skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Gagal Ginjal Dan Cara Mengatasi

Penyakit Gagal Ginjal Dan Cara Mengatasi

Penyakit Gagal Ginjal Dan Cara Mengatasi – Ginjal merupakan organ yang terpenting dalam mempertahankan homeostasis cairan tubuh. Berbagai fungsi ginjal untuk mempertahankan homeostasis dengan mengatur volume cairan, keseimbangan osmotik, asam-basa, ekskresi sisa metabolisme, dan sistem pengaturan hormonal dan metabolisme.

Ginjal terletak dalam rongga abdomen retroperitoneal kiri dan kanan kolumna vertebralis, dikelilingi oleh lemak dan jaringan ikat dibelakang peritoneum. Batas atas ginjal kiri setinggi iga ke-11 dan ginjal kanan setinggi iga ke-12, sedangkan batas bawah setinggi vertebralis lumbalis ke-3.

Penyakit Gagal Ginjal

Chronic Kidney Desease (CKD) atau Gagal ginjal kronis (GGK) atau penyakit renal tahap akhir (ESRD) merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan irreversibel dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).

Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit gagal ginjal yaitu:

1. Sakit di sekitar daerah pinggang

Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejala, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

2. Gatal berlebih

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk.

Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa hal yang mungkin menjadikan seseorang terkena penyakit gagal ginjal:

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah sebuah kondisi ketika tubuh tidak memiliki jumlah cairan yang cukup dan menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu. Ada beberapa tahapan dehidrasi mulai dari tahap ringan, berat hingga sangat parah. Dehidrasi bisa tergantung pada berat badan dan jumlah cairan yang hilang dari tubuh.

Tanda pertama dehidrasi adalah ketika tubuh terus merasa haus dan urin berwarna lebih keruh. Selain itu, dehidrasi juga bisa ditandai dengan sakit kepala tiba-tiba, lelah, mulut dan bibir lebih kering, jumlah urin yang lebih kecil.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi membuat pembuluh darah bekerja terlalu keras karena aliran darah yang terlalu kuat. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah rusak termasuk pembuluh darah yang ada pada bagian ginjal.

Arteri besar dan pembuluh darah kecil yang menuju ginjal dapat rusak. Kemudian secara perlahan ginjal mengalami penurunan fungsi dan menyebabkan banyak cairan limbah yang menumpuk pada ginjal.

3. Diabetes

Ketika tubuh memiliki kadar gula yang terlalu tinggi atau lebih sering disebut dengan kondisi diabetes maka akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras. Ginjal akan menyerap darah dalam jumlah yang lebih tinggi sehingga menyebabkan pembuluh darah yang bertugas menyaring darah bisa bekerja terlalu banyak.

Kemudian setelah beberapa lama ginjal tidak mampu menyaring semua bagian limbah dari darah dan menyebabkan kebocoran. Akibatnya maka urin mengandung protein yang seharusnya tinggal dalam tubuh. Ginjal akan kehilangan fungsinya dengan ditandai penemuan protein tinggi dalam urin. Ginjal tidak bisa bekerja lagi kemudian terjadilah gagal ginjal.

Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Langkah untuk mengatasi penyakit gagal ginjal yang harus anda lakukan yaitu:

1. Pastikan untuk segera memerkisakan ke dokter jika Anda kelainan pada urin atau kelainan pada sistem pengeluaran Anda. Penyakit Gagal ginjal atau gangguan ginjal akan bisa disembuhkan sejak dini jika penderita memeriksakan dirinya ke dokter lebih cepat.

2. Selalu jaga kesehatan ginjal Anda dengan memakan makanan yang begizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi seperti junk food dan juga goreng-gorengan lainnya karena ini bisa menyebabkan potensi penyakit gagal ginjal tumbuh dalam diri Anda.

3. Pastikan untuk tidak pernah menahan kencing Anda. Jika Anda ingin buang air kecil atau buang air besar segeralah keluarkan dan jangan sering menahan. Ini akan menyebabkan timbulnya penyakit gagal ginjal.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.