skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Influenza Adalah …

Gejala Penyakit Influenza Adalah …

Influenza adalah penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza yang mudah menular. Penularan virus dapat terjadi melalui udara pada saat orang berbicara, batuk dan bersin. Influenza merupakan penyakit yang umum terjangkit di kalangan masyarakat.

Penyakit ini sering di identikan dengan flu biasa yang terkenal sebagai penyakit murah meriah. Padahal penyakit influenza dan flu biasa memiliki tingkat bahaya yang berbeda. Influenza dapat menjadi wabah yang menyebar dari satu kota ke kota lain bahkan dari satu negara ke negara lain.

Penyebaran virus ini tidak bisa di prediksi dan di hentikan karena penularannya terjadi pada masa satu hingga dua hari sebelum timbulnya gejala. Ketika gejala di temukan, penyakit sudah menyebar luas sehingga berkembang menjadi epidemi.

Virus influenza berasal dari famili Orthomyxoviridae. Sebenarnya ada 5 jenis virus influenza yang telah ditemukan oleh para ilmuwan. Yaitu virus influenza tipe A,B,C, virus influenza isavirus dan virus influenza thogotovirus. Dari kelima virus influenza beberapa berbahaya bagi manusia, yaitu virus influenza A, B dan C.

Berdasarkan tingkat bahayanya, virus influenza dibagi 3, yaitu:

  • Virus influenza A, virus ini menginfeksi manusia, mamalia dan unggas. contohnya: flu burung, H5N1
  • Virus Influenza B, menginfeksi manusia dan binatang laut seperti singa laut dan linsang
  • Virus influenza C, menginfeksi manusia dan babi, contohnya: flu biasa.

Virus influenza A dan B menyebabkan epidemi musiman. Sedangkan virus influenza tipe C tidak menyebabkan epidemi dan merupakan penyebab flue biasa yang biasanya tidak perlu penanganan khusus akan sembuh dengan sendirinya.

Namun jangan menganggapnya sepele, karena semua infeksi virus influenza jika di biarkan dapat memicu pneumonia yang dapat berakhir dengan kematian.

Gejala Penyakit Influenza

Berikut gejala penyakit influenza yang sering dikeluhkan penderita, antara lain:

  1. Masalah Pencernaan

Tanda awal terserang flu jangkauannya dapat lebih luas dari area kepala, tenggorokan, atau dada. Ada jenis virus flu yang menyebabkan diare, mual-muntah, serta sakit perut.

Gejala tersebut lebih umum dialami oleh anak atau remaja daripada orang dewasa. Yang parahnya lagi, Anda bisa saja menderita dehidrasi jika cairan yang terbuang akibat diare dan muntah-muntah tidak segera diganti.

  1. Sakit Tenggorokan

Batuk yang disebabkan oleh flu bisa dengan cepat menajalar menjadi sakit tenggorokan. Walau begitu, beberapa jenis virus flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan tanpa diawali batuk. Pada tahap awal flu, tenggorokan akan terasa gatal dan tidak enak.

Anda juga mungkin merasa ada yang janggal saat menelan makanan atau minuman. Sakit tenggorokan sangat mungkin akan bertambah buruk seraya flu bertambah parah. Redakanlah dengan minum teh, sup, serta air hangat.

  1. Kelelahan Mendadak atau Berlebihan

Apabila Anda tiba-tiba merasa sangat lelah, hal ini patut diwaspadai. Meskipun kelelahan juga merupakan gejala dari pilek, namun rasa lelah lebih terasa saat Anda terserang flu.

Jika kelelahan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, tubuh bisa jadi sedang mempersiapkan diri untuk memerangi virus flu.

  1. Nyeri di Sekujur Tubuh dan Menggigil

Nyeri dan menggigil adalah ciri menonjol lain dari sakit flu. Ketika badan terasa sakit, Anda mungkin keliru mengiranya sebagai sesuatu yang lain, misalnya akibat mengangkat beban berat.

Namun apabila nyeri terasa di seluruh badan, terutama di kepala dan kaki, itu bisa jadi adalah tanda awal flu. Nyeri dapat disertai perasaan menggigil pada saat bersamaan atau beberapa jam setelahnya.

  1. Demam

Demam merupakan tanda tubuh sedang berjuang melawan infeksi penyakit. Jika demam yang Anda alami berkaitan dengan flu, suhu tubuh biasanya mencapai 38°C atau lebih.

Meskipun demam adalah gejala yang umum terjadi di tahap awal, tapi tidak semua penderita flu mengalami demam. Juga, Anda bisa saja merasa menggigil namun tidak sampai demam.

  1. Batuk

Virus flu dapat menyebabkan batuk yang disertai bengek dan sesak dada. Anda pun bisa mengalami batuk berdahak, tapi hal ini jarang menjadi tanda awal flu.

Jika Anda seorang pengidap asma atau gangguan pernapasan lain, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mencegah kemungkinan komplikasi. Selain itu, pastikan untuk selalu menutup mulut ketika batuk agar penyebaran virus bisa dicegah.