skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Inilah Faktor Penyebab Penyakit Hepatitis B!

Inilah Faktor Penyebab Penyakit Hepatitis B!

Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang sering terjadi dan disebabkan oleh virus Hepatitis B. Virus ini menyerang hati, menyebabkan peradangan dan menimbulkan terjadinya gejala penyakit. Infeksi Hepatititis B dapat terjadi secara berkepanjangan/kronis maupun tiba-tiba/akut.

Infeksi yang berkepanjangan/kronis dapat menyebabkan pengerasan/sirosis hati dan kerusakan hati yang berat.

Berdasarkan World Health Organization, lebih dari 200 juta orang terkena penyakit ini di seluruh dunia. Di beberapa area di dunia, misalnya Afrika dan Asia, angka infeksi telah tercatat sebesar 10% dari populasi.

Kondisi ini khususnya terjadi pada pasien yang terinfeksi pada usia muda. Mendekati angka 90% pasien yang mendapatkan infeksi selama bayi dan 30-50% pasien yang mendapatkan infeksi sebelum usia 5 tahun akan menjadi Hepatitis B kronis pada usia yang lebih tua. Lebih dari 70% pasien mati karena gejala dan komplikasi infeksi Hepatitis B setiap tahunnya.

Faktor Penyebab Penyakit Hepatitis B

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terkena hepatitis B pada diri Anda:

  • Berbagi sikat gigi, alat cukur, dan handuk yang sudah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi
  • Menggunakan obat-obatan terlarang dan berbagi jarum suntik
  • Berhubungan seks dengan pengguna obat-obatan terlarang yang memakai dan berbagi jarum suntik
  • Memiliki luka terbuka dan terjadi kontak dengan darah yang terinfeksi
  • Bekerja dan berurusan dengan darah. Paramedis dan staf laboratorium memiliki risiko lebih tinggi terhadap ketidaksengajaan tertusuk jarum suntik bekas
  • Menjalani transfusi darah di klinik atau rumah sakit yang tidak memeriksa darah untuk hepatitis B. Semua darah yang akan digunakan dalam transfusi harus dites untuk berbagai penyakit, termasuk hepatitis B
  • Menjalani pengobatan atau perawatan gigi di klinik atau rumah sakit dengan peralatan yang tidak steril
  • Menindik atau menato tubuh di tempat yang peralatannya tidak steril.

Cairan tubuh merupakan salah satu perantara utama dalam penularan hepatitis B. Anda juga berisiko mengalami penyakit ini jika:

  • Melakukan hubungan seks tanpa kondom (termasuk seks oral dan seks anal), terutama jika pasangan Anda sudah terinfeksi
  • Memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang
  • Pekerja seks komersial (wanita atau pria) juga berisiko tinggi tertular hepatitis B.

Penularan dari Ibu kepada Bayi

Jika ibu hamil terkena hepatitis B, bayinya dapat tertular selama masa kehamilan atau pada saat lahir. Para ibu hamil dianjurkan untuk menjalani tes darah sehingga hepatitis B dapat segera terdeteksi.

Penularan hepatitis B dari ibu kepada bayinya masih dapat dicegah. Caranya adalah dengan memberi vaksin hepatitis B pada sang bayi saat dilahirkan (sebaiknya dalam waktu 12 jam). Pemberian ASI juga boleh dilakukan jika sang bayi sudah menerima vaksin pada saat lahir.

Pencegahan Penyakit Hepatitis B

  1. Hindari alkohol

Pencegahan penyakit hepatitis pun dengan menghindari minum minuman tidak sehat seperti minuman keras yang mengandung alkohol di dalam nya. Karena alkohol tidak baik untuk hati, dan alkohol pun dapat memicu penyakit hepatitis jika di konsumsi.

Oleh sebab itu baik nya memperbanyak minum air putih saja dibandingkan terlalu sering minum minuman yang mengandung alkohol.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pencegahan penyakit hepatitis yang baik yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena jika daya tahan tubuh kuat maka serangan virus hepatitis dari luar pun bisa diatasi dengan baik oleh imun tubuh yang kuat.

  1. Tidak berbagi barang pribadi

Barang barang yang pribadi memang seharus nya di gunakan seorang diri dan tidak di gunakan oleh orang lain, karena barang barang pun bisa menularkan penyakit.

Oleh karena itu pencegahan penyakit hepatitis dengan menjaga barang pribadi dengan baik sehingga tidak di gunakan oleh orang lain. Jika di gunakan oleh orang lain maka sebaik nya gunakan barang yang baru.

  1. Menjaga kebersihan

Pencegahan penyakit hepatitis bisa di lakukan dengan mudah, karena jika ingin melakukan pencegahan penyakit hepatitis yang harus di lakukan yaitu menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan akan membantu untuk pencegahan penyakit hepatitis. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan makanan, yang akan masuk ke tubuh.

Karena banyak penyebab hepatitis yang terjadi karena makanan yang di konsumsi kebersihan nya tidak terjaga dengan baik oleh sebab itu dapat menyebabkan penyakit hepatitis.

  1. Makan makanan matang

Selain makanan yang bersih, pencegahan penyakit hepatitis bisa dilakukan dengan mengurangi makan makanan yang mentah agar tidak akan menyebabkan penyakit hepatitis.

Dan tidak hanya pada makanan, air mentah yang belum di masak sebaik nya juga tidak di konsumsi untuk pencegahan penyakit hepatitis.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.