadi terganggu dan pada akhirnya akan menyebabkan penyakit vertigo. namun, ada juga yang bisa memicu terjadinya penyakit vertigo seperti dibawah ini, yaitu:

  1. Anemia

Anemia atau kurang darah bisa menyebabkan pusing kepala biasa atau pun juga bisa menyebabkan vertigo maka dari itu apabila kurang minum, atau kurang asupan makanan pembentuk sel darah merah yang mengakibatkan anemia maka akan menyebabkan penyakit vertigo juga akan menyerang.

  1. Pengaruh obat obatan

Obat obatan kimia juga bisa meminum serangan penyakit vertigo, terlebih apabila yang terganggu bagian telinga dalam maka bisa jadi penyakit vertigo akan dialami.

  1. Stress

Yang dapat memicu penyakit vertigo juga akibat dari stress, tekanan batin atau masalah pada tubuh yang menyebabkan syaraf di tubuh memang bisa menyebabkan penyakit vertigo juga. karena di saat stress berbagai macam gangguan kesehatan bisa dialami, akibat kurang tidur, atau pun pola makan yang terganggu dan tidak heran apabila secara tiba tiba penyakit vertigo dialami.

  1. Perubahan posisi

Jika darah pada otak sedang berjalan atau mengalir dengan baik lalu secara tiba tiba terputus atau mengalami hambatan bisa menyebabkan penyakit vertigo akan kambuh atau bisa dialami secara tiba tiba.

Dan yang bisa membuat keadaan tersebut dialami yaitu karena perubahan posisi secara tiba tiba atau pun hal lainnya. Maka dari itu jika ingin mengubah posisi sebaiknya lebih hati hati dan tidak terburu buru.

  1. Memiliki penyakit jantung

Penyakit jantung di dalam tubuh juga bisa memicu penyakit vertigo sewaktu waktu sehingga penderita penyakit jantung lebih rentan untuk menderita vertigo.

Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit vertigo, antara lain:

  • Rasa sakit kepala yang sangat hebat seperti kepala sakit jika digerakkan ke salah satu arah.
  • Gangguan pendengaran saat sakit kepala.
  • Puratan yang hebat ketika kepala bergerak, goyang maupun bangun dari tidur.
  • Rasa ingin muntah disertai dengan mual yang hebat.
  • Reaksi mata yang kurang peka karena jika ada gerakan mendadak maka kepala menjadi lebih pusing.
  • Tubuh akan terasa lebih lemah dan sulit untuk melakukan aktifitas.
  • Keringat dingin.
  • Pandangan menjadi kabur dan semua objek terlihat ganda.
  • Nafsu makan menurun dan sulit untuk menelan makanan.

Contoh Penyakit Vertigo

Ada beberapa contoh atau macam penyakit vertigo antara lain:

  • Vertigo epileptica yakni pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan (epilepsi).
  • Vertigo nocturna yakni rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur.
  • Vertigo laryngea yakni pusing yang disebabkan karena serangan batuk.
  • Vertigo rotatoria yakni pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.
  • Vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan/ ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata.
  • BPPV ( Benign Paroxysmal Positional Vertigo) merupakan jenis vertigo yang terjadi mendadak dan berlangsung cepat kurang dari 1 menit.