skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Liver Hepatitis A Pada Tubuh!

Gejala Penyakit Liver Hepatitis A Pada Tubuh!

Hati merupakan kelenjar terbesar pada tubuh. Hati terletak di rongga perut sebelah kanan dengan berat sekitar 3pon (1kg= 2pon). Hati merupakan organ dengan tekstur yang lembut, berwarna merah – kecoklatan.

Hati tersusun atas empat lembaran atau lobus yang terdiri dari dua lobus utama kanan dan kiri yang berukuran besar serta dua lobus kecil berada di belakang lobus kanan. Lobus kanan merupakan lobus hati yan paling besar, antara lobus kanann dan kiri dipisahkan oleh ligamen. Hati memerankan fungsi penting selai sebagai kelenjar pencernaan.

Beragam fungsi penting lainnya terjadi di dalam hati yang merupakan organ yang tidak memiliki bentuk dan struktur yang “real”. Namun, seperti organ lainnya, hati disusun oleh sekumpulan jaringan untuk menjalankan fungsinya.

Penyakit hati atau penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol. Obesitas juga berhubungan dengan kerusakan hati. Seiring waktu, kerusakan hati berdampak pada luka di jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati, suatu kondisi yang mengancam jiwa.

Hati adalah organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Berukuran seperti bola yang berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut Anda. Terdiri dari 2 bagian: lobus kiri dan lobus kanan. Hati penting untuk mencerna makanan, menyingkirkan tubuh kita dari zat beracun dan menyimpan energi bagi tubuh untuk digunakan bila diperlukan.

Penyebab kerusakan fungsi hati atau liver ini bisa karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

Penyakit Liver Hepatitis A

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A dan menyerang sel-sel hati manusia. Setiap tahunnya di Asia Tenggara, kasus hepatitis A menyerang sekitar 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.

Virus Hepatitis A biasanya ditularkan melalui jalur fecal – oral, yaitu masuknya makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh feses orang yang terinfeksi dan mengandung virus Hepatitis A di fesesnya, kemudian virus masuk ke dalam saluran perncernan. Virus akan menetap di organ hati dan menimbulkan peradangan disana sehingga fungsi hati terganggu.

Gejala Penyakit Liver Hepatitis A.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin timbul pada penderita penyakit Hepatitis A:

– Kulit dan Putih mata menjadi kuning (ikterus),

– Kelelahan,

– Sakit perut kanan-atas,

– Hilang nafsu makan,

– Mual dan muntah,

– Diare,

– Urine seperti teh dan kotoran berwarna dempul,

– Berat badan turun,

– Demam,

– Sakit sendi.

Pencegahan Hepatitis A

Pencegahan hepatitis A yang utama adalah dengan menjaga kebersihan. Hal ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah seperti:

– Jangan saling meminjamkan peralatan makan,

– Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, contohnya sebelum makan, sebelum mengolah makanan, dan setelah ke toilet,

– Selalu memasak makanan sampai matang dan merebus air sampai mendidih,

– Hindari jajan di pedagang kaki lima yang kebersihannya kurang terjaga,

– Hindari konsumsi makanan mentah yang berasal dari perairan yang terkontaminasi,

– Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi atau handuk,

– Pencegahan infeksi hepatitis A juga dapat dicegah melalui vaksinasi yang dilakukan sebanyak dua kali dengan selang waktu 6-12 bulan.

Vaksin ini dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena hepatitis A, misalnya pengidap penyakit hati kronis, pria yang berhubungan seks dengan sesama pria, orang yang sering menggunakan jarum suntik seperti pengguna obat-obatan terlarang, dan orang yang bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran seperti selokan.

Di negara Indonesia sendiri, vaksin ini tidak termasuk ke dalam imunisasi wajib. Tetapi telah tersedia dan bisa diberikan mulai dari usia 2-18 tahun sebanyak dua kali dengan interval 6-12 bulan.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.