skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Vertigo Dan Pencegahannya Pada Diri!

Gejala Penyakit Vertigo Dan Pencegahannya Pada Diri!

Vertigo merupakan perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri bergerak atau yang lebih sering lagi berputar, keadaan ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan. Sebenarnya, vertigo bukanlah bagian dari suatu penyakit, melainkan hanya sebagai gejala dari suatu penyakit yang sedang diderita.

Banyak faktor penyebab timbulnya vertigo. Kebanyakan orang mengalami vertigo saat kondisi psikologi sedang terguncang suatu masalah yang menimbulkan stress, depresi dan migrain. Selain faktor tersebut, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseoranga terkena penyakit vertigo:

  1. Tumor sudut cerebellar-pontine

Tumor yang satu ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan bukan vertigo akut

  1. Cedera kepala

Jika kepala terbentur benda tumpul yang sangat keras dan mengakibat kan cedera pada kepala anda harus segera memeriksakan nya ke rumah sakit. karena jika tidak ada luka fisik namun merasakan sakit kemungkinan ada penyakit yang lainnya.

Penyakit vertigo akut bisa juga di sebabkan karena kepala anda terbentur. Oleh karena itu jagalah keselamatan kepala anda agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

  1. Gangguan penglihatan

Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

Gejala Penyakit Vertigo

Beberapa gejala penyakit vertigo yang sering terjadi pada beberapa penderitanya yaitu:

  1. Gangguan penglihatan

Penglihatan yang akan sangat sensitif dengan cahaya yang begitu terang lebih sensitif karena memang gejala vertigo pada wanita akan menyebabkan penglihatan pada wanita.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga bagian dari gejala vertigo pada wanita, karena efek dari gejala di awal yang menyebabkan kepala pusing terhuyung huyung atau pusing seperti berputar putar.

  1. Pusing kepala parah

Gejala vertigo pada wanita akan menyebabkan pusing kepala yang lebih parah di bandingkan pusing yang biasa. Karena di sebabkan oleh bagian tubuh yang sedang terganggu, maka pusing kepala terjadi yaitu akan menyebabkan kepala terasa berputar putar yang membedakan dengan pusing kepala pada biasanya.

  1. Hilang keseimbangan

Karena gejala vertigo pada wanita akan menyebabkan pusing kepala terhuyung huyung yaitu gejala vertigo pada wanita akan menyebabkan keseimbangan yang akan hilang.

Karena itu ketika vertigo dialami maka akan menyebabkan penderitanya sulit untuk berdiri atau pun untuk berjalan dengan baik karena akan sulit untuk menjaga keseimbangan. Maka dari itu diperlukan bantuan agar bisa berdiri atau pun berjalan dengan baik.

  1. Demam

Serangan vertigo bisa berlangsung hanya sebentar atau pun lama, dan apabila berlangsung lebih satu hari gejala vertigo pada wanita akan menyebabkan demam atau naiknya suhu tubuh.

  1. Telinga berdenging

Bagian telinga akan bunyi atau berdengung sehingga sangat terganggu pada gejala vertigo pada wanita yang seperti itu.

Pencegahan Penyakit Vertigo

Beberapa hal yang mudah untuk mencegah penyakit vertigo yaitu:

  1. Perhatikan posisi tidur Anda

Hindari berbaring telentang karena posisi ini akan makin menyebabkan Anda merasa pusing.

  1. Minum air putih minimal 8-10 gelas per hari

Dengan begitu, tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Asupan cairan yang cukup dalam tubuh dapat meringankan gejala vertigo.

  1. Terapkanlah gaya hidup sehat

Pastikan Anda memenuhi jam istirahat Anda dengan tidur selama 8 jam sehari. Usahakan agar jangan begadang. Selain itu, hindarilah kebiasaaan merokok dan minum minuman beralkohol demi kesehatan janin Anda.

  1. Lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan kaki ataupun renang

Olahraga ini bermanfaat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

  1. Jika vertigo sudah menyerang Anda maka segeralah untuk berbaring dengan nyaman

Tarik napas Anda dalam-dalam agar peredaran darah kembali lancar. Jangan ubah secara mendadak posisi Anda dari duduk ke berdiri ataupun sebaliknya. Hal ini akan membuat Anda makin merasa pusing akibat darah pada kaki tidak cepat mengalir ke jantung dan otak.