skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Definisi Penyakit Thypoid

Definisi Penyakit Thypoid

Thypoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Seseorang yang menderita thypoid biasanya rentan untuk mengalami relaps (kambuh) secara berulang. Sebab bakteri salmonella typhi walaupun telah diobati, sebagian kecil dapat bersembunyi di dalam usus dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali terutama ketika daya tahan seseorang sedang menurun.

Penderita penyakit thypoid seringkali kondisi tubuhnya drop sehingga memerlukan perawatan beberapa hari di rumah sakit. Bahkan jika dilihat data dari kunjungan pasien di rumah sakit di Indonesia thypoid rata-rata masih menempati sepuluh besar kasus penyakit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa angka kejadian penyakit demam typhoid ini masih tinggi di semua daerah di Indonesia.

Tanda penyakit thypoid antara lain:

– Kehilangan nafsu makan.

– Konstipasi.

– Sakit perut.

– Demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan.

– Tubuh menggigil.

– Denyut jantung lemah (bradycardia).

– Nyeri otot myalgia.

– Badan lemah.

– Sakit kepala.

Pengobatan Penyakit Thypoid

Pengobatan penyakit thypoid yang paling efektif yaitu dengan melakukan terapi antibiotik, pengobatan menggunakan obat antibiotik ini harus segera diberikan. Jika penyakit typus yang di derita belum terlalu parah, maka pengobatan bisa dilakukan di rumah, tetapi jika sudah parah sebaiknya segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dengan di rawat secara intensif.

Pengobatan Thypoid di Rumah Sakit

Biasanya di rumah sakit pengobatan dengan antibiotik akan diberikan melalui suntikan. Jika memang dibutuhkan, asupan cairan dan juga nutrisi pun akan diberikan dengan cara di masukan ke dalam infusan yang nantinya akan masuk ke pembuluh darah.

Untuk memastikan apakah pasien pengidap typus masih terinfeksi bakteri Salmonella typhi atau tidak yaitu dengan melakukan tes urin dan tinja di laboratorium, pengobatan antibiotik pun akan terus diberikan sampai urin dan tinja sudah terbebas dari bakteri penyebab penyakit typus.

Pemberian infus dikarenakan perawatan penyakit thypoid yang dilakukan di rumah sakit biasanya sering di sertai dengan muntah dan diare yang lumayan parah serta mengalami perut kembung. Infusan ini berisi cairan yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah pasien mengalami dehidrasi akibat mengalami diare.

Sementara bagi penderita thypoid anak-anak akan direkomendasikan untuk melakukan perawatan di rumah sakit sebagai tindakan pencegahan. Pada beberapa kasus meski jarang, jika penyakit thypoid sudah mengalami komplikasi yang dapat membahayakan nyawa pasien, biasanya akan dilakukan tindakan operasi sesegera mungkin.

Sebagian besar penderita thypoid akan berangsur-angsur membaik setelah melakukan pengobatan di rumah sakit sekitar 3-5 hari, kondisi tubuh pun perlahan akan kembali pulih.

Pengobatan Thypoid di Rumah

Jika kondisi pasien thypoid belum terlalu parah, biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk di tebus di apotik dan dokter akan menyarankan anda untuk:

– Banyak Istirahat.

– Membiasakan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun untuk mencegah penyebaran bakteri penyebab thypoid.

– Makan secara teratur.

– Sering minum air putih.

Berikut adalah makanan dan minuman untuk penderita penyakit thypoid:

  1. Jus Jambu Merah

Banyak penderita thypoid yang merasa sangat lemah karena kehilangan cairan yang sangat banyak. Kondisi bisa menjadi sangat parah jika penderita juga mual dan diare. Untuk menggantikan cairan yang sudah keluar tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit maka bisa mengkonsumsi jus jambu merah.

Jus jambu merah tanpa tambahan gula akan membantu memenuhi cairan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh. Kandungan buah yang mengandung vitamin C, menjadi sumber makanan yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Pisang

Salah satu buah yang sangat baik untuk menyembuhkan thypoid adalah buah pisang. Buah pisang tidak hanya memiliki tekstur yang sangat lembut tapi juga rasa yang sangat manis. Makan pisang dipercaya bisa meningkatkan tenaga dan mengurangi efek tubuh yang terlalu lemah karena demam.

Khasiat buah pisang bisa menyembuhkan demam akibat thypoid dan membantu memperbaiki penyerapan cairan dalam usus. Makan pisang sebanyak 2 buah setiap hari akan menyembuhkan pisang secara alami.

Anda bisa makan pisang secara langsung atau membuat bubur pisang yang dicampur dengan madu. Pisang merupakan makanan yang mengandung kalium yang sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang dan memperbaiki kerja jantung.

  1. Makan Telur Rebus

Thypoid akan membuat penderita merasa sangat lemah. Demam dan diare akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Karena kondisi tubuh sangat menurun maka biasanya tubuh akan lebih cepat terkena penyakit lain. Untuk memulihkan kondisi tubuh maka bisa mengkonsumsi telur rebus. Anda bisa memilih jenis telur ayam kampung atau telur yang diperkaya dengan gizi tambahan seperti omega.

Telur rebus merupakan makanan yang mengandung protein dan kalori yang sangat tinggi. Kedua sumber kebutuhan nutrisi manusia ini, sangat penting untuk membantu tubuh lebih cepat pulih. Sebaiknya telur hanya direbus saja tanpa menggunakan bahan tambahan lain.