skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Fistula Perianal Secara Lengkap

Pengertian Penyakit Fistula Perianal Secara Lengkap

Fistula perianal adalah saluran yang menghubungkan lubang dalam anus ke kulit di sekitar anus. Lubang fistula bisa satu (simple) atau lebih (kompleks) pada permukaan kulit sekitar anus, dan dari lubang fistula tersebut dapat keluar nanah ataupun kotoran saat buang air besar.

Fistula terbagi dari beberapa jenis, mulai dari yang simple hingga fistula kompleks yang bercabang cabang dan melibatkan otot sphincter ani (otot yang mengatur proses defekasi). Penyakit ini biasanya terjadi pada laki laki yang berumur 20 – 40 tahun. Namun sangat jarang terjadi, penderitanya berkisar 1-3 kasus tiap 10.000 orang.

Sebagian besar fistula terbentuk dari sebuah abses dengan persentase sekitar 40% pasien. Fistula Ani yang terjadi pada anak-anak bisa disebabkan pada cacat bawaan, dimana Fistula sering ditemukan pada anak laki-laki.

Penyebab utamanyaa dalah infeksi dari kelenjar anus (cyptoglandular). Kelenjar ini terdapat di dalam ruang antar otot anus. Bila saluran keluar kelenjar anus ini tertutup maka akan menjadi bisul yang membesar dan menekan ke segala arah membentuk perianal abses. Bisul akan mencari jalan keluar yang akhirnya bermuara ke kulit di sekitar anus membentuk fistula perianal.

Pasien Fistula Perianal biasanya mengeluhkan beberapa gejala yaitu :

  • Nyeri, yang bertambah pada saat bergerak, BAB, dan batuk
  • Keluar darah atau nanah dari lubang fistula
  • Iritasi atau ulkus di kulit di sekitar lubang fistula
  • Gatal sekitar anus dan lubang fistula
  • Benjolan bila masih berbentuk abses
  • Demam, dan tanda tanda umum infeksi

Pada pemeriksaan fisik pada daerah anus, dapat ditemukan satu atau lebih external opening atau teraba fistula di bawah permukaan kulit. Pada colok dubur terkadang dapat diraba dinding saluran fistula dan internal opening.

Untuk pengobatan juga belum didapat pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat dan salep yang diberikan hanya untuk mengeringkan dan mengecilkan lubang untuk sementara. Solusi pengobatan secara medis salah satunya dengan operasi pembedahan namun harus dilakukan berulang kali. tapi salah satu dokter menyebutkan untuk pencegahan setelah di operasi bersihkanlah bekas lubang fistula setelah sembuh dengan sabun supaya bakterinya mati.

Pengobatan secara herbal dapat dengan meminum Kapsul penderita kanker yang terbuat dari herbal. selain itu berendam air mahkota dewa lalu di kompres dengan minyak made.

Pantangan yang di berikan pun bermacam-macam diantaranya yaitu:

  • Hindari makan sayur taoge, Kankung, cabe
  • Buah durian, nangka dan lengkeng
  • Daging sapi, kambing serta ayam negeri
  • Dan hindarilah Asap rokok, masakan yang di panggang, serta MSG

Fistula perianal yang di biarkan terlalu lama dapat berakibat Fatal. Bisa menyebabkan kanker tulang, kanker lubang dubur, dan penyakit sejenisnya).

Terapi Fistula Perianal

Sebagian besar fistula ani memerlukan operasi karena fistula ani jarang sembuh spontan. Setelah operasi risiko kekambuhan fistula termasuk cukup tinggi yaitu sekitar 21% (satu dari lima pasien dengan fistula post operasi akan mengalami kekambuhan).

Untuk menghindari kekambuhan perlu dilakukan fistulotomi. Fistula disayat dari saluran luar ke dalam sehingga timbul luka terbuka, dinding fistula yang fibrotik dieksisi/dibuang dan proses penyembuhan dibiarkan terbuka. Dari luka kemudian akan tumbuh kulit baru.

Ada teknik2 lain yang dapat digunakan untuk terapi fistula seperti pengikatan menggunakan benang Seton, Advancement Flap, Fibrin Glue, namun hasil akhirnya kurang memuaskan karena kekambuhannya tinggi.

Dengan teknik Safute BEIM maka  proses pemotongan fistula/fistulotomi akan minim perdarahan, jaringan luka kering melindungi luka sehingga proses penyembuhan lebih minim komplikasi.

Apa Itu DAMAGECARE?

Obat Penyakit Kulit Dan Kelamin DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.