skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Etiologi Penyakit Diare Dan Ciri-Ciri Diare

Etiologi Penyakit Diare Dan Ciri-Ciri Diare

Penyakit diare memiliki nama lain yaitu Gastroenteritis, yang masih merupakan masalah masyarakat indonesia. Dan diare merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak di negara berkembang.

Diare adalah buang air besar dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya (normal 100-200 ml perjam tinja), dengan tinja berbentuk cair atau setengah cair (setengah padat), dapat pula disertai frekuensi defekasi yang meningkat. Pengertian lain diare adalah sebuah penyakit dimana penderita mengalami buang air besar yang sering dan masih memiliki kandungan air berlebihan.

Etiologi Penyakit Diare

Infeksi merupakan penyebab utama diare akut, baik oleh bakteri, parasit maupun virus. Penyebab lain yang dapat menimbulkan diare akut adalah toksin dan obat, nutrisi eteral diikuti puasa yang berlangsung lama, kemoterapi, impaksi tekal (overflow diarrhea) atau berbagai kondisi lain.

Adapun beberapa penjabaran penyebab dari diare lainnya yaitu:

  1. Antibiotik

Jenis-jenis antibiotik yang beredar adalah salah satu obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk menciptakan kekebalan tubuh dan melawan infeksi dalam tubuh. Pemakaian antibiotik yang tidak sesuai juga dapat memicu diare. Efek samping antibiotik ini, akan menyebabkan gangguan keseimbangan bakteri yang bekerja untuk usus, yang justru akan memicu infeksi seperti infeksi clostridium.

  1. Alergi Susu

Alergi susu biasanya menjadi penyebab diare yang sangat umum pada anak-anak atau bayi. Hal ini disebabkan karena organ pencernaan tidak bisa mencerna laktosa atau gula yang terdapat pada susu. Berikan makanan untuk anak diare dengan tepat, agar tidak semakin parah.

  1. Buah yang banyak mengandung fruktosa

Fruktosa adalah salah satu jenis gula alami yang ditemukan pada beberapa jenis buah-buahan. Namun beberapa orang memiliki organ pencernaan yang lemah, sehingga tidak bisa mencerna fruktosa dan menyebabkan diare.

  1. Konsumsi makanan dengan bahan pemanis dan pengawet buatan

Beberapa orang memang memiliki kepekaan khusus pada beberapa bahan pemanis seperti sorbitol. Pemanis ini akan membuat organ pencernaan memberikan reaksi khusus seperti diare ringan atau berat. Bahaya pengawet makanan buatan dari bahan kimia, juga bisa menjadi penyebab diare.

Ciri Penyakit Diare

Ciri seseorang yang memiliki diare yaitu:

  1. Muntah

Muntah adalah penyakit yang di alami pada bagian perut di mana di dalamnya akan di keluarkan semua. Muntah ini bisa di alami oleh siap saja, baik anak anak maupun orang dewasa.

Ciri ciri penyakit diare adalah muntah. Jika kita mengalami muntah otomatis yang ada di dalam perut tidak ada dan akan mengalami kekosongan. Jika perut kosong akan mudah terserang penyakit.

  1. Demam

Demam atau suhu badan naik adalah penyakit yang di alami pada suhu tubuh yang mengalami kenaikan. Bisa terjadi pada anak anak dan orang dewasa. Tensi demam dapat kita ketahui dengan menggunakan alat termometer yang di beli pada apotek terdekat.

Cara memakai alat ini hanya di kempitkan pada ketiak dan mulut. Dalam menurunkan suhu tubuh, paling banyak dengan melalui kompresan. Karena cara ini sudah menjadi turun menurun dan anggota keluarga.

Demam tergolong bagian dari ciri ciri penyakit diare. Tapi jika cara mengompres tidak ampuh, pergunakanlah rempah rempah seperti kunyit. Cara mempergunakan kunyit ini bisa dengan di masak yang sudah di bersihkan dan di parut. Kemudian jika sudah matang, saring dan minum.

  1. Perut kembung

Perut kembung adalah penyakit yang di alami pada bagian perut di mana mengalami pembesaran. Orang yang kekembungan akan bersendawa dan terasa begah sekali. Kebanyakan minum pun juga bisa mengakibatkan perut menjadi kembung.

Mengobati perut kembung bisa dengan menggunakan jahe yang caranya dengan di jadikan minuman hangat. Yang mengolahnya, bisa dengan mengikuti langkah langkah sebagai berikut. Bersihkan jahe dari kulitnya dan parut. Letakkan pada air yang ada di panci dan masak hingga mendidih.

Jika telah matang, saring dan terakhir minum selagi masih hangat. Dari usia muda sampai tua bisa mengalami perut kembung. Ciri ciri penyakit diare pun akan mengalami kembung di bagian perut.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini