skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Fakta Penyakit Maag

Fakta Penyakit Maag

Maag adalah penyakit radang selaput lendir pada lambung. Ini dapat diartikan bahwa sel-sel darah putih pindah ke dinding perut sebagai respon terhadap beberapa jenis cedera pada lambung. Maag adalah penyakit yang sangat mengganggu dan dapat menimbulkan masalah yang mengancam di kehidupan orang banyak, apabila tidak diobati sebelum terlambat.

Untuk lebih mendalamnya lagi, maag adalah suatu kondisi di mana lapisan-perut yang dikenal sebagai mukosa-meradang.

Pada manusia, lapisan perut mengandung sel khusus yang menghasilkan asam dan enzim, yang berfungsi untuk membantu memecah makanan untuk pencernaan, dan lendir, yang melindungi lapisan perut dari asam. Ketika lapisan perut meradang, otomatis sel khusus tersebut akan menghasilkan lebih sedikit asam, enzim, dan lendir.

Meskipun kebanyakan orang yang menderita maag akan menunjukkan gejala, sebagaian lagi tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala yang umumnya muncul adalah nyeri, rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, mual, muntah, dan gangguan pencernaan. Jika kondisi tersebut dianggap sebagai maag erosif, pasien akan mengalami kotoran yang berwarna hitam dan/atau muntah darah.

Maag dapat mengembangkan komplikasi. Meskipun langka, ada kemungkinan bahwa maag kronis dapat menyebabkan kanker lambung, terutama jika terdapat penipisan yang signifikan pada dinding lambung dan perubahan pada sel lambung. Pada kasus seperti ini, gejala kanker lambung juga muncul.

Fakta Penyakit Maag

Ada beberapa kaitan antara fakta dan mitos yang terjadi pada penderita sakit maag, antara lain:

  1. Mitos: Antasida bukan obat yang sesungguhnya

Fakta: Sejumlah orang yakin bahwa antasida yang dijual bebas di pasaran bukanlah obat yang sesungguhnya. Faktanya, antasida tetaplah obat. Anda harus tetap membaca petunjuk pemakaian. Jika digunakan sebagaimana mestinya, antasida ini efektif meredakan sakit maag.

Namun jika Anda tengah mengonsumsi obat-obatan, pastikan dokter Anda mengetahuinya, karena antasida dapat berinteraksi jika dipakai bersama obat lain.

  1. Mitos: Sakit maag tak bisa dikendalikan

Fakta: Orang yang menderita sakit maag tak harus terus menderita diam-diam. Perubahan pola makan dan gaya hidup serta ketersediaan antasida yang dapat dibeli di pasaran dapat membantu meringankan derita itu.

  1. Mitos: Sakit maag itu urusan kecil, hal remeh-temeh

Fakta: Sakit maag itu umum kok, tapi bukan hal remeh-temeh. Sejatinya, sakit maag yang terlalu sering kambuh dapat berdampak pada produktivitas, aktivitas harian dan kualitas hidup bagi orang yang mengalaminya.

Sakit maag yang persisten dapat menyebabkan gejala dari kondisi yang lebih kronis, yaitu GERD, yang jika tak diobati dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti borok di kerongkongan, asma, batuk kronis, dan kanker esofagus.

  1. Mitos: Mengunyah mint setelah makan malam dapat membuat tidur nyenyak

Fakta: Mint umumnya bukan cara bagus untuk memastikan tidur malam yang nyenyak bagi penderita gangguan sakit maag. Faktanya, mengonsumsi mint dikombinasikan dengan cokelat dan posisi berbaring, malah memicu terjadinya gejala sakit maag berupa nyeri lambung. Siapa bilang Anda bakal mimpi indah?

  1. Mitos: Sakit maag semata karena kesalahan saya

Fakta: Terlalu banyak penderita sakit maag meyakini mereka sendirilah sebagai penyebab segala derita nyeri lambung. Meski gaya hidup dan pengaruh makanan-minuman yang dikonsumsi dapat memperburuk gejala sakit maag, sejumlah orang telah melakukan perubahan signifikan untuk mencegah sakit maag dan namun tetap saja mereka mengalaminya.

Sakit maag merupakan kondisi medis dengan penyebab biologis yang riil. Nah, penderita sakit maag tak harus menyalahkan diri-sendiri jika serangan sakit itu datang, atau merasa malu.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.